Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mirroring iPhone ke PC di Windows 11 dengan Mudah

cara mirroring iphone ke pc

Sekarang ini Windows jadi OS paling banyak dipakai khususnya pengguna Laptop dengan banyaknya fitur tersedia, tampilan praktis simple, mudah diakses dan dipakai siapapun cepat bisa menghubungkan.

Salah satu fitur terbaik dari Windows 11 bernama Wireless Display, berfungsi untuk menampilkan layar Smartphone ke perangkat desktop komputer entah PC atau Laptop dengan cara mirroring iPhone ke PC. Cara satu ini juga dapat diterapkan dalam device Android yang anda miliki.

Namun sebelum mempraktekannya pastikan Anda telah mengupdate Windows 11 versi terbaru. Jika fitur ini tidak tersedia di Windows 11 Anda berarti itu masih versi lawas jadi silakan perbarui terlebih dahulu.

Persiapan

Bahan yang akan dibutuhkan sebelum anda mulai eksekusi menghubungkan atau menampilkan layar iPhone menuju PC laptop Windows 11 diantaranya adalah:

  • Windows 11 versi yang paling baru.
  • Smartphone yang sudah support dengan Wireless Display, biasanya adalah iPhone 5 atau keatas yang sudah dapat melakukannya, seperti iOS 10 sampai dengan iOS 15. Smartphone Android mayoritas juga sudah bisa.
  • Bisa dengan PC/Komputer maupun Laptop yang sudah menggunakan koneksi WiFi.

Cara Screen Mirroring iPhone ke PC di Windows 11

Untuk melakukan screen mirroring iPhone ke PC dengan Windows 11, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada Windows 11 buka bagian Settings atau Pengaturan, lalu klik pada menu System atau Sistem.
  2. Ketika menu System dibuka akan muncul beberapa tab lainnya di pojok kiri layar desktop, silahkan pilih menu Display kemudian di bawah tulisan "Multiple displays" akan muncul notifikasi Connect to a Wireless Display lalu klik.
  3. Selanjutnya jendela munculan tampil posisinya di kanan layar desktop sedang standby untuk menanti koneksi Wireless masuk ke Windows dengan tulisan "Searching for Wireless Display and Audio Devices".
  4. Sekarang buka handphone atau iPhone karena disini tutorialnya tampilan layar iOS ke PC Windows. Saya telah mencobanya di iPad.
  5. Pada layar smartphone carilah pada bagian menu Wireless Display lalu pilih pada nama Device atau perangkat dari Komputer Windows 11 yang anda gunakan.
  6. Kemudian kembali lagi ke PC, dalam layar desktop pemberitahuan akan tampil yang menyatakan terdapat sebuah perangkat yang sudah terhubung. Lalu klik saja tombol YES yang fungsinya untuk memberi izin dari akses koneksi wireless pada antar-perangkat.
  7. Sebuah jendela baru akan muncul agar bisa memproses lebih lanjut serta akan menampilkan layar iPhone Wireless Display menuju desktop Windows 11. Tunggulah beberapa menit sampai nantinya layar HP Anda sudah muncul dalam PC.
  8. Sampai tahap ini selesai. Tapi biasanya percobaan ini dapat dilakukan bukan hanya untuk ponsel, tapi bisa juga dalam perangkat elektronik lainnya yang mendukung fitur Wireless Display juga bisa mempraktekkan beberapa cara ini.

Cara mirroring iPhone ke PC sangatlah mudah dilakukan, bagi anda yang ingin mencoba, anda dapat melakukannya sendiri dirumah karena sangat mudah dan anda tidak perlu membutuhkan banyak hal sebelumnya.

Cara Mirroring iPhone ke PC Menggunakan Aplikasi

Selanjutnya ada cara mirroring iPhone ke PC menggunakan pihak ketiga, berikut ulasannya.

  1. Langkah pertama perlu untuk Anda lakukan saat akan mirror iPhone menuju laptop yaitu dengan mengunduh aplikasi LonelyScreen terlebih dahulu. Jika anda sudah, lanjut bisa membuka file serta menyelesaikan proses instalasi aplikasinya.
  2. Supaya bisa membuka Windows Firewall, ada baiknya anda memiliki jaringan yang digunakan saat berkomunikasi dengan file setup yang ada. Secara default jaringan pribadi sudah Anda centang. Izinkan akses pada tombol melanjutkan.
  3. Setelah sudah download aplikasi yang dibutuhkan, anda perlu install lalu jalankan aplikasi tersebut pada laptop maupun komputer anda. Pastikan juga jika mirror iPhone ke laptop sudah berada dalam kondisi yang berada dalam jaringan WiFi yang sama.
  4. Kemudian pada bagian iPhone, Anda bisa membuka pusat kontrol dengan menggeser dari atas ke bagian bawah layar anda. Pilih opsi LonelyScreen.
  5. Setelah berhasil dalam menggunakan aplikasi yang digunakan untuk mirror layar iPhone menuju laptop, nantinya akan menscreenshot dalam PC tersebut. Jika nantinya anda ingin menonaktifkan maupun menghentikan aktivitas tersebut, Anda hanya tinggal keluar dari aplikasi itu.
  6. Kemudian Klik tombol roda gigi yang ada pada sudut kanan atas jendela di layar. Jika tidak nantinya Anda bisa hanya dengan mematikan AirPlay yang ada dalam iPhone. Jadinya mirror iPhone menuju laptop tersebut pun sudah tidak aktif lagi setelahnya.

Akhir Kata

Seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, beberapa cara mirroring iPhone ke PC tentu sangat mudah untuk dilakukan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melakukan screen mirroring dari iPhone ke PC dengan Windows 11.

Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah memproyeksikan layar iPhone Anda ke layar PC Anda untuk memudahkan presentasi, menonton film, atau memainkan game.

Selain itu, dengan adanya koneksi Wi-Fi, proses screen mirroring dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan tampilan yang optimal. Jadi, cobalah langkah-langkah tersebut dan nikmati kemudahan screen mirroring antara iPhone dan PC Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mirroring iPhone ke PC di Windows 11 dengan Mudah"