Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jam Operasional TransJakarta Terbaru 2023

jam operasional transjakarta

Diberlakukannya PPKM selama pandemic membuat beberapa sektor transportasi harus pandai-pandai mengatur jadwal beroperasinya. Salah satunya adalah transportasi TransJakarta yang juga harus menyesuaikan jadwal operasinya dengan kondisi saat ini. Jam operasional TransJakarta beberapa kali mengalami perubahan, terlebih lagi di masa pandemi.

Lonjakan kasus Covid-19 yang sering naik turun membuat pihak TransJakarta mau tidak mau beberapa kali merubah jam operasionalnya.

Oleh karena itu, tak heran apabila jam operasional TransJakarta bisa berubah di hari-hari tertentu. Untuk mengenal lebih dekat dengan profil dan jam operasional TransJakarta, simak penjabaran lebih lengkapnya di bawah ini dengan baik.

Tentang TransJakarta

Transjakarta merupakan sebuah sistem transportasi BRT atau Bus Rapid Transit pertama yang hadir di Asia Tenggara maupun Asia Selatan. Transjakarta ini telah beroperasi sejak tahun 2004 tepatnya di kota Jakarta, Indonesia, sesuai dengan namanya.

Transjakarta sendiri dibuat sebagai moda transportasi massal yang membantu mendukung aktivitas di Ibukota yang sangat padat.

Pasti kamu sudah mengenal bagaimana padatnya kemacetan yang terjadi di kota Jakarta, bukan? Karena macet berkepanjangan itulah mengapa banyak transportasi umum dimajukan.

Salah satu bentuk transportasi umum yang sering digunakan di daerah Jakarta yakni Transjakarta. Hingga saat ini, jalur Transjakarta telah mencapai 251.2 km lintasan. Sedangkan terdapat 260 halte dan 13 koridor yang tersebar.

Jadwal Jam Operasional TransJakarta

Per 2 September kemarin, jam operasional Transjakarta kembali mengalami perubahan jadwal. Melalui siaran pers, Johnny mengatakan bahwa, Transjakarta akan melayani kebutuhan masyarakat mulai dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

Lanjutnya, dia juga mengatakan bahwa, layanan nakes atau kesehatan medis mulai beroperasi mulai pukul setengah sepuluh malam hingga setengah sebelas malam.

Kebijakan perubahan jam operasional Transjakarta itu juga dipicu karena kondisi PPKM yang diperpanjang dengan peraturan yang sedikit dilonggarkan. Oleh karena itu, pihak Transjakarta juga berusaha untuk menyesuaikan jam operasionalnya dengan kondisi tersebut.

Syarat / Kebijakan Naik TransJakarta

Kebijakan Transjakarta sama dengan alat transportasi lainnya, yakni mengalami perubahaan seperti munculnya kebijakan baru dan penambahan kebijakan.

Jhony pada siaran pers kemarin berkata bahwa untuk masyarakat yang ingin menggunakan layanan Transjakarta harus menunjukkan bukti vaksinasi melalui kartu vaksinasi cetak maupun dari scan barcode di aplikasi PeduliLindungi.

Keunggulan TransJakarta Sebagai Alat Transportasi Umum

Sebagai alat transportasi umum, Transjakarta menjadi salah satu kendaraan transportasi yang cukup diminati banyak orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan Transjakarta memiliki beberapa keunggulan yang menjadi ciri khasnya sendiri.

Apa saja keunggulan Transjakarta tersebut? Simak penjelasan di bawah ini:

  1. Lebih nyaman karena sebagai transportasi umum yang memiliki fitur-fitur menyenangkan.
  2. Lebih cepat sampai tujuan karena tidak perlu melewati kemacetan berkepanjangan.
  3. Aman karena tidak perlu takut mengalami kecelakaan antar sesame pengemudi.
  4. Memiliki AC yang bisa membuat para penumpangnya menjadi lebih betah.
  5. Terakhir, biaya yang dikeluarkan lebih hemat daripada harus keluar biaya bensin da melewati kemacetan panjang.

Akhir Kata

Demikian informasi singkat terkait dengan Transjakarta, mulai dari pengertian atau profil hingga jam operasional Transjakarta serta kebijakan yang berlaku.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa walaupun mengalami perubahan jam operasional Transjakarta, alat transportasi ini tetap mau menyesuaikan sistemnya dengan memunculkan kebijakan baru. Hal tersebut semata-mata untuk membantu melayani kebutuhan masyarakat terkait kemacetan.

Posting Komentar untuk "Jam Operasional TransJakarta Terbaru 2023"