Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa yang Terjadi Jika Alamat tidak Lengkap Saat Pengiriman Barang

apa yang terjadi jika alamat tidak lengkap saat pengiriman paket

Di zaman ini, kemudahan dalam mengirimkan sebuah paket tidak bisa dibandingkan dengan zaman dahulu yang harus melalui serangkaian proses rumit. Kamu bisa dengan mudah mengirimkan paket jarak jauh hingga luar negeri sekalipun. Selain itu, kehebatan jasa pengiriman paket ini juga dilihat dari kecepatannya yang patut diacungi jempol.

Namun, tentunya masih ada beberapa kelemahan seperti kegagalan pengiriman paket. Salah satu kendala yang sering dialami oleh kurir ketika mengantarkan paket adalah ketika alamat yang disertakan tidak lengkap. Lalu, apa yang terjadi jika alamat tidak lengkap saat pengiriman paket? Kamu perlu memperhatikan penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Apa Terjadi Jika Alamat Tidak Lengkap atau Salah

Yang terjadi jika alamat tidak lengkap adalah orang yang mengirim barang atau pakey akan mengalami kesulitan mengirim ke penerima.

Selain itu ada kemungkinan lainnya, berikut adalah kemungkinan yang terjadi jika alamat tidak lengkap saat pengiriman paket dari ekspedisi apapun.

1. Menghubungi Kontak yang Tertera di Paket

Hal pertama yang dilakukan oleh kurir (pengirim paket) jika alamat pengirimat pada paket tidak lengkap adalah menghubungi kontak si penerima paket. Pada paket pasti tertera nomor telepon yang dapat dihubungi.

Kurir akan menelepon nomor yang tercantum untuk menanyakan alamat tujuan yang benar, jadi jika kamu belanja online namun ada kesalahan alamat jangan jauhkan hp yang dapat dihubungi oleh kurir.

2. Paket Kembali ke Pengirim

Kemungkinan paling besar jika alamat yang dicantumkan tidak lengkap adalah paket akan kembali pada pengirim awal. Hal ini sangat mungkin terjadi karena kurir akan kesulitan menemukan lokasi alamat penerima sehingga pengirim harus mengatur ulang alamat dan mencantumkannya dengan lebih lengkap.

Biasanya, proses kembalinya paket kepada pengirim awal akan lumayan memakan waktu sehingga kamu benar-benar harus memperhatikan alamat apakah sudah lengkap atau tidak. Terkadang alamat yang dicantumkan tidak menunjukkan secara spesifik lokasi penerima sehingga membuat kurir bingung.

3. Paket Tertahan di Kantor Cabang

Jika kamu merupakan pengguna atau bahkan pembeli di sebuah e-commerce dan melihat resi yang berisikan paket tertahan, mungkin saja salah satu penyebabnya adalah alamat yang kamu cantumkan tidak lengkap.

Sama seperti kemungkinan pertama, kurir akan mengalami kesulitan dalam pengantaran paket. Sehingga jalan satu-satunya adalah ditahannya paket di kantor cabang atau bahkan di gudang.

Namun, jika kamu pemakai e-commerce, mungkin jalan keluarnya adalah dengan mengonfirmasi ulang alamat di settingan aplikasi. Kamu juga bisa saja dihubungi oleh pihak seller atau pihak kurir untuk meminta arahan ke posisi alamat rumah kamu yang lebih jelas dan lebih lengkap.

4. Paket Berputar-putar

Salah satu kejadian yang juga tak kalah sering dialami oleh pengguna suatu jasa kurir adalah s aat di mana paket tidak segera sampai dan malah berputar-putar dari satu kota ke kota lain. Ini adalah kejadian yang sangat wajar terjadi dan bisa saja dikarenakan banyak hal.

Misalnya alamat yang tidak lengkap sehingga kurir mengira nama daerah tersebut ada di kota lainnya. Maka dari itu, tulislah alamat selengkap mungkin agar hal tersebut tidak terjadi.

5. Paket Hilang

Kemungkinan terburuk yang akan terjadi saat kita tidak memberikan alamat secara lengkap adalah paket akan hilang di tengah perjalanan. Kemungkinan yang satu ini sangat ingin dihindari oleh semua orang yang menunggu paketnya.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk melakukan cross check ulang pada alamat tujuan pengiriman agar paket tidak sampai hilang. Karena paket hilang salah satunya disebabkan akibat tidak memberikan alamat lengkap sehingga paket terlalu lama tertahan dan akhirnya hilang atau bahkan rusak.

Akhir Kata

Nah, itu dia empat kemungkinan tentang apa yang terjadi jika alamat tidak lengkap saat pengiriman paket. Untuk menghindari kemungkinan di atas, bahkan kemungkinan terburuh yakni paket hilang, sebaiknya selalu perhatikan ulang apakah alamat yang dicantumkan sudah lengkap atau tidak. Pastikan kamu sudah menaruh detail alamat agar kurir tidak bingung saat mengirim paketnya.

Posting Komentar untuk "Apa yang Terjadi Jika Alamat tidak Lengkap Saat Pengiriman Barang"