Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti iPhone Refurbished, Replacement dan Personalized

iphone refurbished replacement personalized

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa iPhone terdapat beberapa jenis yaitu Refurbished atau rekondisi, Replacement dan Personalized. Mungkin kamu belum tau apa itu dan perbedaan dari jenis iPhone tersebut, oleh sebab itu saya membuat artikel ini.

iPhone juga memiliki nomor model sebagai pengenal perangkat. Seperti MNQH2 LL/A pada perangkat iPhone yang saya bahas pada artikel mengenai kode iPhone. Nomor model tersebut bisa menjadi ciri kalau iPhone tersebut jenis apa.

Dari ketiga jenis iPhone ini juga memiliki perbedaan dari segi harga. Harga tersebut ditentukan oleh sparepart, garansi, kemasan dan IMEI. Walaupun memiliki perbedaan, soal kenyamanan dan kualitas tidak beda jauh dengan yang iPhone resmi (original).

Bagaimana, udah mulai penasaran cara membedakannya? Tenang saja, disini saya akan buat secara singkat dan jelas tiap jenis iPhone tersebut.

Mari kita mulai dari iPhone refrubsihed terlebih dahulu, simak dengan baik ya!

Arti iPhone Refurbished/Rekondisi

iPhone refurbished adalah iPhone yang mengalami kerusakan pada salah satu komponen, kerusakannya tersebut memang terjadi dari sananya bukan dari pemakaian pengguna. iPhone tersebut diperbaiki lagi secara resmi, kemudian dijual kembali dengan barang refurbish.

iPhone rekondisi sama seperti iPhone refurbish, sama-sama mengalami perbaikan perangkat. Perbedaanya hanya terletak pada perbaikan iPhone itu sendiri, jika iPhone refurbished diperbaiki secara resmi sedangkan iPhone rekondisi diperbaiki oleh pihak ke tiga yang bukan pihak resmi Apple.

Jenis model iPhone Refurbish memiliki huruf awalan F yang artinya barang tersebut refurbish unit resmi dari Apple atau bisa juga dari Verizon dan AT&T yang merupakan operator penjual iPhone resmi.

Perangkat replace atau rekondisi biasanya kurang diminati walaupun harganya jauh lebih murah, sebab bisa saja software dan hardware-nya terkadang suka bermasalah karna hardware diambil dari perangkat iPhone lain.

Selain software dan hardware, iPhone jenis ini juga suka bermasalah dengan IMEI dan garansi yang tidak jelas.

Jika dilihat dari dus box, box iPhone refurbished resmi adalah warna putih dan memiliki tanda "Apple Certified Pre-Owned".

Arti iPhone Replacement

iPhone replacement adalah perangkat baru tapi mengalami kerusakan (cacat) yang kemudian dikembalikan dan diperbaiki oleh Apple sendiri secara resmi.

Unit iPhone yang sudah diperbaiki akan dijual dengan label replacement. Dijual di toko online yag bukan distributor resmi Apple.

Walaupun diperbaiki secara resmi dan kualitas terjaga, iPhone replacement jika dijual akan mengalami penurunan harga.

Arti iPhone Personalized

iPhone personalized adalah perangkat iPhone yang dipesan secara custom. Desain iPhone ini dibuat sesuai permintaan pembeli kepada Apple Online Store, desain yang dipesan sesuai permintaan hanya pada bagian body belakang saja.

Cara Mengetahui iPhone Refurbished, Replacement atau Personalized

Kita bisa mengetahui jenis iPhone yang dimiliki apakah jenis iPhone Refurbished, Replacement atau Personalized. Caranya adalah dengan melihat nomor model iPhone yang bisa dilihat di Pengaturan. Berikut adalah langkah-langkah cara mengetahuinya.

  1. Buka Setting iPhone.
  2. Pilih GeneralAbout.
  3. Lihat Nomor Model iPhone.
nomor model iPhone
Pejelasan singkat huruf awal pada iPhone:
  • F: Perangkat refurbish resmi dari Apple.
  • M: Perangkat baru yang dijual retail, Apple Store Online atau Apple Retail Store.
  • N: Perangkat pengganti atau replacement karna terjadi masalah pada perangkat.
  • P: Perangkat khusus yang dipersonalisasi.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai iPhone Refurbished, Replacement dan Personalized, nah sekarang kamu sudah tau jenis-jenis atau model iPhone.

Sedikit sarana, selalu perhatikan ketika membeli iPhone baru ataupun bekas, cek nomor model supaya kamu tidak salah atau menyesal ketika membeli iPhone. Lebih baik lagi jika kamu membeli iPhone dari distributor resmi.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Arti iPhone Refurbished, Replacement dan Personalized"