Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jam Operasional BPJS Ketenagakerjaan? Cek disini Jadwalnya

jam operasional bpjs ketenagakerjaan buka jam berapa

Di masa pandemi seperti saat ini, dengan tingginya kasus kematian, pemutusan kerja membuat banyak orang memilih untuk melakukan pendaftaran jaminan untuk berjaga-jaga. Salah satunya adalah melalui badan yang telah lama berdiri dan sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Adapun nama badan tersebut adalah BPJS, atau singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Badan ini juga memiliki cabangnya yakni BPJS Ketenagakerjaan. Jam operasional BPJS Ketenagakerjaan biasanya juga ikut menyesuaikan dengan kondisi pandemi.

Memang jam operasional BPJS ini selama pandemi mengalami perubahan karena harus menaati protokol kesehatan. Untuk mengetahui lebih dalam tentang apa itu dan bagaimana jam operasional BPJS Ketenagakerjaan, simak penjelasan lebih lengkapnya pada penjabaran di bawah ini.

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan merupakan sebuah badan penyelenggara jaminan sosial yang telah resmi pada akhir tahun 2019 berganti nama menjadi JAMSOSTEK.

Badan tersebut adalah sebuah Badan Hukum Publik yang memiliki tanggung jawab secara langsung kepada Presiden Republik Indonesia dengan cara memberikan perlindungan untuk para tenaga kerja. Tugasnya adalah mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu yang berasal dari hubungan kerja.

Jaminan sosial tenaga kerja merupakan sebuah lembaga yang diselenggarakan secara langsung oleh pemerintah guna melindungi para pekerja agar kebutuhan minimal yang mereka dan keluarga perlukan bisa terpenuhi dengan baik.

Jamsostek sendiri keberadaannya sudah ada sejak tahun 1995, dimana pada tahun 2014 nama Jamsostek tersebut kemudian berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

Fungsi dari BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa perlindungan yang diberikan pada pekerja tak hanya berlaku untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan saja, melainkan seluruh keluarga hingga ahli warisnya. Dengan adanya jaminan ini, para pekerja tentu akan lebih tenang dalam bekerja karena sudah ada jaminannya.

Adapun fungsi dari BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai berikut:

  1. Jaminan apabila ada kecelakaan kerja.
  2. Jaminan kematian.
  3. Jaminan pensiun untuk peserta dan ahli warisnya agar bisa mempertahankan derajatnya serta mendapatkan kehidupan yang layak.

Jam Operasional BPJS Ketenagakerjaan

Baik hari maupun jam operasional BPJS Ketenagakerjaan sudah diberlakukan di banyak kantor yang ada di Indonesia. Jam operasional BPJS Ketenagakerjaan ini sangat berguna untuk kamu yang ingin datang ke kantor guna kepentingan klaim ataupun mengajukan keluhan agar memperhatikan hari dan jam kerjanya terlebih dahulu.

Jam operasional BPJS Ketenagakerjaan yang berlaku di tahun 2021 yakni dari hari senin sampai hari jumat dengan jam kerja mulai pukul 08.00 WIB - pukul 17.00 WIB.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa di hari sabtu dan minggu, BPJS Ketenagakerjaan tidak beroperasi karena termasuk hari libur.

Oleh karena itu, lebih baik kamu datang di hari kerja yakni pada hari senin sampai jumat, dan jangan di hari libur atau hari sabtu dan minggu.

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

  1. Untuk menjadi fasilitas KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.
  2. Menjadi fasilitas untuk konsultasi.
  3. Menjadi fasilitas program pelatihan untuk karyawan.
  4. Menjadi fasilitas untuk program pinjaman guna merenovasi rumah.
  5. Terakhir, untuk menjadi fasilitas bagi beasiswa di bidang pendidikan.

Akhir Kata

Demikian informasi tentang apa itu BPJS Ketenagakerjaan hingga bagaimana jam operasional BPJS Ketenagakerjaan berlaku di tahun 2021 ini.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa BPJS Ketenagakerjaan sangat berguna bagi kamu para pekerja. Karena dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa menikmati jaminan baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Posting Komentar untuk "Jam Operasional BPJS Ketenagakerjaan? Cek disini Jadwalnya"