Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menaikkan Battery Health iPhone X, XR, XS, 11, 12, 13

cara menaikkan battery health iphone

Cara Menaikkan Battery Health iPhone - Battery Health iPhone menjadi sebuah faktor penting karena iPhone memiliki fitur skor atau status kesehatan baterai. Seiring berjalannya penggunaan yang cukup lama baterai iPhone pasti akan mengalami penurunan.

Ketika penurunan baterai iPhone sudah dibawah angka 80% maka penggunaan daya baterai akan semakin cepat habis, pengisian baterai lebih cepat, iPhone cepat panas hingga daya baterai turun drastis secara tiba-tiba.

Lalu, apakah ada cara menaikkan battery health iPhone? Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

Apakah Battery Health iPhone Bisa Naik?

Sebelum ke pertanyaan cara menaikkan batteray health, kalian mungkin berpikir apakah battery health bisa naik?

Satu-satunya cara untuk menaikkan kesehatan baterai adalah dengan mengganti komponen baterai yang baru, dengan begitu status Battery Health iPhone akan kembali menjadi 100%.

Penurunan kesehatan baterai pada sebuah perangkat ponsel apapun akan terus terjadi selama penggunaan, dan itu sifatnya permanen. Sehingga tidak ada cara ataupun trik menaikkan battery health iPhone, kalaupun ada mungkin hanya statusnya saja.

Yang bisa kita lakukan untuk baterai iPhone adalah dengan menggunakannya dengan baik, maksudnya adalah menggunakan dan mengecas iPhone dengan benar sehingga penurunan baterai IPhone lebih lama.

Dari pengalaman saya menggunakan iPhone 7 Plus, battery health iPhone 100% turun ke angka 80% terjadi setelah pemakaian selamat waktu kurang lebih 2 tahun. Dengan catatan penggunaan normal dan menggunakan charger ori atau ata usudah bersertifikat MFi.

Cara Menaikkan Battery Health iPhone

Battery health iPhone sama dengan tipe android yang juga bisa menurun, tetapi jika Anda ingin memakainya ada cara menaikkan battery health iPhone dengan benar minimal menjadi awet atau stabil. Dengan begitu kinerja ponsel pun semakin baik. Untuk itu, perlu dilakukan beberapa hal dalam menjaga baterai iPhone seperti di bawah ini:

1. Pembaruan Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau software memang terkadang harus dilakukan pembaruan (update). Menggunakan iOS versi terbaru pastinya lebih optimal dalam penggunaan daya baterai, tidak heran jika setelah melakukan pembaruan iOS ke versi lebih baru membuat penggunaan baterai terasa lebih awet. Namun tidak menutup kemungkinan malah terjadi yang sebaliknya.

2. Lepas Casing Saat Mengisi Daya

Saat akan mengisi daya baterai, ada baiknya juga dengan melepas casing yang ada pada ponsel iPhone tersebut. Karena, penggunaan casing juga cukup berpengaruh untuk Anda yang sedang mengecas ponsel dan agak mengganggu. Apabila hal tersebut menjadi kendala dan mengganggu, maka membuat battery jadi cepat rusak. Oleh karena itu, cara menaikkan battery health iPhone juga bisa dengan melepas casing.

3. Hindari Suhu Tinggi

Berikutnya ada juga hal yang bisa membuat battery iPhone awet, yaitu menghindari suhu tinggi saat melakukan pengisian daya.baterai. Untuk iPhone, kisaran suhu ruangan yang memadai adalah 16 derajat celcius hingga 22 derajat celcius.

4. Jangan Dicas Penuh

Mungkin Anda akan bingung dan bertanya mengapa tidak boleh dicas penuh pada iPhone untuk bisa menerapkan cara menaikkan battery health iPhone. Tapi untuk kasus ini, maksudnya adalah jika ingin menyimpan iPhone dalam jangka waktu lama maka dianjurkan untuk mengecas penuh daya ponsel. Karena, jika diisi penuh bisa mengurangi kapasitas maksimalnya.

5. Gunakan Charger Asli

Mengisi daya baterai atau charge untuk ponsel tipe iPhone memang sangat dianjurkan dengan menggunakan charger aslinya. Karena, akan berpengaruh terhadap ketahanan baterai tersebut. Pada dasarnya juga berlaku untuk semua jenis ponsel termasuk tipe android, tapi lebih dikhususkan untuk ponsel berlogo apel ini. Karena, daya yang dialirkan jika tidak dengan charger asli tidak sesuai dengan kapasitas ponsel itu sendiri.

6. Matikan Bluetooth dan Layanan Lokasi

Untuk penghematan baterai ponsel, memang sudah seharusnya mematikan perangkat bluetooth atau layanan lokasi lainnya jika tidak dibutuhkan. Dengan begitu, battery pun akan menjadi awet. Karena penggunaan layanan dan fasilitas fitur seperti itu memang mempengaruhi ketahanan dari baterai.

7. Turunkan Kecerahan Layar

Baterai awet pun juga bisa berasal dari kecerahan layar pada ponsel, termasuk untuk tipe seri iPhone ini. karena, semakin terang cahaya yang digunakan baterai akan semakin boros sehingga membuat baterai tidak awet dan mudah bocor. Sesuaikan kecerahan layar dengan kebutuhan cahaya di sekitar Anda, jangan terlalu terang dan juga jangan redup yang bisa merusak mata.

8. Manfaatkan Optimize Battery Charging

Hal terakhir yang berpengaruh terhadap awet atau tidaknya baterai pada iPhone adalah pemanfaatan optimize battery charging itu sendiri. Artinya, setiap ponsel terutama untuk tipe iPhone memiliki fasilitas optimize charging yang memang bermanfaat untuk membuat baterai menjadi awet ketika mengisi daya.

Penyebab Battery Health iPhone Menurun

Jika Anda sudah mengetahui cara menaikkan battery health iPhone agar tetap awet, perlu diketahui juga penyebab mengapa battery tersebut bisa menurun/berkurang. Yaitu adalah karena:

  • Masa pakai baterai yang sudah lama
  • Terpapar suhu ekstream
  • Pengisian baterai yang buruk
  • Menggunakan iPhone ketika sedang cas
  • Tidak menggunakan charger asli
  • Siklus pengisian daya sudah melampaui 500 kali

Akhir Kata

Begitulah informasi seputar penyebab battery iPhone yang menurun dan beberapa cara menaikkan battery health iPhone secara benar, sehingga baterai bisa awet dan tidak mengalami kendala kebocoran atau yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menaikkan Battery Health iPhone X, XR, XS, 11, 12, 13"