Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Cara Cek Touchscreen iPhone Rusak atau Tidak

cara mengecek touchscreen iphone

Cara Cek Touchscreen iPhone - Seperti yang kita ketahui iPhone second baik resmi ibox atau ex inter sudah banyak sekali dijual. Membeli iPhone bekas merupakan jalan yang lebih mudah untuk mendapatkan smartphone impian dibandingkan dengan membeli iPhone baru.

Namun membeli iPhone second dengan harga yang lebih murah pastinya akan ada resiko, contohnya pada komponen LCD.

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada layar iPhone diantaranya, yaitu: layar tidak responsif, warna kurang cerah, warna tidak sesuai, ghost touch, bahkan terjadi delay saat mengetik.

Oleh karena itu, agar tidak terjadi kesalahan saat membeli iPhone sebaiknya anda melakukan pengecekan pada bagian hardware-nya, termasuk layar atau touchscreen..

Sebenarnya cara cek layar iPhone ini tidak terlalu sulit, dan sudah banyak juga pengguna iPhone lain yang membagikan caranya.

Tidak jauh berbeda dengan smartphone Android, iPhone juga memiliki kode dial phone khusus yang dapat mengecek layar. Selain itu ada juga aplikasi khusus yang bisa mengetahui performa layar dan mengecek keaslian LCD iPhone.

Cara Mengecek Touchscreen iPhone

Mengetahui cara cek touchscree iPhone cukup penting untuk dipelajari, dengan mengetahui caranya anda bisa mengidentifikasi kerusakan atau keaslian layar dari sebuah perangkat iPhone.

Cek layar iPhone bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pada tutorial kali ini saya akan membagikan 4 cara, bisa menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Kode Dial

Dengan menggunakan kode dial khusus anda dapat mengetahui kualitas layar iPhone anda masih bagus atau tidak. Anda bisa melakukan cara ini jika anda merasa layar pada iPhone and atika responsive, atau tampilan warna yang kurang cerah.

Melakukan cek touchscreen iPhone juga perlu untuk memastikan bahwa performa iPhone anda baik dan berkualitas.

Caranya dengan menekankan tombol dial pada iPhone anda dengan kode cek layar iPhone *#*#2664#*#*. Setelah menekan semua kode tersebut maka secara otomatis informasi kualitas dan kondisi touchscreen akan muncul di layar.

2. True Tone

Anda juga bisa tes layar iPhone menggunakan pengaturan pada iPhone anda dengan melakukan cek True Tone, cara ini hanya bisa dilakukan versi iPhone 8 ke atas. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

  1. Masuk ke Setting.
  2. Pilih menu Display & Brightness.
  3. Scroll ke bawah untuk menemukan True Tone.

Selain cara tersebut anda juga dapat mengetahui performa layar dengan cara cek touchscreen iPhone dengan mendatangi toko service iPhone yang resmi. Karena di iBox anda tidak hanya dapat membeli iPhone saja namun anda juga bisa melakukan konsultasi mengenai masalah pada iPhone anda.

3. Touchscreen Test

Apabila cara diatas belum dapat melakukan cek touchscreen iPhone, anda juga bisa test touchscreen iPhone menggunakan aplikasi tambahan seperti Touchscreen Test yang dapat didownload di App Store.

Pada aplikasi Touchscreen Test anda akan diberikan beberapa fitur yang membantu anda untuk melakukan cek performa sentuh dan warna pada iPhone anda. Fitur tersebut adalah Dra test, 3D Touch, Multi Touch, Pinch, Scalable, dan masih banyak fitur lain yang membantu anda untuk melakukan cek touchscreen iPhone anda.

Berikut adalah cara mengeceknya:

  1. Buka aplikasi Touchscreen Test.
  2. Pilih menu Display Test, lalu pilih Touchscreen Test.
  3. Lakukan pengetesan toucshreen dan tunggu hasilnya.
  4. Jika terjadi banyak error pada hasil test maka touchscreen iPhone anda bermasalah atau bisa juga LCD yang digunakan bukan versi original.

Dengan aplikasi Touchscreen Test anda juga bisa cek sensitivitas touchscreen iPhone. Silahkan coba fitur yang sudah tersedia di aplikasi.

4. 3uTools

Selain menggunakan aplikasi dari iPhone anda juga bisa mengecek touchscreen di laptop dengan bantuan aplikasi 3uTools.

Aplikasi ini bisa melihat spesifikasi sofware dan hardware yang terpasang di perangkat iPhone. Jadi, anda bisa mengetahui touchscreen iPhone rusak atau tidak.

Di bawah ini adalah langkah-langkah cara menggunakan 3uTools untuk cek touchscreen iPhone.

  1. Unduh dan install aplikasi 3uTools di laptop, silahkan download aplikasinya di www.3u.com.
  2. Hubungkan iPhone ke laptop/komputer yang sudah terisntall aplikasi 3uTools .
  3. Buka aplikasi 3uTools.
  4. Tunggu hingga iPhone terdeteksi dan terhubung ke 3u Tools.
  5. Kemudian akan muncul spesifikasi lengkap iPhone.
  6. Pilih menu View Verification Report di bagian bawah keterangan spesifikasi lengkap.
  7. Akan muncul pop up outorisasi dan pilih Autorize.
  8. Beberapa saat kemudian akan muncul jendela iDevices Verification Report.

Langkah selanjutnya anda bisa mengecek informasi hardware yang berkaitan dengan layar atau touchscreen. Lihat juga testing score nya apakah di atas 80% atau tidak, apabila di atas 80% maka LCD iPhone anda dalam keadaan baik.

Tips Agar Toucscreen iPhone Aman dan Awet

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga touchscreen iPhone anda dalam kondisi yang baik:

  • Gunakan pelindung layar: Pelindung layar dapat membantu mencegah goresan dan retak pada layar iPhone anda.
  • Gunakan casing: Casing juga dapat melindungi iPhone anda dari kerusakan akibat jatuh dan benturan tidak sengaja.
  • Bersihkan layar secara teratur: Bersihkan layar iPhone anda secara teratur dengan kain lembut dan bebas debu untuk menghindari kotoran dan noda yang menempel pada layar.
  • Jangan terlalu sering menekan layar: Terlalu sering menekan layar dapat mempercepat ausnya layar dan membuatnya mudah rusak.
  • Hindari paparan cairan: Jangan biarkan iPhone anda terkena air atau cairan lainnya, karena dapat merusak layar dan komponen lainnya pada iPhone.
  • Jangan menyimpan iPhone di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin: Simpan iPhone anda di suhu yang optimal agar tidak merusak komponen dan baterai pada iPhone.

Akhir Kata

Demikianlah informasi cara cek touchscreen iPhone untuk mengetahui bagaimana performansi sentuhan layar pada iPhone anda. Jika mengalami keanehan pada iPhone anda tidak ada salahnya jika menggunakan cara di atas untuk mengetahuinya. Sekian, dan semoga bisa membantu.

Posting Komentar untuk "4 Cara Cek Touchscreen iPhone Rusak atau Tidak"