Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Cara Restart iPhone untuk Semua Tipe Lengkap

cara restart iphone

Banyak pengguna iPhone yang belum tau cara restart iPhone sendiri, terutama bagi para pemula yang baru saja menggunakannya. Memang ada perbedaan dengan android yang cara penggunaannya bisa dibilang lebih mudah digunakan dan gampang mempelajarinya.

Beberapa kasus pengguna iphone harus melakukan restart iPhone karna terjadi error saat menggunakannya.

Misalnya, terdapat kendala icon hotspot iPhone yang kadang muncul dan hilang pada bilah status, untuk memperbaikinya pengguna cukup melakukan restart agar bilah status normal kembali.

Oleh karna itu, kamu harus tau dan mempelajari bagaimana cara reboot iPhone yang benar. Jika suatu saat diperlukan restart, maka kamu bisa menjalankannya dengan mudah dan cepat.

Jadi gimana sih cara restart iPhone? Kok ga nemu tombol restart-nya ya! nyoba tekan tombol power yang muncul cuma perintah matikan (turn off).

Memang kebanyakan smartphone untuk restart hp cukup dengan menekan beberapa detik tombol power, nantinya ada pilihan untuk melakukan matikan atau memulai ulang handphone.

Berbeda dengan iPhone yang menggunakan sistem operasi iOS, terdapat beberapa cara untuk melakukannya. Mari kita pelajari cara melakukan restart iPhone untuk semua model dari iPhone 11 sampai iphone generasi 1.

iPhone yang saya gunakan ditutorial ini adalah iPhone 7 Plus dengan iOS 13.6.1, mungkin langkah-langkah pengaturannya akan sedikit berbeda.

Tips Aman Restart iPhone

Berikut adalah beberapa tips untuk merestart iPhone dengan aman:

  • Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Pastikan bahwa tidak ada aplikasi yang sedang aktif dan berjalan di latar belakang.
  • Pastikan iPhone memiliki daya yang cukup. Jangan mencoba untuk merestart iPhone ketika baterai sedang dalam keadaan lemah, karena hal ini dapat merusak sistem.
  • Jika iPhone mengalami hang atau tidak merespons, coba tekan dan tahan tombol Sleep/Wake hingga layar Shutdown muncul. Geser slider Shutdown ke kanan untuk mematikan iPhone, kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol Sleep/Wake.
  • Jika ingin melakukan restart biasa, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake hingga slider Shutdown muncul. Geser slider ke kiri untuk mematikan iPhone. Setelah iPhone dimatikan, tekan dan tahan tombol Sleep/Wake lagi untuk menghidupkan kembali.
  • Jika tombol Sleep/Wake tidak berfungsi, kamu bisa melakukan restart dengan menggunakan opsi pengaturan. Buka Pengaturan > Umum > Reset > Restart. iPhone akan dimatikan dan dihidupkan kembali secara otomatis.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kamu dapat merestart iPhone dengan aman dan menghindari kerusakan sistem atau data.

Cara Restart iPhone tanpa Tombol Power

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk merestart iPhone adalah melalui AssitiveTouch, dengan fitur ini kamu bisa restart iPhone tanpa menggunakan tombol power. Namun untuk mengikuti cara ini kamu harus mengaktifkan fitur AssitiveTouch terlebih dahulu.

Silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone.

  • Pilih menu Aksesbilitas.
  • Kemudian pilih Sentuh.
  • dan aktifkan tombol AssitiveTouch.
nyalakan asistivetouch

2. Setelah AssitiveTouch sudah diaktifkan, kamu bisa menggunakan tombol AssitiveTouch dimana saja.

  • Tap tombol AssitiveTouch.
  • Pilih menu Perangkat.
  • Tap lagi menu Lainya.
  • Pilih menu Mulai Ulang.
asistivetouch

3. Tap Mulai Ulang untuk melakukan restart.

mulai ulang iphone

Cara Restart iPhone Lewat Atur Ulang Jaringan

Ada trik lain untuk restart iPhone, yaitu dengan mengatur jaringan pada iPhone. Dengan mengatur jaringan ulang iPhone, maka iPhone kamu akan memintar restart ulang. Berikut adalah tutorialnya:

1. Buka aplikasi Pengaturan.

  • Pilih menu Umum.
  • Gulir kebawah dan pilih Atur Ulang.
  • Kemudian pilih Atur Ulang Jaringan.
atur ulang jaringan

2. Konfirmasi Atur Ulang Jaringan, iPhone otomatis akan merestart.

mulai atur ulang jaringan

Cara Hard Restart iPhone

Hard Restart adalah proses memulai ulang perangkat dengan tingkatan hardware, lebih simplenya kita menggunakan bantuan tombol yang ada disamping. Jadi, ini bisa dibilang cara restart iPhone tanpa touchscreen.

Jika tombol-tombol masih berfugnsi dengan baik, kamu bisa melakukan restart iPhone dengan cara ini, menekan beberapa tombol secara bersamaan.

Setiap model iPhone berbeda cara menekan tombolnya, ada yang cukup menekan tombol power saja, menekan tombol home dan power atau tombol power dan volume up/down.

Cara Restart iPhone 8, X, XR, XS, XS Max dan iPhone 11

  1. Tekan tombol volume dan tombol samping hingga muncul penggeser daya mati.
  2. Tarik penggeser, kemudian tunggu selama 30 detik hingga iPhone mati.
  3. Untuk menyalakan iPhone, tekan tombol power hingga logo Apple ditampilkan.
restart iphone lewat tombol power dan volume

Cara Restart iPhone 7 dan 7 Plus

  1. Tekan tombol samping dan tombol volume secara bersamaan selama 5 detik.
  2. Secara otomatis iPhone akan melakukan restart.
  3. Selanjutnya masukan kata sandi untuk membuka iPhone.
restart iphone 7

Cara Restart iPhone SE Generasi 2

  1. Tekan terus tombol samping sampai penggeser daya mati ditampilkan.
  2. Tarik penggeser, kemudian tunggu 30 detik sampai iPhone mati.
  3. Untuk menyalakannya kembali, tekan dan tahan tombol samping sampai logo Apple ditampilkan.
restart iphone se gen 2

Cara Restart iPhone SE Generasi 1

  1. Tekan terus tombol atas sampai penggeser daya mati muncul.
  2. Tarik penggeser, tunggu 30 detik sampai iPhone mati.
  3. Untuk menyalakannya kembali, tekan dan tahan tombol atas sampai logo Apple ditampilkan.
restart iphone se gen 1

Manfaat Restart iPhone yang Perlu Kamu Ketahui

Pasti kamu sering dengar, setiap ada permasalahan pada smartphone atau gadget lainya, sering sekali pengguna perangkat disarankan untuk melakukan restart. Jadi, apa fungsi dan manfaat restart ini.

1. Menyempurnakan Program dan Aplikasi

Jika kamu pengguna komputer dan sering melakukan install/uninstall aplikasi pasti sering mendapatkan pemberitahuan untuk restart komputer-nya.

Hal ini sama juga saat kamu menggunakan aplikasi yang baru diunduh dari app store. Ini bertujuan agar aplikasi dan program-program yang berjalan pada iphone bisa berfungsi dengan baik.

2. Menstabilkan Kinerja iPhone

Walaupun sistem operasi iOS terkenal dengan performa yang sangat baik, penggunaan RAM lebih optimal dari OS smartphone apapun, ternyata iPhone juga perlu melakukan restart.

Seiring dengan banyak dan lamanya penggunaan aplikasi, banyak cache yang akan menumpuk, biasanya akan terjadi sedikit lag atau bahkan hang.

Nah, dengan melakukan restart, kinerja iPhone kamu bisa stabil dan smooth lagi. Sebaiknya lakukan restart 1 minggu sekali, atau tergantung pemakaian dan lamanya penggunaan iPhone. Baca juga Cara Membersihkan Cache di iPhone.

3. Memperbaiki Jaringan

Bukan hanya modem saja yang perlu melakukan restart saat jaringannya error. Ternyata iPhone juga perlu restart agar kecepatan internet bisa kembali normal.

Nah sekarang kamu sudah tau apa saja manfaat dari melakukan restart iPhone.

Akhir Kata

Itulah panduan cara restart iPhone yang bisa kamu ikuti. Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk memulai ulang iphone, setidaknya cara-cara diatas bisa kamu coba.

Jika tombol home, volume atau power rusak, ada cara lain yaitu dengan menggunakan AssitiveTouch.

Silahkan pakai salah satu cara diatas yang menurut kamu nyaman dilakukan, asal jangan sampai cabut baterai aja ya! Itu cara yang paling susah dan tidak mungkin dilakukan.

Ngomong-ngomong soal baterai, kebetulan saya sudah membuat artikel cara merawat baterai iPhone, silahkan diklik dan dibaca ya!

Oke demikian artikel kali ini, semoga permasalahan di iPhone kamu bisa diperbaiki. Jangan lupa juga lakukan restart secara berkala agar kinerja iPhone kamu bisa stabil terus.

Semoga membantu!

Posting Komentar untuk "3 Cara Restart iPhone untuk Semua Tipe Lengkap"