Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Surat PIN Google Adsense dan Cara Mendapatkannya

surat pin google adsense

Hallo guys, udah lama ga nulis artikel perjalanan ngeblog di verhan.id. Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang surat Google Adsense serta bagaimana cara saya mendapatkan surat Adsense sampai rumah.

Surat Adsense berisi PIN ini sangat penting bagi publisher Adsense, baik itu publisher AdbMob, Blogger dan juga YouTuber. Untuk mencairkan uang ke rekening, mereka harus mendapatkan surat Adsense terlebih dahulu. Sebenarnya ada opsi lain sih dengan KTP, tapi itu butuh waktu 3 bulan lebih.

Oleh sebab itu, disini saya berbagi pengalaman agar kamu tahu cara mendapatkan surat Google Adsense dengan cepat. Bagiaman, sudah tidak sabar? heheee..

Oh iya sebelumnya mau ngasih tau juga, saat ini saya membuka Jasa Pembuatan Blog Adsense. Kalau mau tau infonya langsung saja klik link yang itu.

Nah sekarang mari kita bahas tuntas mengenai surat Google Adsense ini.

Apa itu Surat Google Adsense

Surat Google Adsense adalah sebuah surat kertas yang didalamnya berisi PIN berjumlah 6 angka. Surat tersebut akan dikirimkan ke alamat rumah publihser Adsense sesuai dengan informasi yang ditulis pada profil pembayaran.

Fungsi surat PIN Google Adsense yaitu untuk memverifikasi kepemilikan akun Google Adsense. Dengan memverikasi akun Adsense, kamu bisa mencairkan hasil pendapatan setiap bulan tgl 22 jika saldo Adsense sudah mencapai batas ambang pembayaran, yakni $100.

Adapaun batas maksimal melakukan verifikasi PIN Adsense adalah 3 kali, jika sudah melakukan 3 kali namun masih gagal maka Adsense tidak lagi menayangkan iklan di blog atau platform penayangan iklan Adsense lainnya.

Cara Mendapatkan PIN Google Adsense

Untuk mendapatkan surat dari Adsense, kamu harus daftar menjadi publisher Adsense.

Bisa dari AdMob, membuat aplikasi dan menguploadnya ke Play Store, menjadi Blogger dengan membuat blog dan menulis artikel yang mendapatkan traffik tinggi atau menjadi Youtuber dengan mengupload video di YouTube.

Apakah kamu sudah mengetahui kapan pin Google Adsense dikirim?

Google Adsense akan mengirimkan surat kepada publihser setelah saldo pada akun Adsense nya mencapai nilai minimun verifikasi, yakni $10. Setelah saldo mencapai $10 maka secara otomatis pihak Adsense akan mengirimkan surat ke alamat rumah kamu.

Begitu saja cara mendapatkannya! Sangat mudah, kamu cukup menunggu. Namun kamu akan lama menunggu jika ada masalah pengiriman, entah itu dari kurir, alamat tujuan atau hal lainnya.

Cara Request PIN Google Adsense

Sebelum kamu meminta PIN pengganti, sebaiknya ubah terlebih dahulu nama dan alamat pengiriman yang lebih jelas dan mudah dikenal. Jangan gunakan nama samaran yang tidak dikenal oleh lingkungan sekitar, itu menyusahkan kurir.

Berikut langkah-langkah cara kirim ulang PIN Google Adsense:

  1. Login terlebih dahulu ke Google Adsense.
  2. Buka halaman verifikasi PIN, kemudian cari opsi "Tampilkan lebih banyak".
  3. Nantinya akan ada kartu perintah "Kirim ulang PIN", klik opsi tersebut maka Adsense akan mengirimkan PIN baru ke alamat rumah melalui pos.

Kenapa Surat Google Adsense tidak sampai?

Oke disini saya mau berbagi penyebab surat dari Adsense tidak sampai kerumah, tentunya sesuai dengan pengalaman pribadi saya.

Yang pertama yaitu nama dan alamat tujuan yang kurang jelas. Kurir dari pos tidak akan mengirimkan surat Adsense yang alamat tujuannya kurang jelas. Penulisan alamat yang benar agar surat Google Adsense dikirim dan cepat sampai rumah, samain aja seperti yang tertlis di KTP, kemudian tambahkan alamat jalan.

Kedua, kurir tidak mau mengirim surat Adsense. Ini terjadi dibeberapa daerah, banyak sekali petugas atau kurir tidak mau mengirimkan surat Google Adsense. Entah apa alasannya, mungkin karna tidak ada nomor resi pengiriman atau jangan-jangan mereka berpikir surat ini benar-benar tidak penting. Sialan.

Sepengalaman saya itu aja sih penyebab PIN Adsense tidak sampai ke rumah. Kalau kurir salah kirim atau diterima sama orang yang salah, itu bukan kesalahan yang bisa perbaiki oleh kita. Jadi ya itu saja.

Berapa lama PIN Google Adsense dikirim hingga sampai ke rumah?

Sebelumnya, apakah kamu tahu Surat PIN Google Adsense dikirim dari mana? Kalau Surat Adsense yang saya terima itu dikirim dari negara Malaysia. Surat tersebut dikirim melalui jasa pengiriman pos Indonesia.

Sesuai aturan resmi dari Google bahwa pin google adsense akan dikirim setelah pemilik akun melakukan request pin dari halaman akun Adsense, adapun estimasi pengirimannya adalah 2-4 minggu.

Jika surat google adsense tidak sampai dalam waktu 1 bulan maka kamu bisa request PIN Google Adsense yang ke 2, dan jika pin ke 2 dalam waktu 1 bulan tidak sampai juga maka request lagi pin ke 3. Jumlah maksimum request PIN Adsense adalah 3 kali.

Ambil Surat Google Adsense di Kantor POS

Usaha terkahir yang saya lakukan untuk mendapatkan PIN Adsense yaitu dengan mengambil surat ke kantor pos terdekat.

Sebelum berangkat, saya mencari tahu jam operasional kantor pos buka dan tutup sampai jam berapa. Cek informasinya di Google Maps. Kemudian saya berangkat ke kantor pos sekitar jam 08.00 WIB.

Setelah sampai di kantor pos, saya langsung berbicara ke petugas bahwa saya ingin mencari dan mengambil surat Adsense jika ada. Tanpa banyak bicara sepertinya petugas ini sudah paham.

Kemudian saya dibawa oleh petugas ke gudang paket dan dokumen, saya melihat banyak sekali tumpukan surat Adsense yang belum dikirim. Ada kertas yang keadaannya masih berwarna putih (masih baru) dan ada juga yang sudah kotor berwarna kecoklatan (udah lama banget pasti).

Nanti petugasnya nanya mau ambil surat Adsense atas nama siapa, saya kasih tau nama serta KTP untuk memastikan saya tidak berbohong. Kalau gak pake KTP mungkin bisa juga pake 1 lembar halaman verifikasi PIN, di halaman itu ada informasi nama dan alamat yang sama dengan surat, nah itu print aja.

Akhirnya, setelah sekian lama menunggu dengan sabar dan cemas, saya mendapatkan surat tersebut. Berikut adalah foto ketika saya mengambil surat Adsense di kantor pos.

mendapatkan surat google adsense di kantor post

Sudah request PIN Adsense 3 kali tapi tidak sampai, apa yang harus dilakukan?

Adsense memberikan 3 kesempatan untuk melakukan meminta surat PIN Adsense, jika 3 kesempatan tidak mendapatkannya maka pihak Adsense akan memberikan pemberitahuan di dashbord akun Adsense kamu.

Inti dari isi pemberitahuannya adalah pihak Adsense memberikan pilihan lain untuk melakukan verifikasi akun, yakni dengan cara verifikasi akun Adsense dengan KTP (atau kartu identitas lainnya).

Wajib diperhatikan! Ketika kamu akan melakukan verifikasi adsense dengan KTP, pastikan identitas dan data akun Adsense nya harus sama. KTP yang akan digunakan juga harus masih berlaku, karena Adsense tidak akan menerima KTP yang sudah kadaluarsa.

Untuk cara melakukan verifikasi Adsense dengan KTP mungkin akan saya buat di artikel yang berbeda, karna jika dibahas disini akan terlalu panjang. Semoga ada kesempatan ya.

Contoh Gambar Surat Google Adsense

Bagi pemula yang baru pertama kalinya request PIN Google Adsense pasti belum tau seperti apa sih gambar surat google adsense itu? Berikut adalah contoh surat Google Adsense yang saya jepret menggunakan kamera hp.

gambar surat pin adsense bagian depan
gambar surat pin adsense bagian belakang

Cara Melihat Nomor (PIN) Surat Google Adsense

Untuk melihat kode pin dari surat google adsense mudah saja, kamu harus merobek kertas pada bagian sisi atas dan sisi bawah. Dikerta sudah dibuat jalur untuk merobeknya kok jadi akan mudah untuk merobek kertas tersebut.

Jika sudah dirobek surat bisa dibuka seperti saat kamu membuka sebuah buku. Nah didalamnya terdapat informasi nomor pin Adsense dan tutorial cara melakukan verifikasi akun Adsense kamu.

gambar surat pin adsense bagian dalam

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai surat pin google adsense yang bisa saya jelaskan serta sedikit cerita pengalaman saya request hingga mendapatkan surat google adsense di kantor pos terdekat.

Semoga artikel ini membantu kalian yang baru memulai menjadi publisher adsense dari blog ataupun YouTube. Jika ada hal yang belum dimengerti atau ada pertanyaan yang ingin disampaikan, silahkan berkomentar di kolom yang tersedia di bawah, terimakasih.

5 komentar untuk "Surat PIN Google Adsense dan Cara Mendapatkannya"

  1. Kenapa akun googel adsense saya di tanggukan mohon di aktif kan lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan wewenang saya untuk menagguhkan akun Adsense. Itu dari pihak Google Adsense nya langsung.

      Hapus
  2. Kapan surat pin google adsense saya di kirimkan

    BalasHapus
  3. Di kirim pin google adsense saya atau tidak mohon di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. PIN Google adsense akan dikirim secara otomatis jika penghasilan atau saldo di Adsense sudah mencapai $10.

      Hapus