Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ukuran Postcard Standar, Contoh dan Cara Membuatnya

ukuran postcard

Ukuran Foto Postcard - Jika anda belum tahu apa itu postcard, postcard merupakan sebuah kartu yang dipergunakan sebagai alat untuk menyampaikan pesan kepada orang lain mengunakan layanan jasa kantor pos.

Dari dulu hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan teknologi manual seperti postcard, walaupun perkembangan teknologi semakin maju namun orang-orang tetap menggunakan postcard karena masih memiliki nilai estetik.

Keunggulan Postcard

Meskipun layanan kantor pos terbilang sudah cukup kuno, namun nyatanya masih banyak orang yang tetap setia menggunakan kantor pos ini.

Sebagian besar orang menganggap bahwa pengiriman melalui postcard lebih memiliki nilai estetika jika dibanding dengan pengiriman pesan melalui digital message. Tak hanya itu saja, postcard juga memiliki banyak kelebihan lainnya. Berikut adalah penjabaran lebih lengkapnya.

  • Mudah Disimpan
  • Manfaat penggunaan postcard yang pertama didukung karena ukurannya ideal sehingga mudah untuk disimpan. Penerima postcard tersebut bisa menyimpannya di berbagai tempat, seperti dijadikan hiasan pada lemari maupun kulkas. Namun, jika anda akan memberikannya kepada pelanggan, ada baiknya anda membuat ukura postcard yang lebih besar dan tempelkan logo di dalamnya agar brand milikmu tetap diingat oleh pelanggan.

  • Memiliki Kesan Personal Touch
  • Terkhusus bagi para owner online shop, biasanya mereka memiliki inisiatif untuk mengirim produk ditambah dengan ucapan terima kasih berupa postcard. Tentunya, penyertaan postcard tersebut akan membuat kesan personal touch karena mereka akan merasa dihargai dan tentu saja akan tersanjung.

  • Bisa Terdiri Lebih dari Satu Informasi
  • Tak hanya sekadar berbalas pesan saja, namun terkadang postcard juga digunakan untuk memberikan informasi yang penting. Terutama untuk anda yang memiliki usaha online shop, anda bisa memberika informasi penting kepada pelanggan. Baik itu berupa penjelasan kelebihan dari produk tersebut, fitur-fitur, maupun promo diskon, dll.

  • Pencetakan Cepat dan Mudah
  • Kelebihan terakhir dari postcard adalah proses pencetakannya mudah dan terhitung cukup cepat. Terutama untuk kepentingan media promosi, postcard juga bisa menjadi alternatif yang dapat dipilih. Anda hanya perlu modal berupa laptop untuk mendesain dan mengatur ukuran, printer dan kertas tebal untuk mencetak.

Ukuran Foto Postcard Standar

Setelah mengetahui tentang keunggulan dari postcard anda juga harus tahu berapa ukuran postcard. Umumnya ukuran foto postcard standar yang digunakan oleh orang-orang adalah ukuran 3R (3,5 x 5 inch, 8,9 x 12,7 cm atau 1051 pixel x 1500 pixel).

Namun ternyata di berbagai tempat ukuran postcard itu berbeda, karena pada dasarnya setiap negara memang memiliki ukuran postcard-nya sendiri yang berbeda satu sama lain.

Berikut adalah beberapa ukuran standar postcard yang digunakan di berbagai negara.

Ukuran Postcard di Indonesia

Postcard yang digunakan oleh masyarakat Indonesia kebanyakan diperuntukkan dalam berkirim pesan terutama melalui kantor pos. Indonesia sejak dulu telah menetapkan ukuran standar pada postcard yakni sebesar 4x6 inchi.

Ukuran Postcard di Internasional

Berbeda dengan Indonesia, sebagian besar negara di Internasional juga memiliki ukuran standar postcard yang sama. Ukuran standar ini umumnya digunakan untuk melakukan komunikasi bertukar pesan dari satu negara ke negara yang lain. Adapun ukurannya yakni 5,8x4,1 inci atau mengikuti ukuran A6.

Ukuran Postcard di Amerika

Sedikit berbeda dengan yang lain, ukuran standar postcard di Amerika memiliki ukuran minimum dan maksimum. Adapun ukuran minimum yakni 5,0x3,5 inci sedangkan ukuran maksimumnya sebesar 6,0x4,25 inci.

Ukuran Postcard di Old British

Ada beberapa ukuran yang digunakan menjadi ukuran standar postcard di Old British. Adapun macam ukurannya antara lain, 4,75x3,5 inci, 5,5x3,5 inci, dan 5.875x4.15 inci.

Contoh Postcard untuk Lamaran Kerja

Tidak lengkap rasanya jika artikel poscart ini tidak memberikan contoh foto postcard-nya. Jadi disini kami akan memberikan beberapa contoh foto postcard untuk melamar kerja, berikut adalah contohnya.

contoh foto postcard melamar kerja
contoh postcard untuk melamar kerja
contoh foto postcard lamaran kerja

Cara Membuat Foto Postcard untuk Melamar Kerja

Di atas kita sudah mengetahui mengenai keunggulan serta macam-macam ukuran postcard standar dari berbagai negara. Adapun ukuran postcard untuk melamar kerja biasanya menggunakan ukuran 3R (3,5 x 5 inch atau 8,9 x 12,7 cm). Apabila dalam pixel berarti memiliki ukuran 1051 pixel x 1500 pixel.

Setelah menentukan ukuran postcard-nya, mari kita lanjut ke langkah-langkah cara membuat postcard lamaran kerja di bawah ini.

Membuat Postcard di Photoshop

  1. Buka aplikasi Photoshop di laptop atau PC.
  2. Buat lembar kerja baru dengan ukuran 3,5 x 5 inch atau 8,9 x 12,7 cm.
  3. Masukkan foto dengan cara klik menu File kemudian Open.
  4. Cari dan pilih foto terbaik di laptop anda untuk lamaran kerja.
  5. Rapihkan foto dengan mengeditnya sebagus mungkin.
  6. Jika sudah selesai simpan foto ke galeri, caranya klik File kemudian Save As ke komputer lalu pilih format PNG atau JPEG.
  7. Selesai.

Membuat Postcard di Word

  1. Buka Microsoft Word di komputer Anda.
  2. Pilih "Dokumen Kosong".
  3. Atur layout paper menjadi 3,5 x 5 inch atau 8,9 x 12,7 cm.
  4. Masukkan foto yang sudah anda siapkan untuk lamaran kerja ke Word.
  5. Jika sudah selesai klik File lalu Save.
  6. Selesai.

Akhir Kata

Itulah sekilas informasi yang dapat kami berikan terkait denga ukuran foto postcard beserta contoh dan cara membuatnya. Secara garis besar, ukuran foto postcard tentu berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kembali anda menggunakan postcard tersebut untuk keperluan apa.

Posting Komentar untuk "Ukuran Postcard Standar, Contoh dan Cara Membuatnya"