Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Panggilan Diakhiri Sendiri Telkomsel? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

panggilan diakhiri sendiri telkomsel

Panggilan Diakhiri Sendiri Telkomsel - Bagi pengguna operator Telkomsel mungkin pernah mengalami masalah panggilan diakhiri secara mendadak ketika sedang melakukan panggilan atau akan melakukan panggilan. Masalah ini juga terjadi pada pengguna operator lain dan mayoritas dialami oleh pengguna Android.

Arti panggilan diakhiri pada bahasan kali ini adalah panggilan yang berakhir secara tiba-tiba saat panggilan sedang berlangsung, bahkan keduanya tidak ada yang mengakhiri panggilan. Hal ini cukup mengkhawatirkan bagi sebagian orang karena menyangka bahwa perangkatnya rusak, padahal mungkin saja hanya karena masalah sepele seperti salah pengaturan.

Agar anda bisa mengatasi permasalahan ini, anda perlu tau penyebab kenapa panggilan diakhir sendiri telkomsel? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Panggilan Diakhiri Sendiri Telkomsel

Penyebab panggilan diakhiri sendiri cukup banyak dan bervariasi, bisa dari kita sendiri atau dari nomor tujuan. Jika panggilan berakhir terjadi di setiap nomor yang dihubungi kemungkinan ada kesalahan pada perangkat anda. Sedangkan jika terjadi di satu nomor saja, menandakan ada kesalahan di nomor yang dituju.

Berikut adalah beberapa penyebab kenapa panggilan diakhiri sendiri Telkomsel dan operator lainnya.

1. Sinyal atau koneksi terputus

Jika panggilan anda tiba-tiba berakhir, bisa jadi disebabkan karena masalah koneksi jaringan yang tiba-tiba hilang atau sedang mengalami gangguan. Apabila salah satu jaringan hilang baik di lokasi anda atau lawan bicara maka otomatis panggilan anda akan berakhir.

Selain itu, biasanya pengguna Telkomsel hanya mengunci jaringan di single network misalnya 4G only sehingga jaringan tidak bisa berubah dengan cepat jika berada di diluar jangkauan 4G. Itulah yang bisa menyebabkan panggilan berakhir secara tiba-tiba.

2. Pulsa atau Limit tidak mencukupi

Pastikan anda masih memiliki pulsa yang cukup atau telah membayar tagihan sebelum melakukan panggilan, supaya panggilan tidak berakhir tiba-tiba. Anda dapat cek pulsa telkomsel, isi pulsa, atau bayar tagihann Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, MyGraPARI, Asisten Virtual Veronika atau lainnya. Jika anda pengguna pascabayar, anda bisa cek limit melalui UMB *111#, atau hubungi cs@telkomsel.co.id untuk mengajukan tambahan limit.

3. Perangkat yang bermasalah

Penyebab lain yang bisa menyebabkan panggilan diakhiri sendiri, bisa dimungkinkan karena masalah perangkat anda. Jika kartu SIM anda bisa digunakan di ponsel lain, artinya ponsel anda yang sedang bermasalah.

Cara Mengatasi Panggilan Diakhiri Sendiri Telkomsel

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab panggilan diakhiri pada operator Telkomsel, sekarang anda juga harus tau cara mengatasinya panggilan diakhiri sendiri telkomsel di hp Oppo dan Vivo. Terdapat 2 cara yang bisa anda lakukan, berikut adalah penjelasannya.

1. Cek Pengaturan Network Operation

Ketika jaringan di lokasi anda saat melakukan panggilan sangat rendah, ponsel anda tidak bisa berpindah mode jaringan dengan cepat ke 4G, 3G, atau 2G. Itulah yang bisa menyebabkan panggilan diakhiri tiba-tiba, tanpa ada yang menekan tombol akhir panggilan.

Bagi pengguna Telkomsel tidak perlu khawatir, karena Telkomsel melayani di semua mode jaringan sehingga anda dapat mengatasi panggilan diakhiri sendiri dengan mengubah sedikit pada pengaturan perangkat anda. Langkah-langkah yang bisa anda ikuti sebagai berikut:

  1. Buka Pengaturan HP.
  2. Pilih Lainnya dan Jaringan Seluler.
  3. Lalu pilih SIM yang digunakan untuk telepon (SIM 1 atau SIM 2).
  4. Buka menu Operasi Jaringan.
  5. Pilih Otomatis .
  6. Selesai..

2. Bersihan Cache Perangkat

Panggilan berakhir sendiri bagi pengguna Telkomsel terkadang karena data cache aplikasi dialer pada perangkat anda sudah penuh. Cara mengatasinya anda cukup membersihkan data cache tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan HP.
  2. Pilih menu Apps.
  3. Ketuk ikon tiga titik vertical.
  4. Pilih aplikasi Telepon.
  5. Pilih menu Penyimpanan.
  6. Klik opsi bersihkan cache.
  7. Selesai.

Akhir Kata

Itulah pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi panggilan diakhiri sendiri telkomsel yang bisa diberikan, sehingga anda tidak akan bertanya-tanya lagi kenapa muncul panggilan diakhiri? Cara ini berlaku untuk pengguna Telkomsel tetapi tidak menutup kemungkinan bagi pengguna operator lain.

Posting Komentar untuk "Panggilan Diakhiri Sendiri Telkomsel? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya"