Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengetahui No Kartu ATM BRI yang Hilang

cara mengetahui no kartu atm bri yang hilang

Ada beberapa item yang akan kamu dapatkan ketika pertama kali membuka rekening, khususnya di bank BRI. Adapun item tersebut yakni kartu ATM sebagai alat yang digunakan untuk melakukan tarik tunai dengan mesin ATM dan untuk melakukan pembayaran debit secara online.

Perlu diketahui bahwa untuk melakukan pembayaran debit online, seorang nasabah perlu menginput sejumlah 16 digit nomor kartu ATM BRI pada aplikasi marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan sejenisnya yang mendukung pembayaran sistem debit online.

Namun, apa jadinya jika kartu ATM tersebut hilang dan menyebabkan kamu kehilangan nomor kartu sebanya 16 digit tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada artikel ini kami akan menjabarkan bagaimana cara mengetahui no kartu ATM BRI yang hilang dengan cara yang sangat mudah.

Sebelum itu, perhatikan pembahasan singkat di bawah ini untuk menambah wawasan kamu tentang nomor seri kartu ATM BRI.

Apa Saja yang Ada di Kartu ATM BRI?

Elemen pertama yang ada di kartu ATM BRI adalah nama Bank BRI itu sendiri. Pada kartu ATM yang berwarna biru, nama Bank BRI terletak di bagian pojok kanan atas. Disana terletak gambar logo beserta nama Bank BRI.

Elemen kedua terdapat 16 digit angka yang menunjukkan angka ATM. 16 angka tersebut bukan merupakan nomor rekening ATM BRI. Namun, tetap saja 16 digit angka tersebut tidak boleh kamu berikan kepada orang lain karena angka tersebut juga termasuk sebuah data rahasia yang tidak boleh diketahui siapapun kecuali diri sendiri. Elemen inilah yang akan kita bahas dan kupas tuntas pada pembahasna setelah ini.

Elemen selanjutnya yang ketiga adalah Valid Thru, elemen tersebut menandakan tanda kedaluarsa pada kartu ATM. Angka yang tertera pada Valid Thru biasanya berupa bulan dan tahun. Jadi, misalnya Valid Thru kartu milikmu 8/25, maka berarti kartu tersebut akan kedaluarsa pada bulan Agustus tahun 2025.

Di beberapa kartu ATM BRI, tertera nama nasabah atau nama pemilik rekening. Namun, elemen ini hanya ada di beberapa kartu saja, alias tidak semua kartu ATM BRI memilikinya juga. Terakhir di bagian belakang terdapat pita hitam dan 3 buah digit kode CVV.

Cara Mengetahui No Kartu ATM BRI yang Hilang

Disini saya akan membagikan 2 cara mengetahui nomor kartu ATM BRI yang dengan mudah dan cepat. Cara yang pertama bisa kamu lakukan dari HP dan cara yang kedua adalah cara terakhir, yaitu dengan datang ke kantor BRI. Oke langsung saja simak penjelasan dan caranya di bawah ini.

Menggunakan Internet Banking BRI

Untuk cara yang pertama menggunakan Internet Banking BRI, jadi pastikan kamu sudah mendaftar Internet Banking sebelum kehilangan kartu ATM BRI. Adapun cara untuk mengetahui no kartu ATM BRI nya adalah sebagai berikut.

  1. Login menggunakan akun kamu ke internet banking BRI pada link berikut https://ib.bri.co.id/ib-bri/.
  2. Di bagian halaman Beranda, klik tiga garis yang terletak di bagian kiri pojok atas.
  3. Pilih menu Rekening.
  4. Klik menu Mutasi Rekening.
  5. Kemudian pilih Dari Rekening.
  6. Lalu pilih Tampilkan.
  7. Terakhir, carilah transaksi penarikan tunai ATM yang bisa menunjukkan nomor kartu ATM BRI.

Datang Langsung ke Kantor BRI

Jika ternyata cara pertama tidak bisa digunakan, tandanya mau tidak mau kamu harus datang langsung ke kantor BRI terdekat untuk mendapatkan kartu ATM yang baru. Datangi bagian CS, lalu laporkan bahwa kamu kehilangan kartu ATM dan inging mengetahui no kartu atm bri 16 digit yang hilang.

Katakan juga kamu akan memblokir kartu ATM sebelumnya saat mengganti ke kartu ATM baru. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga keamanan kartu dan rekening kamu nantinya.

Akhir Kata

Demikian sekilas informasi singkat yang dapat kami sampaikan terkait bagaimana cara mengetahui no kartu ATM BRI yang hilang. Terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan, pilihlah cara mana yang menurut kamu paling mudah untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui No Kartu ATM BRI yang Hilang"