Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Aplikasi Foto yang Ada Tanggal dan Lokasi untuk Android

aplikasi foto yang ada tanggal dan lokasi

Belum tau nama aplikasi foto yang ada tanggal dan lokasi untuk hp? Tenang saja, karna postingan ini akan menjawab pertanyaanmu.

Saat ini kamera pada smartphone Android dan iPhone sudah sangat bagus dan jernih, layaknya sebuah kamera DSLR atau Mirroles. Tidak heran jika orang-orang yang memiliki smartphone tersebut sering sekali dimanfaatkan untuk mengabadikan momen tertentu saat berada di tempat yang menurutnya indah dan patut untuk dikenang.

Sayangnya beberapa merk smartphone tidak memiliki fitur tanda informasi berupa tanggal, waktu dan lokasi pada hasil jepretannya. Oleh sebab itu, anda perlu memasang 2 aplikasi kamera foto berbeda. Pertama menggunakan aplikasi bawaan dan yang kedua aplikasi kamera yang ada tanggal dan lokasi.

Nama Aplikasi Foto yang Ada Tanggal, Waktu dan Lokasi

Aplikasi foto yang ada tanggal dan lokasi banyak sekali pilihan untuk anda yang suka mengabadikan berbagai momen berharga dan tidak ingin lupa foto tersebut kapan diambil. Nah, beberapa aplikasi yang bisa di coba adalah sebagai berikut.

1. GPS Map Camera

gps map camera

GPS Map Camera merupakan salah satu aplikasi foto dengan lokasi terbaik yang bisa digunakan di smartphone android. Tidak hanya dilengkapi garis lintang serta bujur saja, tetapi foto yang dihasilkan oleh aplikasi ini dilengkapi juga dengan keterangan cuaca. Tentunya aplikasi ini sangat mudah digunakan, yakni anda bisa mengaktifkan aplikasi sebelum ingin mengambil foto objek.

Ada beberapa fitur yang dimiliki aplikasi GPS Map Camera ini, seperti flash, focus mode, ISO, exposure, white balance dan bisa memilih kualitas maupun ukuran file foto. Jika ingin menggunakan fitur focus, maka anda bisa mengetuk objek foto.

Baca juga : Cara Memunculkan Koordinat di GPS Map Camera

2. Open Camera

open camera

Open Camera ternyata menjadi salah satu aplikasi foto yang bagus karena menawarkan performa yang bagus, ukurannya pun sangat kecil lho, yaitu 1,7 MB. Anda sebagai pengguna aplikasi foto yg ada tanggalnya ini dapat menikmati berbagai fitur yang ada di dalamnya tanpa dipungut biaya alias gratis.

Nah, salah satu fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu Stamp photos, yang bermanfaat untuk menampilkan tanggal hingga waktu pada hasil jepretan yang dilakukan.

3. Timestamp Camera Free

timestamp camera free

Nah, sesuai namanya bahwa dengan aplikasi foto yang ada lokasi dan waktu ini anda dapat menambahkan timestamp ketika ingin merekam video maupun memotret foto dari kamera ponsel androidnya. Salah satu fitur yang dimiliki oleh Timestamp Camera Free adalah Add Current Time and Location.

Ketika anda mengunakan fitur ini, tentunya aplikasi akan menambahkan waktu serta lokasi ketika anda ingin mengambil foto. Selain itu, beberapa fitur menarik lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah display customs, display map, battery saver, dan sebagainya.

4. GPS Camera-Save Location in Photo

gps camera save location in photo

Aplikasi foto yang ada tanggal dan lokasi ini digunakan dalam mengambil jepretan foto yang disertai dengan lokasi dan waktu. Tentunya aplikasi Camera Save Location in Photo ini sangat cocok digunakan pada perayaan pernikahan, perjalanan, pesta ulang tahun dan berbagai momen spesial lainnya.

Ketika anda menggunakan aplikasi ini, anda pun bisa mengatur ukuran foto dan bisa membaginya ke sosial media seperti Instagram dan Facebook.

5. GPS Camera: Photo With Location

gps camera photo with location

Aplikasi foto yang ada tanggalnya ini tidak hanya menawarkan fitur tanggal dan lokasi saja lho, tetapi juga menawarkan beberapa fitur lainnya, dari mulai map lokasi, waktu, alamat, garis lintang dan bujur hingga keterangan cuaca termasuk juga temperature. Bahkan, foto yang ada di dalam galeri ponsel juga dapat ditambahkan berbagai fitur tersebut dengan membukanya melalui aplikasi ini.

Nah, aplikasi Camera Photo With Location sendiri tidak hanya tersedia secara gratis ya, teapi juga berbayar. Sehingga jika anda ingin menikmati berbagai fitur yang dimilikinya, maka anda perlu menggunakan versi berbayar. Telah dirilis pada tanggal 8 Januari 2018 yang lalu, aplikasi ini hanya berukuran 7,07 MB saja, lho.

6. Kamera Peta GPS Lite: Lokasi Foto Geotag

kamera peta gps lite

Dengan menggunakan aplikasi foto yang ada lokasinya ini, maka foto yang dihasilkan bisa diberi keterangan alamat, waktu, tanggal dan lokasi. Tahukah anda bahwa menurut keterangan yang terdapat di Play Store, ternyata aplikasi ini bisa membantu sektor penerbangan, pertanian, kelautan bahkan militer, lho. Bahkan, aplikasi ini juga bisa digunakan ketika rapat atau melakukan pertemuan di luar ruangan.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi Kamera Peta GPS Lite yaitu seperti koordinat, flash, waktu baik jam maupun tanggal, focus, rotasi, penunjuk arah atau kompas maupun satuan panjang, baik meter dan kaki. Jika ingin menggunakan aplikasi ini, maka anda bisa mengunduhnya langsung di Play Store.

7. Marki: kamera timestamp & GPS

marki kamera timestamp & gps

Aplikasi Marki besutan Team Marki merupakan salah satu aplikasi foto yang ada tanggal dan lokasi secara otomatis, dan hasilnya akurat sesuai waktu dan lokasi saat itu. Akan sangat membantu anda yang bekerja dilapangan dan butuh bukti laporan foto. Untuk hasil yang lebih akurat, aktifkan GPS dan lakukan update lokasi sebelum mengambil jepretan foto.

Adapun fitur yang ditawarkan yaitu, tanda waktu dan lokasi, sinkronisasi dengan cloud, optimasi proses geotag, bagikan foto ke sosial media dan masih banyak lagi. Aplikasi ini gratis diunduh, tidak ada versi premium untuk mendapatkan fitur lebih.

8. Auto Stamper untuk Photo

auto stamper untuk photo

Dengan memasang aplikasi Auto Stamper untuk Photo, anda akan terbantu mengambil foto lengkap dengan informasi tanggal, lokasi dan waktu jam.

Pada versi gratis aplikasi ini memunculkan iklan dalam beberapa waktu, untuk menghilangkan iklan dan mendapatkan fitu lebih anda bisa membeli atau berlangganan ke versi premium. Fitur yang diberikan jika membeli versi premium yaitu: pilih jenis font, warna stamp, mengatur posisi tanda tanggal dan lokasi dimana saja.

9. NoteCam Lite - foto dengan catatan

notecam lite foto dengan tanggal dan lokasi

NoteCam Lite tidak kalah keren dengan aplikasi lainnya, dengan jumlah ulasan hampir mencapai 10 ribut aplikasi ini medapatkan rating 4,1. Cukup tinggi bukan? Itu artinya aplikasi NoteCam benar-benar bagus dan bisa membantu kebutuhan pengguna.

NoteCam sepenuhnya gratis untuk digunakan, hanya saja terdapat iklan didalamnya. Jika anda membutuhkan aplikasi yang tidak iklannya, mungkin bisa coba menggunakan NoteCam pro.

10. SurveyCam: catatan, waktu & lokasi

surveycam foto ada tanggal waktu dan lokasi

Dan yang terakhir ada aplikasi SurveryCam, aplikasi ini akan sangat membantu anda membuat dokumen foto pekerjaan. Sangat cocok untuk para profesional seperti insinyur sipil profesional kontruksi dll. Apa sebab? Fitur di bawah ini bisa menjadi jawabannya.

Dalam foto anda bisa menambahkan informasi seperti Nama Proyek, Catatan yang Dibuat, lokasi foto, Akurasi GPS, Ketinggian, Tanggal & waktu, Alamat, Logo perusahaan yang dapat disesuaikan dan Nomor Referensi.

Cara Foto ada Tanggal dan Lokasi

Nah, untuk ambil foto yang ada tanggal dan lokasinya tuh gampang kok, kamu bisa ikutin langkah-langkah ini pake aplikasi foto di smartphone kamu:

  1. Buka aplikasi Kamera atau Foto yang memiliki fitur penandaan tanggal dan lokasi.
  2. Di dalam aplikasi Kamera, cari ikon pengaturan yang biasanya bentuknya roda gigi atau tiga titik vertikal. Tap ikon itu buat buka pengaturan aplikasi kamera.
  3. Di pengaturan aplikasi Kamera, ada opsi "Lokasi" atau "Penandaan Lokasi". Pastiin fitur ini udah diaktifin dengan geser tombol ke posisi "ON" atau centang kotaknya. Biar aplikasinya bisa nyimpen informasi lokasi di metadata fotomu.
  4. Cari opsi yang berhubungan sama "Penanggalan" atau "Stempel Tanggal dan Waktu" di pengaturan aplikasi Kamera. Pastiin opsi ini juga diaktifin, biar tanggal dan waktu ditambahin ke metadata fotomu. Biasanya ini udah default diaktifin, tapi pastiin aja kalo sebelumnya pernah diubah.
  5. Setelah semua pengaturan udah diatur, sekarang bisa deh kamu ambil foto kayak biasa dengan tekan tombol rana atau ikon kamera di aplikasi. Setelah fotonya diambil, informasi lokasi dan tanggal bakal ditambahin otomatis ke metadata fotomu.

Setelah fotonya diambil, kamu bisa lihat metadata fotomu pake aplikasi galeri bawaan di smartphone atau aplikasi pihak ketiga yang bisa baca metadata, misalnya Google Photos atau aplikasi pembaca metadata fotolainnya.

Jadi, sekarang kamu udah bisa ambil foto dengan tanggal dan lokasi langsung pake aplikasi foto di smartphone kamu dengan mudah. Selamat mencoba ya!

Akhir Kata

Itulah berbagai pilihan aplikasi foto yang ada tanggal dan lokasi. Untuk anda yang suka sekali mengabadikan berbagai momen berharga pada tempat tertentu dan ingin selalu mengingat berbagai momen tersebut, maka tak ada salahnya untuk menggunakan salah satu aplikasi yang telah dipaparkan di atas. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "10 Aplikasi Foto yang Ada Tanggal dan Lokasi untuk Android"