Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Pembayaran Angsuran KUR BRI dan Denda 2022

cara pembayaran angsuran kur bri

Cara Pembayaran Angsuran KUR BRI - KUR atau singkatan dari Kredit Usaha Rakyat merupakan salah satu pinjaman yang diberikan oleh Bank BRI bagi mereka para pelaku UMKM. Namanya meminjam, pastinya nasabah juga harus mau membayar angsuran KUR ini karena wajib, sesuai dengan perjanjian awal.

Sampai saat ini, sudah banyak sekali bank di Indonesia yang menawarkan pinjaman KUR ini, tak terkecuali dengan Bank BRI.

Pembayaran Angsuran KUR BRI

Sebagai salah satu bank terbaik yang berdiri di Indonesia, Bank BRI sudah memiliki banyak sekali produk, salah satunya adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat ini.

Pinjaman yang ditawarkan oleh Bank BRI memiliki batas maksimal sebesar 50 juta rupiah yang bisa di angsur dalam jangka waktu 60 bulan.

Tak hanya itu, bunga yang diberikan oleh Bank BRI untuk pinjaman KUR ini juga cukup kecil, yakni sebesar 0,2 persen atau 6 persen efektif per tahun.

Setelah melakukan pinjaman, kamu harus membayar angsuran sesuai perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.

Cara Pembayaran Angsuran KUR BRI

Tak jarang banyak yang tidak tahu bagaimana cara bayar angsuran pinjaman bank BRI ini walaupun sudah memutuskan untuk meminjam.

Tak perlu khawatir, pada artikel kali ini akan kita bahas sampai tuntas bagaimana cara melakukan pembayaran angsuran KUR BRI.

1. Cara Bayar KUR BRI Lewat Teller Bank

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membayar angsuran KUR BRI adalah dengan bayar angsuran kur bri lewat teller. Cara ini cukup mudah karena kamu tidak perlu repot mengurus pembayaran, hanya mengatakan kepada teller bahwa akan melakukan pembayaran angsuran KUR BRI. Setelah itu tinggal mengikuti arahan yang ada.

Namun, kelemahan dari melakukan pembayaran KUR melalui teller adalah kamu harus datang terlebih dahulu ke kantor cabang secara langsung.

Jika rumah tempat tinggalmu jauh dari kantor cabang, kamu akan sedikit kesusahan untuk membayarnya. Berikut langkah-langkah membayar angsuran KUR BRI melalui teller bank.

  1. Datangi kantor cabang bank BRI yang terdekat dari posisimu
  2. Ambillah nomor antrian serta tunggu sampai nomor kamu dipanggil
  3. Ketika sudah dipanggil, langsung katakan kepada teller bank bahwa kamu ingin membayar angsuran KUR BRI
  4. Tunggu pihak teller bank melakukan proses dan berikan uang jika teller memintanya
  5. Tunggulah sebentar sampai teller selesai melakukan pekerjaannya
  6. Terima struk angsuran dan simpan dengan baik.

2. Cara Bayar KUR BRI Lewat ATM BRI

  1. Datang ke mesin ATM BRI terdekat dari posisimu
  2. Masukkan kartu ATM BRI kamu
  3. Pilih bahasa yang diinginkan, kemudian masukkan PIN
  4. Pilih Transaksi Lain, kemudian klik Pembayaran, lalu Lainnya
  5. Pilih menu Angsuran Pinjaman, masukkan nomor rekening
  6. Klik Benar, masukkan nominal pembayaran, tekan Ya.

3. Cara Bayar Angsung BRI Lewat Aplikasi BRImo

  1. Buka aplikasi BRImo, login dengan username dan password
  2. Pilih opsi Beli & Bayar di tampilan utama
  3. Klik Pembayaran. Pilih menu Briva
  4. Pilihlah sumber dana kamu, kemudian klik Lanjut
  5. Cek kembali nomor pembayaran beserta nominalnya, kemudian klik Lanjut
  6. Masukkan password BRImo, dan tunggu proses transaksi selesai.

4. Bayar Angsuran KUR BRI Lewat Internet Banking

  1. Buka aplikasi BRI Mobile yang telah didaftarkan sebelumnya
  2. Pilih Internet Banking BRI
  3. Login dengan user ID serta password
  4. Klik Pembayaran, pilih Pinjaman Bank BRI
  5. Masukkan nomor rekening serta nominal yang harus kamu bayar
  6. Masukkan mToken untuk mengakhiri proses transaksi
  7. Simpan bukti transaksi.

Denda Jika Telah Membayar Angsuran KUR BRI

Pada umumnya sebuah pinjaman uang di bank terdapat bunga dan denda jika terdapat keterlambatan dalam pembayaran. Oleh karena itu, peminjam tidak boleh telat bayar cicilan jika tidak ingin ada biaya tambahan.

Berapa bunga dan denda telat bayar KUR BRI?

Bunga yang sudah ditetap oleh BRI pada program KUR BRI adalah sebesar 2% dari jumlah angsuran. Sedangkan untuk denda keterlamabatan bayar KUR BRI yaitu Rp 20.000.

Akhir Kata

Demikian informasi singkat tentang bagaimana cara pembayaran angsuran KUR BRI. Tak hanya datang langsung ke bank dan tellernya, kamu juga bisa memilih untuk melakukannya dengan memakai cara yang lain.

30 komentar untuk "Cara Pembayaran Angsuran KUR BRI dan Denda 2022"

  1. Halo pak saya mau tanya cara saya mau bayar angsuran bri tapi sekarang hari libur dan uang saya ada y cash klo mau bayar lewat ATM itu saya harus tf ke rekening saya apakah nanti uang nya langsung kecabut angsuran apa uang y masi ada di ATM dan baru transaksi pembayaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Aku dh pernh mas kya gitu harusnya jtuh tempo tnggl 10 tp di atmmku ada uang 3jt sudh telat 6 hari trus kesedot 1x angsuran

      Hapus
    3. betul kak, info sebelumnya salah, maaf. Jadi uang di rekening BRI bisa terpotong otomatis untuk pembayaran KUR.

      Hapus
  2. Apakah uang di ATM AKAN ke sedot otomatis jika sdh sampai tanggal pembayaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Apakah bisa bayar angsuran lewat BRI lin

      Hapus
    3. bisa dicoba kak ke BRI link

      Hapus
  3. Pagi kak...mw tanya sya kn byr angsuran pertama langsung ke bri tapi pakai rekening sendri...apakah angsuran sya sdh masuk di karenakan tidak ad bukti pembayaran bulan pertama yg ada hanya bukti setoran tabungan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status nya jadi setoran tabungan ya?

      Coba tanyakan ke pihak terkait aja mengenai bayar angusran BRI pertama sudah terbayar atau belum.

      Hapus
  4. Pak mau tanya.. saya pencairan KUR tanggal 7 Maret 2022.. nah ini juga ada tulisannya paling lambat bayar tanggal 7 perbulan nya.. itu untuk bayar angsuran pertama di bulan apa ya?? Kalau saya ingin bayar tanggal 31 Maret 2022. Apakah bulan besok saat tanggal 7 juga di tagih??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling lambat tgl 7 bulan berikutnya (April), kalau 31 Maret sudah bayar berarti sudah bayar angsuran pertama. Tanggal 7 april tidak akan ditagih lagi.

      Untuk memastikan lebih baik tanyakan ke pihak terkait ya kak.

      Hapus
  5. 𝙼𝚊𝚞 𝚝𝚊𝚗𝚢𝚊... 𝙿𝚊𝚍𝚊 𝚜𝚊𝚊𝚝 𝚙𝚎𝚗𝚌𝚊𝚒𝚛𝚊𝚗 𝚞𝚊𝚗𝚐𝚗𝚢𝚊 𝚔𝚊𝚗 𝚝𝚒𝚍𝚊𝚔 𝚜𝚎𝚖𝚞𝚊𝚗𝚢𝚊 𝚌𝚊𝚒𝚛,𝚍𝚒 𝙰𝚃𝙼 𝚖𝚊𝚜𝚒𝚑 𝚊𝚍𝚊 𝚜𝚊𝚕𝚍𝚘,𝚗𝚊𝚑 𝚊𝚙𝚊𝚔𝚊𝚑 𝚜𝚊𝚕𝚍𝚘 𝚝𝚎𝚛𝚜𝚎𝚋𝚞𝚝 𝚋𝚒𝚜𝚊 𝚞𝚗𝚝𝚞𝚔 𝚌𝚒𝚌𝚒𝚕𝚊𝚗 𝚙𝚎𝚛𝚝𝚊𝚖𝚊?𝚝𝚎𝚛𝚒𝚖𝚊𝚔𝚊𝚜𝚒𝚑

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibayarkan secara manual kak, agar benar2 cicilan pertamanya terbayar.

      Hapus
  6. Mau info ni bang, kita mau angsuran pinjaman pertama kur Pd tgl 9 april ternyata, tgl 9, 10 libur. apa di tgl 11 Tdk dikenakan bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi dikenakan kak, karna sudah lewat tgl pembayaran.

      Hapus
  7. Kak saya kan pengajuan kur sudah cair bulan April tanggal 8 ambil angsuran 18 bulan . Kira" habis masa angsuran bulan berapa tahun brapa ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak salah bulan Oktober 2023 kak.

      Hapus
  8. Maaf kak mau nanya. Ayah saya kan kmaren baru ambil kur. Jadi kan yg bayarin angsuran nya saya.
    Saya kan makek mandiri tuh, jadi kmaren kata orang survei nya kita kalau mau bayar angsuran bisa langsung dikirim ke rekening BRI ayah saya. trus nanti dia otomatis ditarik dari pihak BRI. Emang bener ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa kak, kalau masih ragu bisa datang ke kantor BRI terdekat untuk menanyakan mengenai pemabayaran KUR BRI secara otomatis dari rekening BRI.

      Hapus
  9. Mau tanya kak.ini bulan pembayaran dobel..apakah bisa untuk bayar bulan depan atau bagaimana

    BalasHapus
  10. Mau tanya kak, pinjaman kur saya cair bulan kmrn nah uang pinjamannya gak saya ambil semua masih tersimpan di rekening baru pinjaman bln ini angsuran pertama saya..apakah nanti otomatis langsung dipotong dri saldo yang masih ad ditabungan y kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, jika masih ada saldo yang cukup untuk pembayaran KUR maka secara otomatis akan terpotong (dibayarkan).

      Hapus
  11. Rekening ibu saya dari awal minjem ga pernah di pake karna pembayaran selalu ke kantor cab dengan teller, saya mau bayar nya lewat mbanking bca ke bri kira2 kartu bri nya ke blokir ga ya udh dari agustus 2021 kemaren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk memastikannya langsung cek di ATM atau datang ke kantor BRI saja kak.

      Hapus
  12. berarti angsuran bri bisa langsung di potong dari tabungan nomor rekening kita ya,,,, dan bukti bahwasannya sudah bayar bulan pertama lihatnya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lihat saja di mutasi rekening, nanti ada info pembayaran angsuran BRI.

      Hapus
  13. Mau tanya kak?
    Saldo yang tidak boleh diambil atau simpanan pokok bri bisa untuk pembayaran angsuran KUR?
    Apakah secara otomatis akan terpotong (dibayarkan).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saldo yang ada di ATM akan terbayarkan secara otomatis (jika mencukupi).

      Hapus