Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghidupkan iPhone yang Kehabisan Baterai, Mati Total

cara menghidupkan iphone yang kehabisan baterai

iPhone merupakan salah satu produk unggulan Apple yang sudah terjamin kualitasnya. Banyak sekali pengguna smartphone lebih memilih iPhone sebagai alat komunikasi utama.

Walaupun ponsel pintar ini hanya dibekali kapasitas baterai sedikit yang menyebabkan baterai iphone boros, ternyata tidak jadi masalah bagi pengguna iphone, mereka tetap membelinya.

Tidak jarang juga pengguna iPhone mengalami kehabisan baterai hingga benar-benar mati total saat digunakan diluar, akibatnya iPhone susah dihidupkan kembali karna tidak memiliki daya sedikitpun untuk mengaktifkannya.

Kehabisan baterai merupakan salah satu kebiasaan yang sering terjadi oleh pengguna iphone, hal ini terjadi dikarenakan baterai pada iphone cepat habis.

Menghidupkan iphone yang mati total merupakan salah satu masalah cukup serius, beberapa percobaan untuk mengaktifkan seperti menekan tombol power berkali-kali pun tidak bisa nyala.

Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Tidak perlu khawatir, karna di sini saya akan berbagi tips dan cara menghidupkan iphone mati karena kehabisan baterai.

Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menghidupkan iPhone Kehabisan Baterai

Kejadian iphone mati total sering terjadi pada iphone seri lama, seperti iPhone 4s, iPhone 5s dan juga iPhone 6. Karna pada seri iPhone lama kapasitas baterainya kecil, dan juga manajemen baterinya belum sebagus iPhone yang versi sekarang.

Berikut adalah beberapa trik atau cara menghidupkan iPhone yang habis baterai.

1. Isi Baterai iPhone dengan Charger Original

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengisi baterai iPhone dengan benar. Gunakan adapter dan kabel original (bawaan iphone) atau boleh kabel lain tapi harus bersertifikat MFi.

Ketika charger dihubungkan ke iphone seharusnya terjadi proses pengisian baterai dengan tanda iphone menyala, menampilkan animasi pengisian baterai.

Tunggu beberapa saat hingga baterai iphone cukup terisi, mungkin 5-10 menit. Jika dirasa sudah cukup, cobalah untuk menghidupkan iphone.

2. Gunakan Charger iPad

Beberapa iPhone ketika mati total terkadang tidak dapat mengisi baterai dengan charger bawaan, entah karena daya yang diberikan kurang atau hal lainnya.

Nah, mungkin kamu bisa mencoba isi baterai iPhone menggunakan charger iPad.

Kenapa iPad? Karena charger iPad memiliki output yang lebih besar dibandingkan charger iPhone, sehingga iphone dapat menerima daya ke baterai.

Jika iPhone berhasil dihidupkan, segera ganti menggunakan charger bawaan untuk pengisian baterai hingga penuh.

3. Hubungkan iPhone ke PC yang Sudah Terinstall iTunes

Sudah mencoba mengisi baterai dengan berbagai tipe charger tapi iPhone belum bisa nyala juga? Cara lain yang bisa kamu coba adalah menghubungkan iPhone ke laptop atau komputer yg sudah terpasang aplikasi iTunes.

Kamu harus coba cara ini. Jika iPhone kamu mengalami masalah maka aplikasi iTunes akan mendeteksi kesalahan iPhone tersebut.

Biasanya aplikasi iTunes akan memberikan pemberitahuan untuk melakukan restore iOS pada iphone tersebut. Ya, lakukan saja, siapa tau bisa nyala.

4. Lakukan Hard Restart iPhone

Cara ke empat adalah melakukan hard restart atau mulai ulang secara paksa pada iPhone. Tenang saja, cara ini tidak berbahaya dan tidak akan ada data yang terhapus di iPhone kamu.

Pembahasan restart untuk semua seri iPhone sudah pernah saya ulas secara lengkap di artikel sebelumnya, kalau dibahas di sini saya rasa terlalu panjang.

Jadi untuk mengetahu cara hard restart, langsung saja buka halaman ini ya > Cara Restart iPhone.

5. Bawa ke Service Senter iPhone Terdekat

Jalan terakhir yang harus diikuti adalah membawa iphone kesayangan kamu ke service center khusus iphone atau boleh juga ke konter hp terdekat, asal si teknisi bener-bener ngerti mesin iphone (tapi tidak disarankan).

Ceritakan ke teknisi terjadinya iphone kamu mati karena apa. Jika nanti diperiksa ada part yang bermasalah seperti IC rusak, kamu harus rela mengeluarkan uang untuk memperbaikinnya.

Penyebab iPhone Gak Bisa Nyala Karena tidak Bisa Isi Baterai

1. Port Charger Rusak

Jika port charger rusak maka iphone tidak bisa nyala, karena iphone tersebut tidak menerima daya baterai ketika dicas.

2. Kemasukan Air

Walaupun iphone sudah dibekali fitur canggih seperti anti air (water resistant), namun tidak sepenuhnya benar-benar aman ketika terkena air. Jadi kalau iphone kamu mati karena kemasukan air, part mesin bagian dalam bisa rusak.

3. OS iPhone Crash

Beberpa pengguna iphone pernah mengalami crash pada sistem operasinya. Padahal iOS terkenal dengan sistem operasinya yang canggih, tapi tetap saja namanya teknologi pasti bisa mengalami kesalahan (bug). Untuk mengtasinya cukup lakukan restart pada iphone.

4. Adaptor dan Kabel KW

Tidak seperti smartphone pada umumnya, iPhone benar-benar perlu menggunakan adaptor dan kabel data berkualitas. Jika kamu menggunakan charger murahan, iphone bisa tambah rusak karna pengisian baterai yang tidak baik.

5. Baterai Rusak

Baterai yang sudah berumur tua bisa jadi salah satu penyebab iphone kamu mati dan tidak bisa dihidupkan lagi. Kamu harus rela mengeluarkan uang untuk mengganti baterai iPhone baru.

Akhir Kata

Itulah sedikit tips yang bisa saya berikan mengenai cara menghidukan iphone mati total karena kehabisan baterai.

Kapasitas iphone memang lebih kecil jika dibandingkan dengan ponsel Android. Oleh karena, kamu sebagai pengguna iPhone harus membawa charger dan power bank sebagai antisipasi jika baterai iphone kamu lowbat.

Sekian artikel iphone kali ini, semoga bermanfaat dan membantu.

Posting Komentar untuk "Cara Menghidupkan iPhone yang Kehabisan Baterai, Mati Total"