Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

20+ Cara Merawat & Menghemat Baterai iPhone yang Benar

Di artikel mengenai iPhone kali ini saya akan berbagi cara merawat baterai iPhone agar awet serta tips menghemat baterai iPhone agar tahan lama.

cara merawat dan menghemat baterai iphone

Baterai menjadi salah satu komponen yang krusial untuk barang elektronik seperti smartphone, yang cara penggunaanya perlu diperhatikan.

Walaupun baterai iPhone dikenal awet karena optimalisasi-nya yang sangat baik, itu semua balik lagi ke pengguna bagaimana cara menggunakannya.

Kapasitar baterai bukan penentu kuat dan hematnya baterai. Terdapat beberapa faktor yang mentukan, misalnya pengaturan mode iPhone, cara penggunaan iPhone yang tidak wajar atau hal lainya.

Pemasanngan baterai iPhone sudah menggunakan non-removable alias baterai tidak bisa dilepas dengan mudah seperti hp jadul. Jadi kalau terjadi apa-apa pada baterai iPhone kamu mau tidak mau kamu harus pergi ke tempat service hp atau mencari teknisi yang bisa memperbaikinya.

Alasan Harus Merawat Baterai iPhone

Dengan merawat kesehatan baterai iPhone, usia baterai bisa lebih awet dan tahan lama. Dengan merawat baterai, penggunaan baterai saat pemakaian iPhone tidak akan terlalu boros.

Kamu juga tahu sendiri kan kalau harga baterai iPhone tidak murah dan biaya pemasangannya pun cukup mahal.

Dan ini mungkin cukup penting, status kesehatan baterai (battery health) juga tidak akan cepat turun. Semakin rendah status kesehatan baterai makan semakin boros pemakaian baterai, dan jika iPhone dijual harganya pasti akan turun.

Makanya kamu harus bisa merawat serta memahami cara penggunaan yang baik dan benar. Jika tidak, baterai hp kamu cepat rusak.

Sekarang coba kamu perhatikan apakah baterai iPhone kamu menunjukan ciri-ciri dibawah ini.

Ciri-Ciri Baterai iPhone Mulai Rusak

  1. Baterai iPhone cepat habis dengan tidak wajar.
  2. Status kesehatan baterai berkurang dengan cepat.
  3. Persentase baterai berkurang tidak teratur (misal turun dari 70 langsung ke 60).
  4. iPhone tiba-tiba mati sendiri padahal masaih cukup baterai.
  5. Saat dicas, voltase pengisian nya tidak stabil.
  6. Baterai iPhone menggembung sampai mendesak layar.
Semoga baterai kamu aman dan tidak ada satupun ciri-ciri diatas ya.

Cara Merawat Baterai iPhone Agar Awet

Sudah tau alasan kenapa harus merawat baterai dan mengetahui apa saja ciri-ciri baterai iPhone mulai rusak, sekarang kamu harus dapatkan solusinya dengan cara mempelajari cara merawat baterai iPhone agar awet

1. Gunakan Charger dan Kabel Orisinal

Harga charger dan kabel orisinal buatan apple memang mahal, untuk sekarang harganya bisa diatas Rp.400.000. Sehingga banyak orang lebih memilih untuk membeli versi tiruan yang harganya lebih murah. Padahal dengan menggunakan charger dan kabel tiruan itu berbahaya untuk kesehatan baterai, lebih parahnya lagi merusak iPhone.

Saya pernah mencoba menggunakan barang tiruan itu, dalam waktu 15 hari status kesehatan baterai turun 1%, menurut saya ini tidak wajar.

Alternatif jika belum mampu membeli charger dan kabel asli dari apple, kamu bisa menggunakan produk diluar apple tapi yang sudah bersertifkat MFi (Made for iPhone), Seperti Anker, Aukey, Ugreen, Vivan dan masih banyak lagi.

2. Charger Baterai iPhone Secara Teratur

Agar kekuatan baterai awet, ternyata ngecas baterai iPhone itu ada aturannya. Saya udah buat kontennya diartikel yang berbeda, silahkan baca disini ya > Cara mengisi baterai iPhone.

3. Hindari Cas dari Komputer atau Laptop

Kita tidak tau berapa arus listrik yang masuk apakah lemah atau terlalu kuat dan apakah stabil atau tidak, dampaknya akan merusak baterai, iphone bahkan laptopnya sendiri bisa ikut rusak.

Port USB laptop itu ditujukan untuk sinkronisasi perangkat, bukan charging ya. Jadi, sebaiknya hindari ngecas menggunakan laptop jika keadaan tidak darurat.

4 Jangan Terlalu Sering Menyalakan Hotspot Pribadi

Selain koneksi internet jadi lemot dan kuota cepat habis, tathering hotspot juga bisa berdampak buruk pada kemampuan baterai.

Suhu panas yang ditimbulkan membuat sel-sel baterai melemah, jika terlalu sering mengaktifkan hotspot iphone umur baterai jadi semakin pendek.

5 Gunakan Mode Hemat Baterai Tepat pada Waktunya

Tahukah kamu, jika menggunakan mode hemat baterai dapat melemahkan daya tahan baterai. Hal ini bisa terjadi jika kamu mengaktifkan mode hemat baterai saat baterai persentase baterai masih tinggi.

Alih-alih ingin menghemat baterai iPhone, yang terjadi malah semakin memperburuk kesehatan baterai. Sebaiknya gunakan mode hemat baterai saat persentase baterai dibawah 30% ya.

6 Kalibrasi Baterai iPhone

Sebenarnya kalibrasi baterai tidak berpengaruh pada keawetan baterai. Malah sebaliknya, jika terlalu sering melakukan kalibrasi dapat memperpendek umur baterai. Lakukan kalibrasi 1 atau 2 bulan sekali.

Tujuan saya memasukan tips ini adalah agar keakuratan dalam persentase baterai jadi lebih akurat, benar-benar level baterai yang ditampilkan itu yang sebenarnya. Jadi kamu bisa tau dengan pasti berapa banyak persentase baterai yang masih tersedia.

Yang belum tau tentang dan cara kalibrasi baterai, baca aja artikel ini > Cara kalibrasi baterai iPhone yang benar.

Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tahan Lama

Tips di atas merupakan cara untuk merawat baterai. Berbeda lagi dengan menghemat penggunaan baterai, maksudnya adalah menghemat baterai saat iPhone digunakan sehari-hari. Nah berikut adalah tips-tips yang bisa kamu ikuti.

1. Nonaktifkan Siri

Fitur saran dari aplikasi siri ini tidak terlalu membantu sih menurut saya. Pengguna iPhone di Indonesia juga tidak banyak yang memakainya.

Jika siri diaktifkan, siri akan stand by menunggu penggunanya untuk melakukan perintah. Jadi lebih baik dinonaktifkan saja agar baterai iPhone tidak boros.

2. Nonaktifkan AirDrop

Mulai dari cara yang paling mudah, yaitu mematikan fitur AirDrop. Ketika kamu mengaktifkan AirDrop, maka otomatis akan mengaktifkan bluetooth juga, karna dua fitur ini saling terhubung yang fungsinya untuk mentransfer file ke perangkat lain.

Kalau tidak digunakan sebaiknya langsung nonaktifkan. Jika tidak dinonaktifkan, iPhone akan terus mencari perangkat apple lain untuk saling terhubung.

3. Nonaktifkan Handoff

Tips yang ketiga, nonaktifkan fitur handoff. Fitur yang satu ini pasti jarang atau bahkan tidak pernah kamu coba.

Handoff bisa digunakan jika kamu punya perangkat apple lain seperti Mac, iPad atau sesama iPhone. Fungsinya untuk mengerjakan banyak hal seperti menulis, browsing secara bersamaan di perangkat berbeda. Simple nya seperti screen-mirroring.

4. Nonaktifkan Raise to Wake

Raise to wake salah satu fitur yang sangat membantu dan memanjakan penggunanya. Ketika iPhone diangkat ke atas maka layar akan otomatis menyala. Jadi kamu tidak perlu tekan tombol untuk menyalakan iPhone.

Walaupun fitur ini mempermudah penggunaan, tapi fitur ini justru membuat baterai jadi lebih boros. Karna ketika diluar kamu pasti akan sering dan tidak sengaja mengangkat iPhone. Sebaiknya nonaktifkan saja ya fitur ini.

5. Jangan Gunakan Live Wallpaper

Memang sih menggunakan live wallpaper akan menambah nilai plus untuk iPhone terlihat lebih menarik dipandang.

Tapi kamu harus sadar kalau menggunakan live wallapper ini akan mengkonsumsi banyak baterai. Sebaiknya gunakan wallpaper yang biasa aja ya, lebih bagus lagi pakai wallpaper yang polos dan gelap.

6. Batasi Fitur Layanan Lokasi

Sejak iPhone mendapatkan update iOS 13, pengguna bisa mengatur layanan data lokasi pada masing-masing aplikasi yang terinstal.

Silahkan atur sesuai kebutuhan, dengan mengatur aplikasi mana saja yang menurut kamu butuh info dan mengakses layanan lokasi di iphone, kamu bisa sedikit menghemat baterai.

7. Gunakan Fitur Dark Mode

Dark mode salah satu fitur yang banyak disukai orang, semua warna dalam layar berubah jadi hitam, hingga beberapa aplikasi yang sudah mendukung mode gelap otomatis akan merubah warnanya menjadi hitam.

Selain tampilan terlihat lebih keren, menggunakan mode gelap juga bisa membuat baterai menjadi lebih irit.

8. Aktifkan Mode Hemat Batera

Mengaktifkan fitur low-power mode benar-benar sangat membantu. Mode hemat baterai akan membatasi aktivitas iPhone, seperti aktivitas aplikasi di latar belakang, mengurangi kecerahan layar dan aktivitas lainya.

Fitur low-power mode sebaiknya diaktifkan ketika sedang diluar atau keadaan darurat saja. Dan ingat aktifkan fitur ini ketika baterai sudah mau habis. Jika masih diatas 50% gunakan iPhone secara normal saja, agar kinerja baterai dan iPhone tidak terhambat

9. Persingkat Waktu Kunci Otomatis

Fitur ini saya lebih suka mengaturnya dengan waktu yang singkat, yakni 30 detik atau lebih nyaman diatur jadi 1 menit.

Kebanyakan orang tidak peduli dengan fitur ini, semakin sedikit aktivitas layar makan semakin irit baterai bukan, oleh karena itu sebaiknya persingkat saja waktu kunci otomatis layar.

10. Nonaktifkan Getar Aplikasi yang tidak diperlukan

Tahukan kamu, mengaktifkan mode getar pada smartphone akan memakan banyak daya baterai. Berlaku juga pada pengaturan beberapa aplikasi, seperti notifikasi bergetar dan ketik keyboard bergetar saat mengetik.

Kalau sedang dalam acara penting yang dapat menggagu orang lain seperti rapat kantor, gunakan saja mode senyap, Itu lebih baik.

11. Nonaktifkan Fitur Segarkan App di Latar

Tips kesebelas, matikan fitur background app refresh. Dengan begitu, aplikasi tidak akan melakukan refresh otomatis untuk mengupdate kontennya. Ketika kamu membuka aplikasi makan konten-konten yang muncul adalah yang terakhir kamu lihat.

Aktivitas iPhone jadi lebih sedikit, otomatis baterai lebih irit. Tapi gak harus semua aplikasi dinonaktifkan, kamu bisa kok mengatur aplikasi mana saja yang kamu butuhkan.

Sebenarnya fitur ini sangat bermanfaat dan hemat waktu. Semua balik lagi ke pengguna, mau hemat waktu atau hemat baterai.

12. Tidak Perlu Menutup Aplikasi Berjalan

Menutup aplikasi yang sedang berjalan di app switcher ternyata tidak begitu berengaruh untuk menghemat baterai. Yang terjadi malah sebaliknya, baterai semakin boros karena ketika membuka aplikasi tersebut, iPhone memulai ulang dari awal, resource iPhone semakin terbebani.

Awalnya saya juga berpikir begitu, jika aplikasi ditutup maka aktivitas iPhone semakin sedikit. Tapi ternyata salah, malah iPhone bekerja ulang lagi untuk membukanya.

13. Nonaktifkan Download dan Update Otomatis

Menonaktifkan fitur download dan update otomatis aplikasi atau OS adalah pilihan yang tepat. Ini untuk menghindari iPhone melakukan update otomatis ketika baterai kondisi low.

Selain untuk menjaga keamanan dan hal-hal yang tidak diinginkan, menonaktifkannya juga dapat menghemat baterai dan hemat kuota internet.

14. Simpan iPhone dengan Posisi Layar dibawah

Mungkin cara ini belum banyak disadari pengguna iPhone. Ketika kamu menghadapkan layar keatas, setiap ada pemberitahuan layar akan menyala. Nah, jika pemberitahuan banyak dan sering muncul setiap waktu, nyala'nya layar tersebut akan menguras baterai.

Membalik layar ke bawah merupakan cara sederhana untuk menghemat baterai. Sangat baik juga untuk kamu dalam menghentikan penggunaan hp karna ke-trigger rasa ingin membuka semua pemberitahuan yang muncul.

15. Lakukan Restart iPhone

Seiring dengan banyak dan lamnya penggunaan aplikasi, akan banyak cache menumpuk, performa iPhone akan menurun, baterai cepat habis dan suhu cepat panas. Dengan melakukan restart, semua program akan dimulai ulang dan kinerja iPhone jadi normal kembali.

Belum tau cara me-restart iPhone? Tenang, saya sudah buat artikelnya! Silahkan baca artikel ini → Cara restart iPhone untuk semua tipe.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips dari saya untuk merawat dan hemat penggunaan baterai iPhone. Dengan merawat dan menjaga kesehatan baterai, maka umur baterai jadi lebih panjang dan kamu tidak perlu khawatir lagi baterai error atau cepat habis saat pemakaian. Semoga bermanfaat ya!

Posting Komentar untuk "20+ Cara Merawat & Menghemat Baterai iPhone yang Benar"