Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kalibrasi Baterai iPhone agar Normal Kembali

cara kalibrasi baterai iphone
Setiap perangkat elektronik yang menggunakan baterai khususnya smartphone, umumnya perlu melakukan kalibrasi baterai. Tentu saja ini berlaku juga pada baterai iPhone, walaupun Apple tidak memberi tahu atau menyarankan penggunaanya untuk melakukan kalibrasi.

Karena seiring dengan waktu penggunaan yang cukup lama, performa baterai akan menurun, tidak menampilkan persentase yang akurat dan jika sudah mencapai batasnya baterai akan ngedrop.

Dari pihak Apple juga menyatakan bahwa kemampuan baterai iPhpne setiap tahunnya akan menurun 5-10%.

Ya jadi boleh-boleh saja ya melakukan kalibrasi seperti yang dilakukan pada kebanyakan ponsel Android.

Nah, pada artikel ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang kalibrasi baterai. Mulai dari mengenal apa itu kalibrasi, manfaat dan cara melakukan kalibrasi baterai iPhone yang benar.

Dengan tips dan cara yang akan saya tulis dibawah, semoga bisa membantu memperbaiki serta meminimalisir penurunan daya tahan baterai.

Pengertian Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai adalah proses mengkondisikan ulang baterai agar kapasitas daya yang terbaca oleh sistem akurat dan persentase baterai yang ditampilkan pada bilah statur itu benar apa adanya.
Simplenya melakukan netralisasi pada baterai iPhone.
Seperti melakukan restart iPhone, menghilangkan cache atau bug. Semuanya dibersihkan dan dimuat ulang dari awal.

Manfaat Kalibrasi Baterai

Manfaat yang kamu dapatkan setelah kalibrasi baterai adalah baterai menjadi segar kembali, mengembalikan kapasitas maksimum baterai iphone dan kinerjanya stabil seperti saat pertama kali digunakan.

Persentase baterai juga jadi lebih akurat, yang ditampilkan sesuai daya baterai yang ada. Jadi, kamu tidak lagi tertipu oleh persentase baterai yang salah.

Melakukan kalibrasi baterai juga merupakan salah satu cara untuk merawat baterai iPhone. Oleh karena itu, kalibrasi baterai sangat disarankan.

Perlu kamu ketahui bahwa melakukan kalibrasi baterai tidak akan berpengaruh pada hemat atau borosnya penggunaan baterai iPhone.

Jangan salah pemahaman lagi ya!

Kalau mau tau cara menghemat baterai iPhone, baca artikel ini aja > cara hemat baterai iPhone.

Perlukah Melakukan Kalibrasi Baterai?

Dari beberapa forum diskusi yang pernah saya baca, menyimpulkan bahwa kalibrasi baterai perlu dilakukan. Kapan? idealnya 1 atau 2 bulan sekali secara rutin.

Kalibrasi baterai juga menjadi salah satu solusi jika terjadi masalah atau error pada baterai iPhone.

Beberapa kasusnya seperti berikut:
  • iPhone tiba-tiba mati sendiri, padahal kapasitas baterai masih cukup digunakan untuk beberapa jam.
  • Ketika dicas baterai lama terisi, persentase baterai naik-turun atau malah berkurang (Tapi kalau ini bisa dari chargernya juga sih, jadi cek aja ya mana yang bermasalah).
  • Saat iPhone digunakan status persentase baterai error. Error disini maksudnya persentase baterai turun tidak teratur, misalnya dari 55% langsung turun ke 40%.
Untuk menjaga baterai tetap sehat dan aman, lakukan pengisian daya baterai dengan benar. Kebetulan saya sudah membuat artikel tentang charger baterai iPhone, silahkan baca disini > panduan mengisi baterai iPhone yang benar.

Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Benar

Pada iOS versi terbaru, cara kalibrasi baterai iPhone berbeda dengan versi iOS sebelumnya. Namun caranya tetap sederhana dan intinya sama-sama menguras baterai sampai habis dan mengisi baterai iPhone hingga penuh kembali.

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Gunakan iPhone untuk aktivitas apa saja, hingga baterai habis dan iPhone mati secara otomatis.
  2. Diamkan iPhone dalam kondisi mati, tunggu sekitar 2-3 jam. Hal ini bertujuan agar semua listrik yang ada pada iPhone benar-benar habis dan berhenti.
  3. Saatnya melakukan pengisian baterai hingga penuh (100%). Aturannya begini:
    • Hubungkan kepala charger dan kabel lightning > kemudian colok kepala charger ke stop kontak > baru colokan kabel lightning ke iPhone.
  4. Jika sudah penuh, habiskan lagi baterainya sampai benar-benar mati dengan sendirinya.
  5. Ulangi lagi langkah 2 dan 3.
  6. Selesai, baterai berhasil dikalibrasi.

Setelah Melakukan Kalibrasi Baterai

Untuk memastikan kalau baterai iPhone kamu masih normal, ada hal yang perlu kamu lakukan, yaitu melihat Cyle Count Baterai.

Maksud melihat Cycle Count baterai adalah melihat siklus pengisian baterai. Misalnya melihat berapa kali pengisian baterai dari 0% hingga kapasitas baterai mencapai 100% (1 cycle count).

Normalnya baterai iPhone dapat mempertahankan kesehatan bateari (Battery Health) diatas 80% dengan kondisi dibawah 500 Cyle Count.

Cara Melihat Cycle Count Baterai iPhone

data analisis iphone

1. Buka aplikasi Pengaturan.
2. Akses menu Privasi > Analisis dan Peningkatan.
3. Pilih menu Data Analisis.
4. Cari list dengan nama "log-aggregated...".

log iphone

5. Kemudian cari informasi tentang angka BatteryCycleCount.

Kalau carinya susah, silahkan copy dulu semua data di log file tersebut, kemudian paste ke note dan gunakan fitur pencarian untuk mencari kata kunci BatteryCycleCount.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan yang saya bisa bagikan tentang kalibrasi baterai iPhone. Intinya lakukan kalibrasi secara teratur atau jika diperlukan saja, lakukan cara kalibrasi yang benar agar kesehatan baterai iPhone tidak menurun..

Jika setelah kalibrasi baterai masih terjadi error atau drop, artinya kamu harus mengikhlaskan mengeluarkan uang untuk membeli dan mengganti baterai iPhone yang baru. Mudahan-mudahan ngga ya.

Share artikel ini jika menurut kamu bermanfaat dan bisa membantu pengguna iPhone lainnya. Semoga berkenan!

Posting Komentar untuk "Cara Kalibrasi Baterai iPhone agar Normal Kembali"