Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenapa iPhone Tidak Bisa di Cas? Ini Penyebab dan Solusinya

kenapa iphone tidak bisa di cas

Sebagai pengguna iPhone, Anda mungkin sering mengalami situasi di mana baterai iPhone tidak bisa di cas. Anda mungkin akan merasa panik dan bertanya-tanya kenapa iPhone tidak bisa di cas dan bagaimana cara mengatasinya.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan hp iPhone tidak bisa dicharger.

Namun, Anda sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir. Asalkan bukan kerusakan yang sangat parah pada bagian baterai. Sebenarnya, fungsi charger pada iPhone bisa dikembalikan lagi dengan melakukan beberapa cara sederhana.

Kenapa iPhone Tidak Bisa di Cas

Beberapa waktu lalu saya membaca beberapa diskusi di grup iPhone Facebook, ternyata banyak yang bertanya soal pengisian daya baterari, lebih tepatnya mereka bertanya mengapa hp iphone tidak bisa di cas.

Salah satu penyebab hp iPhone tidak bisa di cas adalah port charging mengalami kerusakan atau kotor.

Lebih lengkapnya berikut akan dibahas penyebab iPhone tidak bisa di cas. Serta, apa yang harus dilakukan jika Anda pengguna iPhone menghadapi situasi yang seperti itu.

1. Kinerja iPhone Terlalu Berat

Penyebab pertama mengapa iPhone tidak bisa dicharger adalah kinerja iPhone yang terlalu berat. Mungkin, terlalu banyak tab dan aplikasi yang Anda buka dalam satu waktu. Membuat sistem operasi iPhone merasa terbebani, hal ini membuat sistem gagal membaca fungsi charger yang ada di iPhone.

2. Sistem Membebani iPhone

Jika reset biasa tidak cukup untuk mengembalikan fungsi charger pada iPhone Anda. Hal ini mungkin saja masih ada sistem yang terbuka dalam iPhone dan masih membebani sistem iPhone.

3. Perangkat Charger Bermasalah

Alasan kenapa iPhone tidak bisa di cas dan cara mengatasinya, mungkin saja tidak berasal dari perangkat iPhone itu sendiri. Melainkan, berasal dari perangkat charger yang mungkin bermasalah.

4. Charging Port Kotor

Baterai iPhone yang tidak bisa dicharge mungkin saja dikarenakan pengisian baterai yang tidak bisa optimal. Hal ini karena ada yang menghalangi masuknya aliran listrik ke dalam baterai.

Karena itu, Anda sebagai pemilik iPhone sangat perlu untuk cek kondisi charging port dari perangkat iPhone yang Anda gunakan.

5. Baterai iPhone Rusak

Mungkin Anda tidak sadar kalau umur iPhone sudah tua dan banyak komponen yang mulai rusak dan perlu diganti. Jika iPhone tidak bisa di charge mungkin bisa jadi penyebabnya baterai iPhone Anda sudah rusak. Jadi perlu ganti baterai iPhone agar iPhone bisa digunakan kembali.

Cara Mengatasi iPhone yang Tidak Bisa di Cas

Setelah mengetahui kenapa hp iPhone tidak bisa di cas, sekarang Anda perlu tahu juga cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar hp iPhone bisa di cas kembali.

1. Restart iPhone

Terkadang software pada iPhone bisa menjadi bug atau error yang membuat iPhone saat dicharger idikator nya tidak berjalan. Masalah seperti ini dikenal juga dengan sebutan glitch software.

Cara untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangatlah sederhana. Anda bisa melakukan restart iPhone dengan cara menekan tombol home dan tombol volume secara bersamaan. Setelah iPhone menyala, Anda bisa mencoba untuk mencharger kembali iPhone.

2. Lakukan Factory Reset iPhone

Apabila melakukan restart tidak bisa mengatasi masalah tersebut, Anda bisa melakukan factory reset iPhone agar sistem-sistem yang membebani benar-benar dihentikan.

Namun, Anda perlu mengetahui untuk melakukan reset ini Anda perlu memastikan bahwa Anda sudah menyimpan data-data yang penting dalam back up data. Karena kemungkinan besar proses ini akan menghapus seluruh data yang ada di iPhone Anda.

3. Cek Perangkat Charger

Ada baiknya untuk Anda mengecek perangkat charger Anda juga. Jika memang dirasa ada kerusakan pada perangkat charger. Maka, Anda tidak perlu mengubah apapun dari perangkat iPhone Anda.

Cukup ganti perangkat charger yang baru saja. Pastikan untuk mengganti perangkat charger dengan perangkat charger yang asli, sangat tidak disarankan untuk menggunakan charger KW karena dapat merusak perangkat iPhone.

4. Bersihkan Charging Port iPhone

Kondisi charging port perangkat iPhone Anda mungkin kotor dan banyak debu dan kotoran yang menghalangi sambungan charger dan perangkat. Kotoran-kotoran yang tebal ini tentu nya, akan menghalangi aliran listrik dari kabel menuju perangkat.

Namun jangan khawatir, Anda tinggal membersihkan charging port Anda saja. Gunakan klip untuk membuka baterai untuk membersihkan charging port secara menyuluruh. Jika tidak Anda, Anda bisa menggunakan benda yang tipis dan tumpul untuk membersihkan.

5. Cek Komponen Internal iPhone

Apabila Anda sudah mecoba semua cara di atas namun iPhone tetap tidak bisa di cas juga, bisa jadi masalahnya adalah karena kerusakan pada komponen internet iPhone.

Komponen internal yang sering menjadi masalah pada charger iPhone adalah IC Power atau Charge Controller. Datang ke tempat service iPhone yang sudah ahli, minta untuk mengeceknya apakah rusak atau tidak.

Akhir Kata

Itulah alasan kenapa iPhone tidak bisa di cas dan cara mengatasinya. Jika lain kali Anda mengalami situasi baterai iPhone tidak bisa dicharger. Anda bisa melakukan cara-cara di atas terlebih dahulu.

Posting Komentar untuk "Kenapa iPhone Tidak Bisa di Cas? Ini Penyebab dan Solusinya"