Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek ID Pelanggan PLN Prabayar dan Pascabayar

cara cek id pelanggan pln pascabayar dan prabayar

ID pelanggan PLN merupakan sebuah nomor unik yang penting dalam hal transaksi listrik dan akan dimiliki oleh setiap pengguna listrik. Nomor pada ID pelanggan PLN tersebut terbilang sangat unik dan akan selalu berbeda dari setiap pelanggan PLN nya.

ID PLN harus disimpan dan diingat dengan baik, karena jika sampai ID hilang, Anda tidak bisa melakukan transaksi listrik sehingga harus mengetahui cara cek ID pelanggan PLN untuk transaksi.

Jika lupa id ID pelanggan PLN, jangan panik! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui ID PLN dengan mudah dan anti ribet.

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang Listrik Prabayar dan Listrik Pascabayar. Nah, untuk mengecek ID PLN Pascabayar dan Prabayar caranya adalah sebagai berikut.

Cara Cek ID Pelanggan PLN

Tidak mengetahui nomor ID pelanggan PLN akan akan membuat Anda sangat kerepotan karena akan menghambat aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan listrik. Untuk mengetahui nomor ID pelanggan PLN, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ID-nya.

1. Cek ID Pelanggan PLN dengan Nama

Langkah untuk mengetahui nomor ID pelanggan selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan ID pelanggan PLN dengan menggunakan nama pemilik rekening listrik.

Cara ini bisa dilakukan dengan mendatangi kantor PLN secara langsung. Anda hanya perlu memberitahukan maksud Anda dan menyebutkan nama pemilik rekening saja, dan kemudian biasanya akan dimintai KTP dari pemilik rekening.

Setelah memberikan data petugas PLN akan memberikan informasi mengenai ID PLN anda. Cek id pelanggan pln prabayar atau pascabayar bisa kamu tanyakan langsung ke petugas.

2. Cara Cek ID Pelanggan PLN Online

Selain mengunjungi kantor PLN secara langsung, Anda juga bisa melakukan cek ID pelanggan PLN secara online di website PLN tersebut. Cara ini merupakan cara yang dianggap mudah karena tidak perlu pergi mengunjungi kantor PLN.

Kunjungi website resmi berikut : Virtual Assistant PLN 123

Selain itu anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi PLN yang harus di download terlebih dahulu. Dari aplikasi ini Anda akan bisa mengetahui nomor ID pelanggan lengkap dengan nama pemiliknya serta besarnya tagihan listrik yang harus dibayarkan.

3. Lihat di Karu Pelanggan PLN

Jika kamu ingin mengetaui id pln lihat saja pada kartu yang diberikan oleh PLN. Setiap pengguna listrik PLN pasti mendapatkan kartu identitas yang berisi informasi penting mengenai pelanggan, dikartu tersebut tercantum nomor meteran atau ID pelanggan PLN. Maka dari itu, kartu pelanggan PLN harus dijaga dengan baik.

4. Lihat pada Meteran Listrik

Cek ID PLN bisa Anda lakukan dengan melihat nomor ID yang tertera pada meteran listrik. Cara ini cara yang paling mudah untuk dilakukan. Biasanya nomor akan ditempel pada meteran saat pertama kali pemasangan meteran. Namun sayangnya karena nomor ID tersebut hanyalah sebuah kertas yang ditempelkan, maka tak heran jika nomor tersebut tidak akan bisa bertahan lama akibat terpapar sinar matahari ataupun mengelupas.

5. Melalui Struk Pembayaran

Struk pembayaran ini bisa Anda miliki saat Anda melakukan pembayaran di kantor PLN secara langsung maupun kepada petugas PLN yang mendatangi rumah Anda langsung. Nomor ID pelanggan ini bisa ditemukan pada struk pembayaran tersebut yaitu di bagian pojok kiri atas.

Selain menemukannya pada struk pembayaran secara langsung, Anda juga bisa melihatnya melalui e-commerce yang pernah digunakan untuk transaksi. Pengecekan ID pelanggan melalui e-commerce ini bisa dilakukan kapan saja.

6. Hubungi Customer Service PLN

Cara cek ID pelanggan PLN selanjutnya adalah dengan cara menghubungi customer service PLN. Untuk menggunakan cara ini pastikan terlebih dulu Anda memiliki nomor kontak customer service PLN. customer service PLN ini bisa dihubungi melalui berbagai media seperti dengan via telepon, whatsapp, Email, dan bahkan melalui media sosial PLN.

  • Telp : 123
  • Email : pln123@pln.co.id

Fungsi ID Pelanggan PLN

ID pelanggan PLN ini memiliki fungsi yang sangat besar dalam melakukan transaksi listrik. Jika diumpamakan maka perannya akan sangat mirip dengan nomor telepon yang Anda miliki. Semua transaksi yang berkaitan dengan listrik hanya akan bisa dilakukan dengan menggunakan ID pelanggan ini.

Untuk lebih jelas mengenai manfaat dari ID pelanggan PLN ini, berikut sedikit penjelasannya.

  • Untuk Membeli Token Listrik
  • Cara pengisian listrik yang paling praktis adalah melalui sebuah aplikasi online, tapi tanpa mengetahui ID pelanggan ini Anda tidak akan bisa membeli token listrik baik melalui aplikasi online maupun di tempat pengisian pulsa token lainnya.

  • Untuk Membayar Listrik Bulanan
  • Tagihan listrik adalah tanggungan yang harus dibayar tiap bulannya untuk mempermudah kebutuhan listrik sehari-hari. Jika tidak tidak dibayar sampai berbulan-bulan, maka saluran listrik akan diputus.

    Dan dalam melakukan pembayaran secara online, ID pelanggan PLN ini harus dimasukkan sebagai syarat transaksi. Lain halnya jika Anda membayar listrik di kantor PLN secara langsung, mungkin nomor ID pelanggan ini akan jarang digunakan.

  • Untuk Potongan Pembayaran Listrik
  • Bagi masyarakat yang memakai listrik dengan daya yang telah ditentukan oleh pemerintah, biasanya akan mendapatkan sebuah potongan ataupun bantuan listrik gratis. Dan salah satu syarat yang harus diisi adalah nomor ID pelanggan PLN. Tanpa nomor ini Anda tidak akan bisa Log in dan mendaftar sebagai calon penerima subsidi listrik dengan daya tertentu tersebut.

Akhir Kata

Itulah tutorial cara cek ID Pelanggan PLN yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Meski jarang digunakan, tapi kenyataannya anda akan sangat membutuhkan 12 digit nomor unik ini. Mengingat betapa pentingnya nomor ID pelanggan PLN ini, seharusnya anda tidak ceroboh dalam menyimpannya, sehingga anda tidak perlu kesulitan untuk melakukan cek ID pelanggan PLN.

Posting Komentar untuk "Cara Cek ID Pelanggan PLN Prabayar dan Pascabayar"