Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jam Operasioal MRT Jakarta Terbaru 2023

jam operasional mrt jakarta terbaru

Di tengah pandemi seperti saat ini, beberapa pihak seperti MRT Jakarta memperbarui jam operasionalnya. Jam operasional MRT Jakarta memang sering berubah. Hal tersebut memang wajar saja terjadi karena menyesuaikan dengan kondisi.

Oleh karena itu, tak heran apabila orang-orang terus mengecek update terbaru dari jadwal jam operasional MRT ini. Sebelum membahas inti dari jam operasional MRT tersebut, ada baiknya kamu tahu tentang apa itu MRT.

Tentang MRT Jakarta

MRT Jakarta merupakan sebuah singkatan dari Moda Raya Terpadu Jakarta, atau dalam bahasa inggris disebut Mass Rapid Transit. MRT sendiri adalah sebuah sistem transportasi angkutan cepat rel yang ada di kota Jakarta. MRT Jakarta sendiri baru dibangun pada tahun 2013 yang lalu.

Bisa dibilang MRT Jakarta ini masih baru dibangun delapan tahun yang lalu. Namun, tahun tersebut adalah tahun pembangunan, tetapi baru bisa dioperasikan sejak tanggal 24 Maret 2019. Sejak saat itu, MRT Jakarta menjadi layanan Moda Raya Terpadu yang beroperasi pertama di Indonesia.

Layanan MRT Jakarta sendiri berdiri di bawah naungan PT. MRT Jakarta ( Perseroda) Badan Usaha Milik Daerah DKI Jakarta. Layanan MRT Jakarta ini juga memiliki jalur operasinya sendiri, yakni jalur yang menghubungkan antara Stasiun Bundaran HI dengan Stasiun Lebak Bulus. Adapun panjang jalurnya yakni sepanjang 15,7 km.

Jam Operasional MRT Jakarta

Jam Operasional MRT Jakarta mulai per 15 November, sebagai berikut;

  • Hari Senin-Jumat : 05.00-24.00 WIB. (Selang waktu 10 menit, selang waktu 5 menit pada jam sibuk yaitu 7.00-9.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB)
  • Akhir Pekan: 06.00-24.00 WIB (selang waktu 10 menit)

Kebijakan / Syarat Naik MRT Jakarta Saat PPKM

Selain jam operasional yang berubah, MRT Jakarta juga memiliki kebijakan lain yang berubah pula. Yakni persyaratan untuk menumpangi MRT Jakarta harus membawa bukti vaksinasi Covid-19 minimal untuk dosis pertama.

Adapun sertifikat bukti yang bisa ditunjukkan berupa sertifikat cetak maupun daring yang dibuka dengan aplikasi PeduliLindungi. Jika belum vaksin, kamu bisa membawa surat keterangan hasil pengecekan yang menunjukkan bahwa kamu bebas Covid-19.

Selama berada di dalam area stasiun dan kereta, seluruh pengguna jasa wajib mengikuti aturan yang berlaku, termasuk protokol kesehatan untuk mencegah virus Covid-19.

Keuntungan Adanya MRT Jakarta

Menjadi salah satu transportasi yang memiliki banyak peminat yang mau menumpangi, tentunya MRT Jakarta memiliki keuntungannya tersendiri.

Adapun keuntungan hadirnya MRT Jakarta diantaranya:

  1. Kawasan lebih berkembang, karena MRT sebagai sebuah infrastruktur baru yang mengundang daya tarik masyarakat sekitar.
  2. Investasi masa depan Indonesia, karena bisa mendukung mobilitas Ibu kota dengan cepat.
  3. Memberikan kemudahan bagi masyarakat, yakni dapat mengurangi kemacetan Ibu kota yang sangat padat.
  4. Kurangnya polusi, karena penggunaan kendaraan pribadi berkurang dan polusi juga ikut berkurang.
  5. Terbukanya lapangan kerja karena proyek MRT Jakarta ini sangat besar sehingga membutuhkan banyak pekerja.

Akhir Kata

Dari penjabaran di atas, dapat disimpulkan bahwa tak hanya jam operasional MRT Jakarta saja yang berubah, namun kebijakan lain juga diberlakukan. Hal tersebut semata-mata untuk melindungi satu sama lain agar tidak tertular virus Covid-19 yang sedang mewabah.

Posting Komentar untuk "Jam Operasioal MRT Jakarta Terbaru 2023"