Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

iPhone yang Masih Layak di Tahun 2023, 2024 Hingga 2025

iphone yang masih layak di tahun 2022

iPhone yang Masih Layak di Tahun 2023 - Dunia smartphone memang tidak pernah gagal memunculkan besutan produk terbaru yang mampu menguasai pangsa pasar di setiap masanya.

Salah satu perusahaan yang selalu menjadi incaran banyak kalangan masyarakat khususnya untuk jenis ponsel adalah dari besutan Apple, yakni iPhone.

Mungkin kamu sudah sangat familiar dengan merk yang satu ini, bagaimana tidak? iPhone sudah terkenal sebagai gadget kelas atas yang memiliki beragam fitur canggih di dalamnya.

Dari pernyataan tersebut, tak heran apabila iPhone digadang menjadi merk ponsel terbaik yang selalu diincar. Namun, kualitas yang ditawarkan juga tentunya diimbangi dengan harga yang lumayan.

Tak selalu iPhone keluaran terbaru yang memiliki fitur canggih dan membuat orang merasa harus memilikinya segera. Untuk menghemat pembelian iPhone yang terbilang cukup mahal di kelas keluaran terbaru, kami menyarankan kamu untuk membeli hp iPhone versi yang sedikit lebih lama.

Adapun di bawah ini akan dijelaskan secara singkat beberapa reomendasi merk iPhone yang layak di tahun 2023 untuk kamu beli.

Inilah iPhone yang Masih Layak di Tahun 2023

Kami memilih iPhone berdasarkan kemampuan atau performa dalam menjalankan aplikasi, game dan mendapatkan update iOS terbaru hingga kedepannya.

Selain itu fitur yang ditawarkan juga terbilang masih cukup oke untuk digunakan sampai 3 tahun kedepan.

Berikut adalah rekomendasi iPhone yang masih layak di tahun 2023 yang bisa kamu pilih.

1. iPhone 7 Plus

iphone 7 plus

Pertama yang akan saya rekomendasikan adalah iPhone 7 Plus. Faktanya, meskipun sudah rilis sejak dua tahun lalu tetapi iPhone 7 Plus masih banyak dicari dan dianggap sebagai salah satu jenis hp iPhone yang layak digunakan di tahun 2023 ini.

Bahkan, tak dapat dipungkiri bahwa iPhone 7 Plus ini juga masih bisa digunakan untuk menunjang kebutuhan smartphone sampai dua tahun ke depan nantinya. Bukankah terdengar sangat menarik, bukan?

Adapun spesifikasi dari smartphone ini yakni mempunyai kamera depan utama sebesar 12 MP dengan baterai yang memiliki kapasitas 2800 mAh. iPhone 7 Plus ini juga sudah dibekali dengan RAM sebesar 3 GB.

Chipset yang digunakan yakni Apple A10 Fushion yang dianggap masih sangat layak untuk digunakan di berbagai kebutuhan seperti untuk nugas, multitasking, bahkan hingga kegiatan gaming yang termasuk ringan sekalipun.

2. iPhone 8 Plus

iphone 8 plus

Naik satu versi lebih baru, iPhone yang juga dianggap masih layak untuk digunakan di tahun 2023 ini yaitu iPhone 8 Plus. Berbeda dengan iPhone 7 Plus yang sudah dibahas sebelumnya, iPhone 8 Plus ini memakai chipset yang lebih modern yakni A11 Bionic yang terkenal dengan performanya yang cukup tinggi.

Namun, meskipun demikian untuk resolusi kamera sendiri ternyata masih sama seperti seri sebelumnya yakni iPhone 7 Plus. Tak perlu khawatir, walaupun sama dengan seri sebelumnya, tetapi detail yang dihasilkan lebih jernih serta flash dari hp ini sudah tidak memantulkan cahaya lagi.

Dengan spesifikasi tersebut, iPhone ini tentu saja masih sangat layak untuk digunakan pada tahun 2023.

3. iPhone X

iphone x

Apabila ingin memiliki hp iPhone dengan desain layar yang full body, kamu bisa memilih iPhone X. Berbeda dengan seri iPhone 7 dan 8, iPhone X ini sudah menggunakan layar Super AMOLED dengan ukuran sebesar 5.8 inci.

Chipset yang digunakan masih sama seperti iPhone 8 plus yakni Apple 11 Bionic. Walaupun menggunakan chipset yang sama namun kinerjanya lebih unggul karena memiliki jumlah inti 6 buah (2x Moonsoon + 4x Mistral).

Kemudian dari segi kamera masih sama yakni 12 MP kamera belakang dan kamera depan 7 MP. Walaupun memiliki resolusi yang terbilang kecil namun menurut test yang sudah dilakukan oleh reviewer hasilnya gambarnya tajam dan warnanya pun bagus.

Dan untuk baterai, iPhone X dibekali daya baterai sebesar 2716 mAh saja. Untuk pengisian baterai iPhone X sudah menggunakan teknologi Qi wireless charging (ngecas iPhone tanpa kabel) dan fast charging sehingga mengecas baterai lebih cepat.

4. iPhone SE 2020

iphone se 2020

iPhone SE 2020 merupakan iPhone generasi kedua dari iPhone SE 2016. iPhone SE Gen 2 ini sangat populer dan banyak sekali peminatnya karena harganya yang murah namun dibekali performa tinggi yakni Apple 13 Bionic. Chipset yang digunakan pada iPhone 11 dan 11 Pro.

Dari segi tampilan masih mirip sama seperti versi lama, tombol home fisik masih terpasang. Namun pada iPhone SE Gen 2 tombolnya sudah upgrade menggunakan teknologi baru yaitu teknologi pemindai sidik jari (Touch ID).

Spesifikasi layar menggunakan ukuran 4,7 inci yang dibekali layar Retina HD True Tone. Kamera belakang tunggal dengan resolusi 12 MP dengan bukaan lensa f/1.8. Baterai hanya 1821 mAh saja namun sudah dibekali fitur pengisian cepat sebesar 18W.

5. iPhone 11

iphone 11

iPhone yang Masih Layak tahun 2023 terakhir datang dari seri yang hadir pada tahun 2020 sekaligus menjadi seri terbaik pada saat itu, yakni iPhone 11.

Era tersebut dianggap sebagai gebrakan baru dari pihak Apple karena mereka mampu mengeluarkan smartphone yang dilengkapi dengan tiga buah kamera mirip dengan boba, iPhone seri 11 dikenal juga dengan sebutan iPhone boba.

Dan mulai sejak saat itu, banyak perusahaan yang membuat produk smartphone yang kamera-nya mirip boba juga.

Walaupun baru rilis, tetapi spesifikasi iPhone ini sudah sangat memumpuni untuk dipakai bertahun-tahun ke depan, yakni memiliki resolusi sebesar HDR10 dan Dolvy Vision.

Kelompok Seri iPhone Berdasarkan Kelayakan di Tahun 2023

Untuk mempermudah menentukan iPhone yang masih layak, di bawah ini saya buatkan tabel pengelompokan seri iPhone dari yang layak hingga sangat layak. Simak tabel berikut ini.

LayakCukup LayakSangat Layak
iPhone 7iPhone XiPhone 11
iPhone 7 PlusiPhone XRiPhone 11 Pro
IPhone 8iPhone SE Gen 2iPhone 11 Pro Max
iPhone 8 PlusiPhone XSiPhone 12 Mini
-iPhone XS MaxiPhone 12
--iPhone 12 Pro
--iPhone 12 Pro Max
--iPhone 13 Mini
--iPhone 13
--iPhone 13 Pro
--iPhone 13 Pro Max

Kesimpulan:

iPhone yang masih layan di tahun 2023 tedapat pilihan iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

iPhone yang masih layak di tahun 2025 bisa memilih iPhone X, XR, iPhone SE Gen 2 dan iPhone XS atau iPhone XS Max. Sedangkan untuk iPhone yang masih layak 3 tahun kedepan, kamu bisa memilih seri iPhone 11 ke atas.

Kelaykan iPhone Berdasarkan Versi 

Kelayakan iPhone berdasarkan tahun tergantung pada beberapa faktor, seperti pembaruan sistem operasi, fitur, dan performa perangkat. Berikut ini adalah beberapa informasi umum mengenai kelayakan iPhone berdasarkan tahun:

  • iPhone 7 dan 7 Plus (rilis tahun 2016): Kedua perangkat ini masih layak digunakan dengan iOS 15 dan memiliki performa yang baik untuk penggunaan sehari-hari.
  • iPhone 8 dan 8 Plus (rilis tahun 2017): Kedua perangkat ini masih layak digunakan dengan iOS 16 dan memiliki performa yang baik untuk penggunaan sehari-hari.
  • iPhone X (rilis tahun 2017): Perangkat ini masih layak digunakan dengan iOS 16 dan memiliki performa yang baik untuk penggunaan sehari-hari.
  • iPhone XR, XS, dan XS Max (rilis tahun 2018): Ketiga perangkat ini sangat layak digunakan dengan iOS 16 dan memiliki performa yang sangat baik untuk penggunaan sehari-hari.
  • iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max (rilis tahun 2019): Ketiga perangkat ini masih sangat layak digunakan dengan iOS 16 dan memiliki performa yang sangat baik untuk penggunaan sehari-hari.
  • iPhone SE Generasi Kedua (rilis tahun 2020): Perangkat ini sangat layak digunakan dengan iOS 16 dan memiliki performa yang sangat baik untuk penggunaan sehari-hari.
  • iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max (rilis tahun 2020): Keempat perangkat ini masih sangat layak digunakan dengan iOS 16 dan memiliki performa yang sangat baik untuk penggunaan sehari-hari.
  • iPhone 13, 12 Mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max (rilis tahun 2021): Keempat perangkat ini masih sangat layak digunakan dengan iOS 16 dan memiliki performa yang sangat baik untuk penggunaan sehari-hari.

Namun, perlu diingat bahwa kelayakan iPhone juga tergantung pada kondisi perangkat secara keseluruhan, termasuk kondisi baterai dan perangkat keras.

Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi seri iPhone yang masih layak di tahun 2023 untuk kamu beli dan gunakan. Sesuai dengan saran di atas, sebaiknya membeli seri iPhone 7 ke atas (atau ke versi yang lebih tinggi).

Nah, jadi dari seluruh type iPhone di atas mana seri yang akan kamu beli?

Posting Komentar untuk "iPhone yang Masih Layak di Tahun 2023, 2024 Hingga 2025"