Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ukuran Foto Polaroid Standar 1R 2R 3R 4R 5R 8R 10R

ukuran foto polaroid

Ukuran Foto Polaroid - Ada banyak cara untuk mengabadikan momen agar menjadi sebuah kenangan yang berharga, salah satunya adalah dengan memotret. Seiring perkembangan zaman, memotret menggunakan handphone menjadi salah satu cara yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Namun, walaupun mudah, tak menutup kemungkinan foto yang dipotret tersebut bisa saja terhapus baik sengaja maupun tidak.

Maka dari itu banyak orang lebih prefer mencetak foto hasil jepretan tersebut ke berbagai ukuran atau model. Salah satu caranya adalah dengan mencetak foto model polaroid yang memiliki berbagai macam pilihan ukuran.

Pilihan ukuran Polaroid akan memudahkan kamu dalam mencetak foto dalam bentuk yang pas. Ukuran foto polaroid juga bisa terpengaruh dari kamera polaroid yang dipakai. Agar mengetahui lebih banyak tentang ukuran foto polaroid, berikut ini akan kamu jabarkan informasi lebih lengkap tentang macam-macam ukuran foto polaroid.

Tentang Foto Polaroid

Sebelum masuk ke pembahasan inti, ada baiknya kamu mengenal lebih dalam tentang pengertian foto polaroid itu sendiri. Sejatinya, foto polaroid adalah sebuah foto yang dihasilkan oleh kamera polaroid itu sendiri.

Sedangkan, kamera polaroid itu ada dua jenisnya yakni kamera polaroid analog dan kamera polaroid digital. Kedua jenis kamera polaroid tersebut mempunyai tingkat kelebihan, kekurangan, hingga kerumitan yang berbeda satu sama lain.

Sebelum memutuskan untuk membeli kamera polaroid, tentukan terlebih dahulu film apa yang nantinya akan digunakan untuk mencetak foto polaroid.

Sesuai jenis kameranya, film pada kamera polaroid ada dua macam, yakni pada kamera polaroid analog digunakan film roll, dan pada kamera polaroid digital digunakan film ZINK inc. Kedua jenis film dan kamera memiliki harga yang berbeda.

Ukuran Foto Polaroid

Hingga saat ini, sudah banyak bermunculan berbagai jenis ukuran foto polaroid yang tersebar di pasaran. Namun, polaroid yang asli memilki ukuran standar, lalu berapa ukuran foto polaroid?

Pada penjabaran singkat kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi tentang ukuran polaroid dari yang asli hingga yang umum dijual di pasara sesuai keinginan.

Ukuran Polaroid Standar Asli

Ukuran asli atau ukuran standar yang digunakan pada polaroid adalah sebesar 7,89 x 7,68cm atau dalam inch 3,108 x 3,024 di bagian area foto. Sedangkan untuk bagian dimensi kertas foto pada polaroid adalah sebesar 10,75 x 8,85 dalam cm dan 4,233 x 3,483 dalam inch.

Ukuran tersebut mengacu pada kamera yang beredar tahum 1972 hingga 1981 silam yakni kamera Polaroid SX-70 buatan Polaroid Corporation.

Tak hanya itu saja, seiring dengan perkembangan zaman hadir ukuran standar polaroid mengalami perubahan, disebut juga dengan ukuran standar yang kedua. Ukuran standar polaroid kedua ini didasarkan pada kamera Polaroid Image/Spectra.

Adapun rincian ukurannya adalah sebagai berikut, 7,34 x 8,08 dalam cm dan 2,890 x 3,574 dalam inch. Sedangkan untuk ukuran dimensi kertas sebesar 10,29 x 10,14 dalam cm dan 4,051 x 3,996 dalam inch.

Ukuran Berdasarkan Jenis Kamera

Ukuran yang kedua ini mengacu pada versi kamera dan produsen yang membuatnya. Ambil contoh saja, saat ini ukuran foto polaroid untuk kamera Fujifilm InstaX Mini 7S adalah sebesar 5,4 x 8,6 cm atau 2,13 x 3,4 dalam inch.

Sedangkan untuk kamera Polaroid Snap memiliki ukuran 2x 3 dalam inch atau 5,08 x 7,62 dalam cm.

Ukuran Foto Polaroid dalam CM

Untuk memudahkan kalian dalam menentukan ukuran foto di aplikasi, berikut kami sertakan ukuran foto polaroid dalam CM.

  • Polaroid 1R = 4×6 cm
  • Polaroid 2R = 5, 6 x 8, 9 cm
  • Polaroid 3R = 8, 9 x 12, 7 cm
  • Polaroid 4R = 10, 2 x 15, 2 cm
  • Polaroid 5R = 12, 7 x 17, 8 cm
  • Polaroid 8R = 20, 3 x 25, 4 cm
  • Polaroid 10R = 25,4 x 30,5 cm

Ukuran Polaroid Custom

Selain ukuran yang sudah ditentukan seperti di atas, foto polaroid juga bibuat secara custom atau sesuai kebutuhan masing-masing. Ukuran kerta foto yang akan dicetak juga disesuaikan dengan foto polaroid.

Ukuran Polaroid Square atau Landscape?

Foto polaroid bisa dicetak dengan bentuk square ataupun landscape, kamu bebas mencetak polaroid sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jika gambar atau foto terlihat lebih bagus landscape, maka sebaiknya buat polaroid dalam bentuk landscape saja, begitu juga sebaliknya. Jadi disesuaikan saja dengan fotonya ya.

Dan saat ini sudah banyak ukuran foto polaroid yang bermacam-macam jenisnya sesuai dengan versi kamera. Oleh karena itu, tidak masalah jika kamu menggunakan ukuran panjang dan lebar foto polaroid yang berbeda. Hal tersebut akan membuat foto terlihat lebih unik dan tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Ukuran Foto Polaroid Standar 1R 2R 3R 4R 5R 8R 10R"