Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jam Operasional Busway Hari Ini Terbaru 2023

jam operasional busway

Siapa yang tidak kenal alat transportasi yang satu ini? Ya, busway adalah salah satu transportasi yang ada di Indonesia. Sejak pandemi, jam operasional busway sedikit sering mengalami perubahan jadwal. Hal tersebut memang wajar saja, mengingat kondisi saat ini masih belum kondusif alias belum bisa melakukan kerumunan.

Seperti yang kita tahu, bahwa busway adalah sebuah alat transportasi umum. Tentu saja penumpangnya banyak sehingga tidak dapat dielak apabila sewaktu-waktu menimbulkan kerumunan.

Dimana protokol kesehatan saat ini salah satunya adalah tidak boleh menimbulkan kerumunan. Berbicara tentang busway, mungkin beberapa dari kamu belum terlalu mengenal transportasi yang satu ini.

Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan membahas lebih rinci tentang profil dan jam operasional busway.

Tentang Busway

Busway jika dalam artian harfiah merupakan sebuah jalur khusus kendaraan bus yang sudah ditentukan. Berarti, kesimpulan lebih singkatnya adalah busway berkaitan dengan jalur untuk bus. Berarti, busway sendiri tidak ada hubungannya dengan alat transportasi. Karena busway sendiri adalah sebuah jalur bukan transportasi.

Namun, orang-orang biasanya menyebut busway untuk salah satu transportasi umum di Indonesia, yakni Transportasi Jakarta atau Transjakarta. Hal tersebut dikarenakan Transjakarta adalah transportasi yang bisa melewati jalur busway sedangkan transportasi lain tidak demikian.

Jadi, mungkin pengertian busway sendiri adalah Transjakarta. Namun, orang-orang tetap menyebutnya sebagai busway.

Jam Operasional Busway Hari Ini

Sejak tanggal 2 September 2021 PPKM dan segala aturannya diperpanjang sehingga jam operasional busway juga ikut mengalami sedikit perubahan. Adapun perubahan jam operasional busway hari ini adalah mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 20.30 WIB.

Jam operasional tersebut diklaim akan mulai berlaku pada hari kamis, tepatnya tanggal 2 September kemarin. Perpanjangan tersebut resmi disampaikan langsung oleh Direktur Umum PT. Transjakarta yakni Sardjono Jhony Tjitrokusumo. Namun, jam operasional tersebut juga didukung dengan beberapa kebijakan tambahan lainnya.

Kebijakan Tambahan Naik Busway Selama PPKM

Ada beberapa kebijakan tambahan yang diberlakukan oleh busway, yakni terkait dengan sertifikat vaksin. Mereka yang ingin menaiki busway, harus bisa menunjukkan bukti telah melakukan vaksinasi minimal pada dosis pertama.

Tak hanya itu, aturan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan juga harus dipatuhi. Hal tersebut semata-mata untuk kebaikan semua orang dan menghentikan penyebaran virus Covid-19.

Keunggulan Transportasi Busway

Sebagai alat transportasi terkenal yang ada di Jakarta, tentunya busway memiliki banyak penumpang. Dari hal tersebut, dapat dikatakan bahwa keunggulan busway inilah yang membuat sistem transportasi ini menjadi terkenal. Penasaran apa saja keunggulan pemakaian busway? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Lebih cepat karena mempunyai jalur sendiri sehingga terhindar dari kemacetan yang berkepanjangan.
  2. Lebih aman, karena di jalur khusus busway tersebut jarang atau tidak ada kendaraan lain yang melintas sehingga resiko kecelakaan sangat minim terjadi.
  3. Mesinnya tidak berisik dan di dalam bis juga tidak akan berisik karena tidak disetelkan lagu yang membuat kebisingan.
  4. Polusi udara yang dihasilkan lebih sedikit daripada transportasi lainnya.
  5. Biayanya relatif murah karena meskipun kamu telah menempuh perjalanan sangat panjang menggunakan busway ini

Akhir Kata

Demikian sekilas informasi tentang busway dan jam operasional busway yang berlaku hari ini. Kesimpulannya, selama pemberlakuan PKM dan perpanjangannya, jam operasional busway juga berubah dengan ikut menyesuaikan kondisi pandemi.

Posting Komentar untuk "Jam Operasional Busway Hari Ini Terbaru 2023"