Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Melihat Nomor Token Listrik di Meteran

cara melihat no token listrik

Di jaman serba online seperti sekarang ini kamu bisa mengisi daya listrik melalui token listrik, meski sudah terbilang praktis tapi masih ada yang bingung cara melihat nomor token listrik, meteran listrik yang sudah menggunakan token memang cukup berbeda dengan meteran jaman dulu, apa yang menjadi pembeda meteran listrik jaman sekarang?

Listrik Prabayar dan Listrik Pascabayar

Listrik menjadi kebutuhan yang penting bagi setiap orang, hampir semua kegiatan saat ini membutuhkan listrik terlebih teknologi juga terus mengalami perkembangan, dengan perkembangan teknologi tersebut sudah pasti turut mempengaruhi kebiasaan di masyarakat.

Saat ini masyarakat cukup tergantung dengan teknologi, oleh karena itu teknologi dan listrik tidak bisa dipisahkan, kamu perlu memikirkan besarnya daya yang dikeluarkan untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik yang ada di rumah, agar tetap bisa memenuhi kebutuhan listrik saatnya kamu menentukan menggunakan layanan listrik prabayar atau pascabayar, namun tahukah kamu perbedaan antara kedua layanan tersebut?

Meski seperti terlihat sama nyatanya kedua layanan tersebut mempunyai perbedaan, sesuai dengan namanya layanan listrik pascabayar berarti kamu berkewajiban membayar tagihan setiap bulannya, layanan pascabayar telah hadir di Indonesia kurang lebih sejak tahun 1961, bisa kamu bebas menggunakan listrik sesuai dengan besaran daya yang telah digunakan.

Biasanya tagihan pembayaran listrik pascabayar maksimal setiap tanggal 20, jika kamu terlambat melakukan pembayaran maka akan dikenai denda bahkan bagi yang tidak bisa membayar akan dilakukan pemutusan jaringan, mungkin saat menggunakan listrik tanpa kontrol bisa mengakibatkan biaya listrik membengkak dari biasanya, hal tersebut yang membuat tagihan listrik membengkak dan tidak jarang membuat pelanggan mengalami kendala saat waktu jatuh tempo.

Berbeda halnya dengan layanan listrik prabayar, sesuai dengan namanya kamu perlu membayar sebelum penggunaan, agar bisa menggunakan listrik dengan layanan prabayar kamu harus membeli voucher pulsa atau beli token listrik terlebih dahulu, besaran token berpengaruh pada penggunaan listrik, seperti misalnya saat kamu membeli token dengan nominal Rp 200.000 maka kamu hanya bisa menggunakan listrik sebatas besaran nominal tersebut.

Lantas bagaimana jika token habis? Tentu saja kamu harus isi token listrik kembali karena listrik otomatis akan mati, biasanya meteran listrik prabayar ini akan mengeluarkan bunyi yang menandakan jumlah token terbatas, terlebih lagi kamu harus rutin memeriksa token listrik untuk menghindari listrik mati, saat listrik mati sekitar pukul 23.00-02.00 kamu tidak bisa mengaktifkannya karena listrik baru bisa diaktifkan setelah jam 02.00.

Bagi sebagian orang menggunakan layanan listrik prabayar dinilai lebih terkontrol daripada menggunakan layanan pascabayar, dengan cara melihat nomor token listrik layanan prabayar kamu bisa menyesuaikannya dengan anggaran bulanan, selain itu kamu tidak perlu takut terkena denda keterlambatan, karena layanan prabayar menggunakan voucher maka kamu tidak akan dikenai denda dan pemutusan jaringan.

Cara Melihat Nomor Token Listrik di Meteran

Untuk mengaktifkan listrik dari meteran prabayar kamu perlu melihat nomor token listrik PLN, kemudian isi pulsa listrik dengan nominal Rp 20.000 hingga Rp 1.000.000.

Mengisi token listrik bisa kamu lakukan melalui kantor PLN atau bank-bank yang bekerjasama dengan PLN, selain bank kamu juga bisa melakukan pengisian token listrik di minimarket atau menggunakan e-wallet.

Bagaimana cara melihat nomor token listrik di meteran?

Cobalah melihat box meteran prabayar yang terpasang di rumah kamu, nomor berada dibagian atas layar LCD atau diatas barcode meteran dan terdiri dari 11 hingga 12 digit, jangan lupa untuk mencatatnya kemudian simpan dalam ponsel untuk memudahkan saat pengisian token.

Bagaimana jika nomor token listrik hilang?

Cara melihat nomor token listrik yang hilang tidaklah sulit yaitu cukup menghubungi call center PLN dengan nomor 123, sebelum menekan nomor tersebut awali dengan kode area tempat kamu tinggal, setelah itu lanjutkan permasalahan kamu pada pihak PLN.

Atau kamu juga bisa mengecek langsung melalui aplikasi PNL Mobile dan website resmi PLN, yakni https://web.pln.co.id/.

Akhir Kata

Semoga penjelasan singkat mengenai layanan listrik prabayar pascabayar dan cara melihat nomor token listrik cukup membantu kamu yang masih bingung, untuk mempermudah kamu dalam melakukan pengisian token cobalah membelinya secara online.

Dan bagi kamu yang berniat menggunakan layanan prabayar kamu harus menghubungi PLN untuk melakukan pendaftaran, setelah melakukan pendaftaran PLN akan datang ke tempat kamu dan memasang meteran prabayar, dalam meteran prabayar tercantum ID pelanggan serta penggunaan dayanya.

Posting Komentar untuk "Cara Melihat Nomor Token Listrik di Meteran"