Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis-Jenis Template Blogger dan Contohnya

jenis-jenis template blogger dan contohnya

Template blogger saat ini sudah tersedia beberapa macam, perbedaan template blog bisa kita bedakan melalui tampilan dan fitur nya.

Sebagai blogger kita harus bisa menyesuaikan tampilan blog dengan konten yang akan dibuat. Misalnya template blogger toko online, kontennya berisi produk lengkap dengan informasi gambar produk, harga dan kontak admin.

Jenis-Jenis Template Blogger dan Contohnya

Disini saya telah mengumpulkan beberapa jenis temlate blogger beserta contoh nama template nya. Berikut adalah bebebrapa tema blog yang sudah tercipta dan juga contohnya.

1. Template Blogger Berita dan Majalah

Blog News dan Magazine dirancang khusus untuk portal berita. Template berita memiliki ciri tampilan dan navigasi yang terlihat ramai.

Template berita umumnya menggunakan 2 hingga 5 kolom. Kolom-kolom tersebut berisi kabar berita terbaru dengan niche tertentu yang ingin ditampilkan di sana.

Jadi, jika kamu adalah orang yang sedang mencari template untuk portal berita, maka kamu perlu melihat beberapa contoh tema blog di bawah ini.

Contoh template blog Berita dan Majalah:

  1. MagOne
  2. FlatNews
  3. CB Magazine
  4. Newsify Magazine
  5. Newspeed

2. Template Blogger Personal

Ga banyak yang bisa dijelaskan mengenai template blog personal. Kalau tema personal mah bebas mau gimana desain nya, setiap orang kan beda-beda kriteria desain nya kaya gimana.

Biasanya template personal itu simple-simple, bersih gitu tampilannya. Ya bisa kalian bayangkan lah penulis blogger personal itu sederhana tapi elegan.

Bagi mereka yang penting isi kontennya bernilai, kaya akan karya dan karangan terbaik.

Contoh template blog Personal:

  1. Personal
  2. Camille
  3. Amalie
  4. Bloggy
  5. Emerge

2. Template Blogger SEO

Template blogspot paling banyak dicari oleh blogger-blogger zaman sekarang ada template blog SEO friendly. Ya, karna bagi google sangat penting.

Template SEO dirancang khusus mengikuti peraturan dan kemauan mesin pencari Google. Hal ini berguna agar artikel-artikel yang kita buat lebih mudah naik peringkat di pencarian google.

Adapun poin penting pada template blogger SEO adalah: Desain bersih, Responisve, Mobile Friendly, Fast Loading, Valid, Valid Schema Markup, Fitur yang menunjang SEO On Page.

Contoh template blog SEO:

  1. LinkMagz
  2. Median UI
  3. Fletro
  4. Igniplex
  5. Kompi Ajaib

3. Template Blogger Toko Online

Selanjutnya ada template toko online blogspot. Template yang dirancang khusus untuk berjualan produk di internet.

Template blog toko online pada halaman utamanya penuh dengan postingan-postingan produk. Kemudian informasi kontak dan beberapa testimoni untuk meyakinkan pengunjung.

Walaupun blogger tak secanggih platform lain, hal terpenting adalah sudah memenuhi fitur umum yang wajib ada di web toko online. Apa saja fiturnya?

Berikut adalah beberapa fiturnya: Keranjang Belanja, Halaman Produk, Pencarian Produk, Produk Terkait, Chatting atau Customer Service, Panduan Cara Order, Tanya Jawab (FAQ)

Contoh template blog Toko Online:

  1. VioToko
  2. Tokoside
  3. Toko WA
  4. BukaBaju
  5. Bospedia

4. Template Blogger Portfolio / CV

Template blogger jenis ini biasanya hanya memiliki 1 halaman penting di beranda-nya. Hampir sama seperti template landing page, hanya saja tulisan yang dibagikan bukanlah tulisan jualan produk.

Template Protfolio atau CV hanya menampilkan profil, biodata dan info keahlian si pemilik web tersebut. Ya intinya seperti promosi diri di internet.

Ya pasti kamu juga tahu kan apa itu CV isinya apa saja.

Contoh template blog Portfolio:

  1. Storm
  2. Inventive
  3. Modern
  4. Monal
  5. Vcard Theme

6. Template Blogger Foto

Template blogger foto juga berbeda dengan tema blog jenis lainnya. Konten Blog itu sangat beragam, banyak kategori khusus.

Seperti blog yang hanya menampilkan konten gambar dan sedikit caption mengenai gambar tersebut. Blog seperti ini dikenal oleh blogger sebagai blog wallpaper.

Tampilan blogger khusus foto cukup simple juga, pada halaman utama nya seperti galeri foto. Banyak gambar wallpaper ditampilkan disana.

Contoh template blog khusus Foto:

  1. CB Blog Foto
  2. Grace Gallery
  3. 25 Pixel Gallery
  4. Throne Responsive Gallery
  5. Simple Grid Responsive Gallery

7. Template Blogger Video

Selain tenplate khusus gambar, ada juga template blog yang dirancang khusus menampilkan video.

Beberapa web video sering saya temui kontenya berkonsep streaming video dan situs download video seperti anime, film indonesia, film drama korea dan masih banyak lagi.

Dari segi tampilan dan fitur nya cukup banyak, seperti widget populer video, ratting video, kolom request video, tersedia slot iklan mandiri berupa banner dan fitur lainnya.

Contoh template blog khusus Video:

  1. Video Box
  2. Video Portal
  3. Movie Mag Video
  4. SBT Movie
  5. Video Download

8. Template Blogger Landing Page

Template landing page blogspot sangat berbeda dengan template blogger lainnya. Kenapa? Karna biasanya tema landing page dihalaman utama nya hanya tampil 1 kolom saja.

Halaman tersebut berisi tulisan copywriting, tulisan yang tujuannya untuk promosi sebuah produk digital ataupun produk fisik.

Belakangan ini template landing page blogger premium juga banyak dicari. Ya tidak heran sih, sebab dimasa pandemi seperti sekarang banyak orang-orang mulai mencari penghasilan di internet.

Contoh template blog Landing Page:

  1. Invento
  2. Logue
  3. Design Studio
  4. Copywriter
  5. First Order

8. Template Blogger Sekolah

Template blog buat sekolah mungkin hampir sama dengan blog news atau magazine. Karna isi konten dan media yang ditampilkan cukuo banyak di halaman utamanya.

Umumnya konten dan media yang ditampilkan adalah profil gurul, kabar harian sekolah, pengumuman rapat, slide foto dan video layaknya mading dan lainnya.

Template blogger bertema sekolah jarang banget sih yang buat, alasanya karna peminatnya juga kurang kan, jadi si pembuat template males kali bikinnya.

Kebanyakan template sekolah yang dicari menggunakan platform Wordpress, karna fiturnya lebih banyak juga kan.

Contoh template blog Sekolah:

  1. DesignPro
  2. MagPress
  3. Creativa
  4. TheFocus
  5. HignTech

Akhir Kata

Itulah macam-macam template blogger yang mesti kamu ketahui, sehingga bisa menggunakan template blog sesuai dengan konten artikel yang akan dibuat.

Dan untuk memudahkan mencari template blogger di atas, gunakan kata tambahan blogger template. Contoh MagOne Blogger Template..

Sekian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Template Blogger dan Contohnya"