Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mematikan iPhone X, XR, XS dan XS Max

cara mematikan iphone seri x

Banyak pengguna baru iPhone yang belum tau bagaimana cara mematikan iPhone XR, XS atau XS Max.

Pasalanya di iPhone seri X ini, apple tidak lagi memberikan tombol fisik home atau touch id seperti iPhone seri sebelumnya. Pada iPhone seri X hanya ada tombol power dan volume saja. Fungsi menekan tombol power pun berganti fungsi menjadi mengaktifkan Siri.

Pada iPhone X, apple menambahkan fitur Face ID yang berfungsi sebagai sensor untuk membuka kunci keamanan iPhone. Apakah face id bisa berfungsi untuk menonaktifkan hp iPhone? tentu saja tidak.

Berbeda dengan iPhone versi sebelumnya, iPhone X, XR, XS dan XS Max memiliki cara lain untuk mematikannya, yaitu menekan tombol kombinasi yang harus ditekan secara bersamaan.

Sebenarnya ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan, namun bagi pengguna baru apalagi pertama kalinya menggunakan iPhone, hal ini cukup membingungkan.

Walaupun mematikan iPhone x jarang sekali dilakukan, ada baiknya kamu mengetahui cara untuk mematikannya bukan.

Dilain waktu, mungkin saja saat kamu pergi ke luar dalam waktu yang cukup lama, kamu ingin menonaktifkannya agar bisa sedikit menghemat baterai iPhone.

Cara Mematikan iPhone X, XR, XS dan XS Max

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan hp iPhone x adalah dengan cara menekan tombol power. Ada 2 tombol fisik yang harus kamu tekan secara bersamaan yaitu tombol power dan tombol volume.

Berikut adalah cara mematikan iPhone X:

mematikan iphone x xr xs dan xs
  1. Pertama nyalakan iPhone.
  2. Tekan dan tahan tombol samping dan tombol volume (volume atas atau volume bawah) secara bersamaan.
  3. Akan muncul penggeser "slide to power off".
  4. Lalu tarik penggeser, tunggu 30 detik hingga iPhone mati.

Adapun untuk menyalakannya iPhone seri X, tekan dan tahan tombol samping hingga logo Apple muncul di layar. Kemudian masukan pin sandi untuk membuka iPhone.

Baca Juga : Cara Restart iPhone

Cara Mematikan iPhone X tanpa Tombol Power

Selain menggunakan tombol fisik, kamu juga bisa menonaktifkan hp iPhone x lewat pengaturan. Cara ini juga bisa menjadi alternatif jika tombol power atau tombol volume hp kamu rusak dan tidak berfungsi.

Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih General.
  2. Gulir ke bawah sampai menemukan Shut Down.
  3. cara shut down iphone x
  4. Akan muncul slide to power off, geser ke kanan untuk mematikan iPhone.
  5. slide to power off

Untuk menyalakannya iPhone x, tekan dan tahan tombol samping hingga logo Apple muncul di layar. Kemudian masukan pin sandi untuk membuka iPhone.

Tips Aman Mematikan iPhone X, XR, XS dan XS Max

Berikut adalah beberapa tips untuk mematikan iPhone X dengan aman:

  • Pastikan iPhone X tidak sedang melakukan proses atau mengakses data penting sebelum dimatikan. Sebaiknya tunggu hingga semua aplikasi dan proses telah ditutup atau berhenti.
  • Gunakan opsi Shut Down melalui tombol Sisi dan salah satu tombol Volume atau melalui pengaturan. Jangan mencabut daya secara paksa atau mematikan dengan cara lain, karena hal ini dapat merusak sistem dan data pada iPhone X.
  • Jika baterai iPhone X sudah lemah, pastikan untuk mengisi daya terlebih dahulu sebelum mematikannya. Dalam keadaan baterai yang sangat lemah, iPhone X mungkin membutuhkan beberapa saat untuk memproses shutdown.
  • Jika kamu memiliki masalah dengan iPhone X dan memerlukan bantuan dari Apple atau penyedia layanan resmi, pastikan iPhone X kamu dalam keadaan mati sebelum membawa ke tempat layanan.
  • Jangan mematikan iPhone X secara paksa saat sedang melakukan pembaruan sistem atau proses penting lainnya, karena hal ini dapat merusak sistem dan data. Pastikan untuk menyelesaikan pembaruan atau proses penting sebelum mematikan iPhone X.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kamu dapat mematikan iPhone X dengan aman dan menghindari kerusakan sistem atau data.

Akhir Kata

Itulah langkah-langkah cara mematikan iPhone X, XR, XS dan XS Max yang bisa kamu ikuti, ada dua cara yang bisa kamu lakukan gunakan cara yang menurut kamu mudah dilakukan, ya.

Sebenarnya ada 1 cara lagi, yaitu lewat AssistiveTouch. Tapi 2 cara di atas menurut saya sudah cukup dan paling mudah. Oh iyaa, cara ini juga bisa dilakukan untuk iPhone versi terbaru, seperti iPhone 11 dan 11 Pro.

Langsung dicoba ya tutorialnya, semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan iPhone X, XR, XS dan XS Max"