Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Cek Riwayat Token Listrik Online dan Offline

cara cek riwayat token listrik prabayar

Cek Riwayat Token Listrik - Bagi sebagian orang perlu untuk mengetahui maupun mencatat daftar pengeluaran bulanan yang dikeluarkan, baik dari segi kebutuhan primer sampai sekunder hal ini juga biasa disebut dengan alokasi dana.

Penggunaan listrik menjadi salah satu kebutuhan yang bisa dibilang sangat diperlukan, dalam aktivitas sehari-hari listrik menjadi kebutuhan utama baik itu untuk penerangan, charge smartphone, dan masih banyak kegunaan lainnya.

Dalam hal ini masih banyak sebagian orang yang belum mengetahui cara cek riwayat token listrik padahal caranya juga tergolong cukup mudah. Pengecekan riwayat pembelian tidak hanya berguna untuk keperluan alokasi dana namun bisa sebagai bukti validasi pembelian dan pemakaian listrik PLN di rumah kamu.

Cara Cek Riwayat Token Listrik Online dan Offline

Ada lebih dari satu cara untuk melihat riwayat pembelian token listrik yang sudah kamu beli, kamu bisa melakukannya secara online maupun datang langsung ke kantor PLN, bagi kamu yang masih bingung bagaimana caranya silahkan simak informasi berikut.

1. Cek Riwayat Token Listrik Online

Untuk menggunakan layanan ini kamu hanya membutuhkan sambungan jaringan internet, di website resmi PLN ini kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi secara online kapan saja dan dimana saja, ini dia cara cek riwayat pembelian token listrik di website resmi PLN.

  1. Buka browser yang ada di smartphone kamu.
  2. Kunjungi tautan berikut untuk memasuki website resmi PLN https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik.
  3. Login atau daftar terlebih dahulu agar bisa akses ftiur cek riwayat pengisian token listrik.
  4. Lalu masukan ID Pelanggan kamu pada kolom yang sudah disediakan.
  5. Anda sudah bisa melihat daftar riwayat pembelian token yang sudah kamu beli.

2. Cek Riwayat Token Listrik di Aplikasi PLN

Cara selanjutnya adalah melalui aplikasi PLN yang sudah bisa diakses bagi semua jenis smartphone baik android maupun IOS, cara ini juga bisa dibilang cara yang cukup efektif dan mudah.

Di aplikasi PLN ini kamu juga tidak perlu membuat akun untuk mengaksesnya, berikut cara untuk mengecek riwayat token listrik melalui aplikasi PLN.

  1. Pertama install aplikasi PLN Mobile di smartphone kamu melalui google play store ataupun app store yang ada di smartphone kamu.
  2. Selanjutnya buka aplikasi PLN Mobile yang sudah selesai di install, lalu login menggunakan akun jika kamu mempunyainya, namun kamu juga bisa masuk tanpa menggunakan akun.
  3. Setelah berhasil memasuki aplikasi, pilih menu informasi di bagian atas.
  4. Lalu pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik pada pilihan paling atas.
  5. Kemudian masukan Nomor Meter atau ID pelanggan kamu pada kolom bar yang muncul, lalu klik "Cek Tagihan".
  6. Kamu sudah bisa melihat riwayat token listrik kamu yang terakhir.

3. Mengirim Email ke PLN

Anda juga bisa mendapatkan layanan customer service dari PLN melalui surat elektronik (surel) dengan mengirimkan pesan lewat email ke Pln123@pln.co.id kamu bisa menanyakan riwayat token listrik ataupun informasi lainnya.

Namun kamu perlu sedikit bersabar karena email yang kamu kirimkan belum tentu langsung dibalas oleh pihak customer service PLN.

4. Telpon Call Center PLN

Selain mengunjungi kantor PLN secara langsung kamu juga bisa menelepon pihak customer service dari PLN. Pastikan kamu memiliki kuota pulsa yang cukup untuk menelepon, karena layanan telepon ini tidak gratis.

Anda bisa menghubungi call center PLN dengan melakukan panggilan di nomor 123, setelah itu kamu akan terhubung dengan customer service PLN dan ikuti arahan untuk mendapatkan informasinya.

5. Datang ke Kantor PLN Terdekat

Cara ini cukup simple dan gampang, namun kamu harus meluangkan waktu kamu untuk mendatangi kantor PLN terdekat di daerah anda, ada beberapa berkas atau dokumen yang harus kamu bawa saat mengunjungi kantor PLN.

Anda perlu menyiapkan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu PLN, setelah itu kamu bisa menanyakan keperluan kamu untuk mengcek riwayat token listrik kepada petugas atau karyawan yang ada di sana.

Akhir Kata

Bagaimana cukup mudah bukan cara untuk cek riwayat token listrik kamu bisa melakukannya baik secara offline maupun secara online, tunggu apalagi segera cek dan pastikan riwayat token listrik anda, sekian informasinya semoga bermanfaat, dan terimakasih.

Posting Komentar untuk "5 Cara Cek Riwayat Token Listrik Online dan Offline"