Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta

cara upload video youtube bebas klaim hak cipta

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa cara upload video YouTube bebas klaim hak cipta, berdasarkan pengalaman saya ketika bermain YouTube dulu.

Saat akan membuat video YouTube selain membutuhkan software video editing kita juga harus memiliki bahan-bahan seperti video dan audio agar hasil videonya juga bagus. Namun, banyak yang mengambil jalan pintas dengan menggunakan video atau audio yang dilindungi hak cipta tanpa izin, sehingga menyebabkan masalah pada saluran YouTube mereka sendiri.

Penafikan Hak Cipta YouTube adalah suatu kondisi di mana suatu video terindikasi menggunakan konten non-asli milik orang lain. Video YouTube yang melanggar hak cipta tidak dapat dimonetisasi atau dimonetisasi oleh pemilik hak cipta.

Ketika saluran YouTube mendapat peringatan Peringatan Hak Cipta atau Pelanggaran Hak Cipta pada salah satu video yang diunggahnya, ini berarti sebagian atau seluruh konten video tersebut adalah karya atau milik orang lain.

YouTube sendiri sangat ketat dalam menjaga bahwa setiap video yang diunggah ke YouTube harus konten asli atau konten berhak cipta tetapi memiliki izin atau lisensi resmi dari pemilik aslinya. Hal ini bisa ditinjau pada formulir permohonan atau formulir klaim khusus bagi pemilik hak cipta yang merasa karyanya dicuri tanpa izin oleh salah satu channel YouTube.

Pelanggaran hak cipta pada video YouTube biasanya terjadi ketika sebuah video menggunakan lagu berhak cipta atau jika video tersebut merupakan reupload dari video berhak cipta.

Misalnya, Kamal memiliki seekor kucing yang lucu, saking lucunya Kamal merekam aktivitas hewan peliharaannya dan berencana untuk mengunggahnya di YouTube. Namun, karena Kamal senang mendengarkan musik The Chainsmokers, Closer, Kamal menggunakan lagu tersebut sebagai latar belakang video kucingnya sebelum mengunggahnya ke YouTube. Lagu Closer from The Chainsmokers adalah lagu berhak cipta yang hanya didistribusikan di YouTube oleh Vevo sebagai saluran resmi perusahaan rekaman musik. Hasilnya, Video Kamal terkena pelanggaran hak cipta secara otomatis.

Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dilakukan agar video yang kamu upload di YouTube bebas dari klaim hak cipta.

1. Gunakan Lagu tanpa Hak Cipta

Jika Anda ingin membuat video YouTube dan ingin menambahkan audio atau musik, maka ada banyak sekali musik yang dapat Anda gunakan secara gratis. Ada banyak gallery music yang bisa anda gunakan secara gratis tanpa adanya pelanggaran hak cipta salah satunya YouTube Audio Library dan NCS/Non Copyrighted Song.

2. Gunakan Remix Lagu Populer atau Versi Sampul

Jika anda mengalami hal yang sama seperti kasus Kamal di atas, dimana anda ingin menggunakan lagu musisi terkenal yang sedang populer saat ini, anda bisa mencari lagu yang anda inginkan namun dalam bentuk Cover atau Remix. Jika sudah menemukannya jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik Cover atau Remix lagu tersebut. Biasanya meminta izin dari mereka sangat mudah.

3. Jangan Mengunggah Ulang Video Hak Cipta Orang Lain

Upayakan untuk tidak pernah mengunggah ulang video YouTube milik saluran lain atau video dari televisi, misalnya. Apabila anda tetap ingin menggunakan video tersebut, pastikan Anda tidak menggunakan seluruhnya atau hanya sebagian kecil saja. Penggunaan kembali video berhak cipta diizinkan oleh YouTube selama video tersebut termasuk dalam kategori Penggunaan Wajar atau Penggunaan Wajar.

4. Pilih Video atau Musik yang Sudah Berlisensi Creative Commons

Jika Anda membutuhkan video dengan nuansa tertentu sebagai bahan untuk membuat konten di YouTube, Anda juga dapat menggunakan kembali video berlisensi Creative Commons. Cara menemukan video creative commons, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi YouTube.
  2. Masukkan kata kunci dalam pencarian.
  3. Tekan tombol cari (maka akan muncul video yang anda cari).
  4. Klik menu Filter dan pilih Creative Commons.

Setelah itu semua video yang muncul adalah video berlisensi creative commons, tinggal download dan upload, tetapi akan lebih baik jika diedit ulang menjadi kompilasi atau diedit lagi agar menarik. Dapat menambahkan musik atau bahkan menambahkan logo.

Demikianlah beberapa tips cara upload video youtube bebas klaim hak cipta, semoga artikel singkat ini bisa membantu kamu dalam membuat konten dan mengunggahnya ke YouTube.

Posting Komentar untuk "Cara Upload Video YouTube Bebas Klaim Hak Cipta"