Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nomor Referensi Mandiri, Fungsi dan Cara Mengeceknya

nomor referensi bank mandiri

Nomor Referensi Mandiri - Sistem keuangan di sektor perbankan dan proses transaksi kian merambah di ranah digital internet. Setiap proses transfer pada semua bank tentu memerlukan nomor referensi tak terkecuali bank mandiri.

Dengan mengenal dan memahami nomor referensi mandiri, para nasabah akan lebih mengerti setiap alur dalam melakukan transaksi antar rekening dan bank.

Memahami Nomor Referensi Mandiri

Mungkin di benak sebagian nasabah khususnya bank mandiri sering bertanya tentang nomor referensi mandiri yang muncul saat melakukan transaksi. Pada saat melakukan proses transfer melalui mobile banking, nasabah terkadang bingung ketika diminta untuk memasukkan nomor referensi. Namun siapa sangka dibalik nomor yang membingungkan ini menjadi kunci keberhasilan transaksi.

Jika demikian, lalu apa itu nomor referensi mandiri? Secara garis besar nomor referensi merupakan serangkai angka yang kebanyakan terdiri dari tiga digit dan diperlukan ketika nasabah akan melakukan transaksi pembayaran sebuah produk maupun jasa serta diperlukan saat melakukan transfer antar rekening dan bank.

Baik bank mandiri maupun bank lainnya, masing-masing memiliki kode nomor spesifik ini atau yang disebut nomor referensi. Nomor ini dijadikan sebagai acuan transaksi melalui sistem pembayaran digital. Dengan demikian proses transfer akan berhasil dengan menggunakan nomor spesifik ini, dimana nasabah dapat mengetahui bank asal maupun tujuan melalui nomor referensi.

Di Indonesia sendiri, setiap bank mempunyai nomor spesifik tersendiri sebagai nomor referensi. Dari bank milik pemerintah negara, swasta, hingga bank lokal di setiap daerah menggunakan nomor referensi termasuk bank mandiri dengan nomor referensi mandiri. Tentu saja saat melakukan transaksi, para nasabah tak perlu khawatir, karena nasabah bisa dengan mudah memeriksa nomor referensi.

Fungsi Nomor Referensi Saat Transfer di Bank Mandiri

Selain mengenal tentang nomor referensi, ada baiknya juga bagi nasabah untuk mengetahui fungsi maupun kegunaan nomor referensi ini khususnya bank mandiri. Dengan memahami kegunaan nomor referensi mandiri, para nasabah baru tak perlu merasa bingung maupun khawatir dalam melakukan transaksi antar rekening ataupun saat melakukan proses transfer.

Agar lebih mudah untuk menjelaskan mengenai fungsi no referensi bank mandiri, lebih baik menggunakan gambaran sederhana sebagai contoh.

Misalnya, nasabah melakukan pembelian secara online kemudian nasabah melakukan transaksi pembayaran senilai harga produk maupun jasa yang dibeli. Untuk memperlancar transaksi, penjual akan memasukkan nomor referensi pelanggan mandiri pada proses transaksi nasabah.

Jika penjual telah memasukkan kode referensi, maka ketika nasabah melakukan proses transaksi dan transfer akan diminta memasukkan kode nomor referensi sebagai kesepakatan antara nasabah dan penjual melalui transaksi bank secara mobile banking via internet. Dengan begitu pada pihak nasabah akan muncul notifikasi masukkan nomor referensi. Di saat notifikasi muncul, nasabah hanya perlu memasukkan nomor referensi sebagai bukti transaksi.

Melalui analogi tersebut, secara garis besar fungsi nomor referensi mandiri adalah sebagai sistem yang akan mempermudah melakukan proses pelacakan data antara nasabah dengan pihak penjual.

Contohnya ketika penjual ingin memeriksa apakah nasabah telah melakukan proses transfer ataupun belum. Sebaliknya juga berlaku untuk nasabah, ketika terjadi hal yang tak diinginkan, maka dapat melakukan pelacakan melalui nomor referensi bank.

Dan nomor referensi ini hanya bisa diketahui oleh pengirim dan penerima saldo, sesuai kesepakatan kedua belah pihak

Cara Cek Nomor Referensi Bank Mandiri

Dikarenakan setiap bank memiliki nomor referensi yang berbeda, tentu dalam melakukan pemeriksaan kode spesifik ini mempunyai metode dan sistem yang berbeda. Untuk hal ini, bank mandiri juga mempunyai cara untuk cek nomor referensi mandiri, adapun cara dalam melakukan cek dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Lakukan login pada aplikasi mandiri mobile melalui ponsel.
  2. Setelah tampil halaman utama, masuk pada menu di bagian pojok sisi atas sebelah kiri.
  3. Akan tampil pilihan sub menu, tekan bagian tab status transaksi.
  4. Pili filter pada pencarian lalu masukkan rentang waktu untuk pencarian.
  5. Jika sudah pilih tab menu dan cari transaksi yang ditentukan.
  6. Klip akun rekening mandiri pada opsi nomor rekening.
  7. Pilih status untuk menampilkan informasi transaksi.
  8. Apabila sudah maka akan tampil informasi detail mengenai transaksi yang dilakukan, dihalaman status akan ada informasi nomor referensi mandiri.

Contoh Nomor Referensi Mandiri

Berikut adalah contoh nomor referensi pada transaksi pembelian pulsa melalui internet banking mandiri.

contoh nomor referensi mandiri

Akhir Kata

Demikian sekilas pembahasan mengenai nomor referensi mandiri. Semoga melalui informasi ini akan lebih menambah wawasan bagi para nasabah baru bank mandiri maupun bagi pembaca lainnya.

Dengan begitu nasabah tidak akan bingung dan tak perlu merasa khawatir ketika melakukan transaksi secara digital diminta memasukkan nomor referensi dari bank.

Posting Komentar untuk "Nomor Referensi Mandiri, Fungsi dan Cara Mengeceknya"