Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Nomor Referensi BRI : Penjelasan, Cara Cek dan Fungsinya

nomor referensi bri

Apakah anda tahu apa itu nomor referensi BRI? Atau anda pernah mendengar istilah untuk nomor yang satu ini? Bagi anda yang merupakan nasabah setia BRI, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini.

Nah bagi yang belum tau mengenai no referensi bank BRI silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Tentang Nomor Referensi BRI

Beberapa diantara pengguna baru pasti banyak yang belum tau nomor referensi BRI itu apa?

Jadi, secara singkat sebenarnya nomor referensi BRI adalah sebuah kode unik yang bentuknya angka dimana kode itu sudah dibuat oleh nasabah sebagai suatu tanda jika nasabah itu sudah melakukan sebuah transaksi.

Nomor referensi ini terdiri dari 3 angka unik yang dibuat sendiri sebagai identitas melakukan transaksi, contohnya 115, 443, 567 dan lainnya. Hal ini berbeda dengan kode bank transfer BRI yang menggunakan 3 angka unik yaitu 002.

Biasanya anda akan diminta untuk memasukkan nomor referensi saat anda melakukan transfer melalui ATM dan aplikasi internet banking milik BRI atau biasa disebut dengan BRImo. Pengisian no referensi ini tidak diwajibkan alias boleh dikosongkan (kecuali nomor referensi nasabah di internet banking).

Nomor referensi bank juga bisa digunakan untuk memudahkan kita melakukan pelacakan pada sebuah transaksi finansial, oleh karena no referensi ini cukup penting untuk diketahui dan disimpan karena suatu saat akan dibutuhkan.

Sehingga nomor referensi ini ternyata memiliki kegunaan yang sangat penting apalagi di era sekarang ini yang serba praktis maka internet banking sudah banyak digunakan dan dimanfaatkan.

Contoh Nomor Referensi Transkasi BRI

Agar lebih mudah dipahami mengenai nomor referensi pada transaksi bank BRI, berikut ini saya sertakan gambar history transfer BRI ke bank lain.

contoh nomor referensi transkasi bri

Cara Cek Nomor Referensi BRI

No refrensi BRI bisa kita masukkan saat ingin melakukan transfer melalui ATM atau internet banking. No referensi juga bisa dilihat setelah transaksi sudah berhasil dilakukan, nasabah bisa mengeceknya di riwayat transaski.

Berikut langkah-langkah cara cek no referensi BRI:

  1. Kunjungi situs internet banking BRI di https://ib.bri.co.id/ib-bri/.
  2. Login dengan memasukkan user ID, password serta nomor validation yang terlihat disamping.
  3. Jika sudah benar klik MASUK.
  4. Klik menu tiga garis yang berada di pojok kiri atas.
  5. Pilih menu Rekening
  6. Lalu pilih menu Transaksi.
  7. Tentukan periode transaksi yang ingin anda lihat.
  8. Akan muncul beberapa riwayat transaksi, silahkan pilih satu transaksi yang ingin diketahui.
  9. Nantinya akan muncul detail transaksi tersebut, termasuk nomor referensi transfer BRI.

Fungsi Nomor Referensi BRI

Lalu, apa saja fungsi atau kegunaan dari nomor referensi itu? Di bawah ini akan ada penjelasan lengkapnya.

1. Tanda jika anda sudah menyelesaikan suatu transaksi

Kegunaan pertama dari no referensi BRI adalah sebagai suatu tanda jika anda sudah menyelesaikan suatu transaksi. Misalnya anda baru saja melakukan transfer ke sesama BRI atau rekening dari bank lain melalui aplikasi internet banking milik BRI yaitu BRImo, maka nanti anda akan diminta untuk memasukkan nomor referensi tersebut.

Contoh yang lain yaitu saat anda sudah melakukan transfer lalu beberapa hari kemudian anda dengan tidak sengaja menghilangkan bukti transfer atau struk dari transfer yang sudah anda lakukan itu, maka anda tidak perlu khawatir dan bingung harus bagaimana karena anda bisa mengatasinya.

Caranya yaitu dengan meminta bantuan ke customer service bank BRI untuk mengirimkan nomor referensi bank anda. Nah, dari nomor referensi itu nanti anda akan mendapatkan detail transaksi yang sudah anda lakukan. Selain itu, ternyata dengan itu bukan hanya memberi kemudahan bagi anda saja tapi juga bisa memudahkan para customer service juga.

2. Sebagai proteksi tambahan dan keamanan mengenai transaksi yang anda lakukan

Kegunaan yang kedua dari nomor referensi BRI adalah bisa menjadi proteksi tambahan dan juga bisa menjadi pelindung keamanan untuk mem-back up transaksi yang sudah anda lakukan, baik dari internet banking maupun secara langsung lewat ATM.

Setiap anda melakukan sebuah transaksi seperti penarikan tunai, transfer, setor tunai, dna transaksi lain, maka aktivitas yang anda lakukan itu akan terekam. Sehingga hal itu bisa menjadi proteksi tambahan yang anda lakukan secara tidak langsung dengan adanya no referensi BRI yang anda miliki.

Apabila ada transaksi yang anda ragu kebenaran informasinya atau anda lupa, maka anda bisa mengecek Kembali transaksi yang anda inginkan itu dengan mengecek Kembali no referensi BRI anda dan ditanyakan ke customer service bank BRI setempat.

Dengan begitu anda bisa mengecek lagi validasi data dari transaksi yang anda inginkan. Perlu anda ketahui juga jika nomor referensi ini berbeda- beda di setiap bank, sehingga anda tidak perlu khawatir bagaimana jika suatu saat ditemukan nomor referensi yang sama.

Jadi, dengan adanya proteksi tersebut, anda sangat wajib untuk mengisi dan memiliki nomor referensi tersebut agar ke depannya jika ada hal- hal yang tidak diinginkan terkait dengan transaksi anda, anda bisa mengatasi hal tersebut dengan cepat dan tepat.

Akhir Kata

Di atas adalah informasi dan penjelasan secara lengkap tentang nomor referensi BRI, contoh no referensi bank BRI ke bank lain, fungsi serta cara mengecek nomor referensi-nya. Setelah membaca pembahasan diatas sekarang anda tahu pentingnya mengingat nomor itu dan wajib menyimpannya.

Posting Komentar untuk "Nomor Referensi BRI : Penjelasan, Cara Cek dan Fungsinya"