Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sinyal iPhone Lemah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

penyebab dan cara mengatasi sinyal iphone lemah

Mempunyai sinyal konektivitas yang stabil di iPhone memang menjadi salah satu hal penting. Terlebih untuk Anda yang memiliki mobilitas digital yang tinggi dan harus berkomunikasi melalui iPhone setiap harinya.

Tentu, sinyal yang lemah akan sangat mengganggu kinerja dan komunikasi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi sinyal iPhone lemah, baik itu sinyal jaringan ataupun sinyal wifi.

Penyebab Sinyal iPhone Lemah

Terdapat beberapa alasan kenapa pemilik iPhone terkadang mengalami susah sinyal atau sinyal lemah. Mungkin saja, perangkat mereka membutuhkan pembaruan firmware atau mungkin karena penempatan kartu SIM yang salah.

Selain itu, faktor lain yang bisa menjadi penyebab sinyal melemah yaitu karena adanya gangguan jaringan karena cuaca, sedang berada di area sulit sinyal, dan lain sebagainya.

Pada artikel ini, kita akan membahas berbagai cara mengatasi sinyal iPhone lemah agar sinyal iPhone menjadi lebih baik. Cara ini pasti bisa diterapkan pada berbagai model iPhone dan berbagai jaringan seluler.

Cara Mengatasi Sinyal iPhone Lemah

Banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi dan memperkuat sinyal iPhone yang lemah. Nah berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sinyal iPhone lemah yang bisa Anda coba saat ini juga:

1. Nyalakan Mode Pesawat Kemudian Matikan Kembali

Untuk menyegarkan performa jaringan iPhone, Anda bisa mengaktifkan Mode Pesawat selama beberapa saat saja, lalu matikan kembali. Caranya yaitu dengan membuka pusat kontrol, klik pada ikon pesawat. Jika sudah, tunggu sejenak sampai beberapa saat. Setelah itu, matikan kembali Mode Pesawat dan lihat hasilnya.

2. Pindah ke Tempat Lain

Ada beberapa area, misalnya di dalam gedung ataupun tempat wisata yang jauh dari pemancar sinyal seluler. Kemungkinan besar, Anda akan mengalami kesulitan untuk memperoleh sinyal.

Selain itu, beberapa area dengan pengguna yang padat juga bisa menyebabkan sinyal iPhone lemah. Alasannya sendiri cukup sederhana, yakni karena padatnya trafik pengguna seluler di dalam area tersebut.

Sebagai salah satu solusinya, Anda disarankan untuk mencari area lain yang lebih terbuka. Jauhi keramaian untuk memperoleh sinyal yang lebih baik.

3. Update ke iOS Versi Terbaru

Jika sinyal iPhone Anda mulai melemah, pertimbangkan untuk mencoba mengupdate ke versi iOS terbaru yang tersedia untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

4. Restart iPhone

Restart iPhone berguna untuk menyegarkan lagi sistem yang tak jarang juga bisa memperbaiki masalah yang berkaitan dengan kualitas sinyal. Untuk merestart iPhone, Anda hanya perlu mematikan iPhone selama beberapa saat. Setelah itu nyalakan kembali.

5. Bersihkan Kartu SIM

Kartu SIM yang kotor ataupun kendur juga mempunyai kemungkinan bisa mengakibatkan kurang optimalnya jaringan yang ada di iPhone. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk melepas kartu SIM iPhone, kemudian bersihkan apabila area penyimpanan SIM kotor. Setelah itu pasang kembali.

6. Pindah ke Jaringan yang Memadai

Apabila Anda sedang berada di area yang sulit untuk mendapatkan sinyal 4G atau 5g, maka Anda bisa menggunakan mode jaringan yang lebih rendah untuk menyesuaikan kondisi jaringan di area tersebut. Tujuannya sendiri yaitu supaya iPhone dapat memperoleh kualitas sinyal yang stabil dan bisa bekerja dengan maksimal.

Caranya sendiri cukup sederhana, Anda hanya perlu masuk ke aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara dan Data.

7. Gunakan Kode Penguat Sinyal iPhone

Gunakan kode *3370# untuk mengaktifkan mode EFR (Enhanced Full Rate). Dengan mengaktifkan mode EFR, maka perangkat iPhone bakal lebih keras untuk menangkap sinyal.

8. Gunakan Wi-Fi

Jika cara di atas tidak dapat memberikan perubahan, maka sebagai solusi sementara, Anda bisa menggunakan internet dari jaringan Wi-Fi yang ada disekitar Anda. Anda bisa menggunakan opsi ini jika sedang berada di tempat umum dan sulit memperoleh sinyal, dalam kondisi yang ramai, sampai kondisi cuaca sedang buruk.

Kenapa Sinyal WiFi iPhone Lemah?

Sering sekali pengguna iPhone mengeluhkan sinyal wifi iPhone lemah, entah dari penangkapan sinyal wifi ataupun hotspot, akan tetapi masih bisa membaca jaringan WiFi.

Pada pengaturan iPhone tidak ada masalah seperti greyed out (abu-abu), dari beberapa pengalaman pengguna itu terjadi karena ada masalah pada antena wifi iPhone.

Hal tersebut bisa terjadi karena iPhone mengalami benturan atau terjatuh yang menyebabkan kerusakan pada bagian dalam iPhone, seperti pada antena wifi. Selain itu bisa juga mengalami kerusakan karena sering overheated (kepadasan) pada IC WiFi.

Untuk mengatasi sinyal wifi iPhone yang lemah Anda bisa service iPhone pada bagian IC modul WiFi yang ada di logi board iPhone.

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sinyal iPhone lemah. Semoga bisa membantu permasalahan sinyal iPhone Anda.

Posting Komentar untuk "Sinyal iPhone Lemah? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya"