Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

iPhone Buatan Negara Mana yang Bagus? Ini Jawabannya

iphone buatan negara mana yang bagus

Kebanyakan orang yang membeli iPhone menghiraukan gadget iPhone buatan negara mana yang bagus. Hal ini mungkin merek yang dipakai sudah setara. Meskipun merek sama, belum tentu keluaran dari pabriknya juga sama.

Sebenarnya pabrik produksi iPhone tersebar di beberapa negara. Sebagai pemilik perusahaan, Apple sudah sekian lama bekerja sama dengan perusahaan yang bermarkas di Taiwan, yakni Foxconn.

Perusahaan tersebut merupakan perusahaan manufaktur multinasional yang pabrik produksinya sudah tersebar di beberapa negara. Kerja sama Apple ini bermaksud untuk menyediakan komponen rakitan iPhone.

Karenanya, tidak mengherankan jika ada tulisan "Designed by Apple in California. Assembled in China". Artinya adalah gadget ini memang komponennya dirakit di China meski desain asal perusahaan ponsel bermarkas di Amerika.

Tempat Produksi iPhone Dimana?

Negara pembuat hp iPhone yang membantu Apple dalam perakitan komponen ini sudah menyebar di beberapa negara. Berikut adalah beberapa negara asal pabrik Foxconn pembuat iPhone:

  • Shenzhen China, di mana perusahaan pabrik perakitan komponen iPhone ini sebagian besar telah memproduksi gadget yang selama ini dipasarkan di dunia.
  • Thailand.
  • Singapura.
  • Korea Selatan.
  • Malaysia.
  • Thailand.
  • India.
  • Republik Ceko.
  • Brazil.

Alasan beberapa negara asal pabrik perakitan komponen iPhone sebagian besar berada di benua Asia adalah strategi perusahaan Apple untuk memangkas ongkos produksi agar tidak terlalu besar. Dengan kerja sama Apple ini menunjukkan bahwa Apple tidak memproduksi perakitan komponennya sendiri

iPhone Buatan Negara Mana yang Bagus

Sebetulnya ada standar yang membuat iPhone punya kualitas yang sama. Hanya saja yang membedakan adalah keketatan seleksi atau Quality Control. Meskipun berasal dari pabrik Foxconn, tetapi setiap negara memiliki tingkat keketatan dan standar yang berbeda.

Sejauh ini, Amerika menjadi negara yang memiliki tingkat dan standar keketatan iPhone yang bagus sebelum masuk ke pasar. Selain itu, negara-negara di Eropa juga memiliki kualitas yang tidak kalah ketatnya.

Meski demikian, bukan berarti keluaran pabrik di negara lain yang diproduksi perusahaan Foxconn tidak bagus apalagi dengan keketatan kualitas yang rendah. Tentu saja perusahaan tersebut tetap melakukan standar pengujian dan tingkat Quality Controlnya sebelum produknya akan dipasarkan.

Jadi kamu tidak usah bingung iPhone yang bagus buatan negara mana, yang penting perangkat yang kamu beli merupakan iPhone resmi.

Cara Mengetahui iPhone dari Negara Mana Pembuatannya

Nah, untuk mengetahui iPhone buatan negara mana, Anda bisa mengeceknya terlebih dulu dengan mengetahui IMEI iPhone itu sendiri.

Berikut ini adalah 3 cara yang bisa Anda lakukan:

  • CARA 1
  • Buka Setting iPhone Anda lalu pilih sub menu General. Kemudian Anda klik About yang akan tertera informasi terkait detail iPhone termasuk IMEI-nya;

  • CARA 2
  • Anda juga bisa periksa kemasan iPhone yang umumnya nomor IMEI-nya sudah tertera di bagian belakang. Di bawah tulisan "Designed by Apple in California" terdapat nomor model dan IMEI iPhone tersebut.

  • CARA 3
  • Atau bisa cek melalui kode USSD *#60# dari menu Phone atau Call.

Setelah Anda mengetahui IMEI perangkatnya, perhatian digit ke-7 dan ke-8 dan Anda bisa mencocokkan kedua digit di bawah ini untuk mengetahu negara asalnya:

NoKode Digit ke-7 dan ke-8Negara Asal iPhone
180, 81, 00China
271Malaysia
367Amerika
430Korea Selatan
518Singapura
619, 40, 41, 44Inggris
710, 70, 91Finlandia
807, 08, 20Jerman
906Perancis

Itulah kode digit di mana iPhone Anda diproduksi di negara asalnya.

Adakah Perbedaan iPhone dari Setiap Negara?

Seperti yang sudah Anda katahui di atas bahwa apple tidak memproduksi semua komponen iPhone secara mandiri, terdapat pabrik-pabrik dinegara lainnya yang bertanggung jawab untuk memproduksi komponen sekaligus merakit iPhone yang siap dijual.

Setiap pabrik iPhone disetiap negara sudah memiliki standar kualitas yang setara, jadi dari segi tampilan atau fisik tidak ada perbedaan iPhone dari negara manapun. Mungkin hanya berbeda dari segi fitur untuk menyesuaikan kebutuhan dan kode iPhone untuk tanda pengenal iPhone tersebut berasal dari negara mana.

Akhir Kata

Itulah informasi mengenai iPhone buatan negara mana yang bagus serta cara mengeceknya, mungkin dengan membaca informasi di atas kini Anda sudah tahu iPhone buatan mana yang bagus, kan. Oke sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "iPhone Buatan Negara Mana yang Bagus? Ini Jawabannya"