Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Download Aplikasi iPhone tanpa App Store 2023

cara download aplikasi iphone tanpa app store

Hallo guyss.. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi trik cara download aplikasi di iPhone tanpa App Store. Simak terus sampai selesai ya!

Sejak tahun 2015 App Store sudah menyediakan 1,4 juta lebih aplikasi gratis dan berbayar, dan ditahun 2020 sudah mencapai 2,93 juta aplikasi, perkembangan yang sangat cepat.

Tapi entah kenapa masih banyak orang yang ingin download aplikasi iPhone di luar App Store, mencari aplikasi premium yang gratis kah, hehe.

Bagi kamu pengguna iPhone pastinya ingin memasang banyak aplikasi yang beragam di iPhone, namun terkadang ada saja kendala yang membuat kamu memutuskan untuk tidak mengunduh aplikasi tersebut, mungkin karna aplikasi yang kamu taksir ini berbayar atau hal lainya.

Tenang saja, karna pada artikel kali ini saya akan berbagi beberapa tips dan cara download aplikasi selain dari App Store.

Apakah Bisa install Aplikasi iPhone Selain dari App Store?

Secara default, iOS tidak memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dari sumber selain App Store. Namun, dengan beberapa langkah tambahan, ada beberapa cara untuk menginstal aplikasi dari sumber lain di iPhone.

Salah satu cara adalah dengan menggunakan "sideloading", yaitu menginstal aplikasi yang tidak tersedia di App Store dengan mengunduh file instalasi dari sumber lain, kemudian memasangnya di iPhone. Namun, hal ini memerlukan pengaturan yang cukup rumit dan risiko keamanan yang lebih tinggi, karena aplikasi yang diinstal dari sumber tidak resmi tidak terverifikasi oleh Apple dan dapat mengandung malware atau virus.

Ada juga beberapa aplikasi yang tersedia di luar App Store, seperti aplikasi pengembangan atau aplikasi internal yang dirancang untuk digunakan oleh organisasi tertentu. Pengguna dapat menginstal aplikasi ini dengan menggunakan sertifikat khusus yang diberikan oleh pengembang aplikasi atau organisasi yang menyediakan aplikasi tersebut.

Namun, dianjurkan agar pengguna hanya menginstal aplikasi dari sumber terpercaya dan terverifikasi, seperti App Store, untuk menjaga keamanan dan privasi perangkat mereka.

Cara Download Aplikasi iPhone tanpa App Store

Cara yang saya gunakan adalah dengan bantuan aplikasi App Pins.

App Pins adalah fitur baru di aplikasi Pinterest yang dibuat secara kerja sama antara Apple dan pinterest. Dengan adannya App Pins, pengguna apple bisa menemukan dan menyimpan hal-hal menarik di Pinterest.

Selain itu, App Pins juga bisa membantu pengguna untuk memasang aplikasi diluar app store. Bisa mengunduh langsung dari aplikasi Pinterest, tanpa perlu masuk ke App Store.

Misalnya, ketika pengguna melihat gambar aksesoris (gambar aksesoris tersebut sudah terhubung ke aplikasi yang sesuai dari app store), maka App Pins akan memunculkan ikon install dan Pin it di sudut kanan atas.

Untuk download aplikasi iPhone dari Pinterest, pengguna bisa langsung klik tombol Install.

download aplikasi iphone lewat app pins

Cara membuat App Pin terhubung ke App Store:

  1. Buka aplikasi Pinterest, lalu pilih Tambahkan Pin dari kamera iPhone.
  2. Unggah gambar dengan resolusi tinggi.
  3. Atur URL tujuan ke halaman aplikasi App Store yang sesuai.

Sayangnya, saat ini App Pins hanya tersedia di negara Amerika Serikat (AS) dan khusus untuk pengguna iOS.

Tempat Download Aplikasi iPhone Selain App Store

Selain mengunduh aplikasi di App Store, pengguna iPhone juga bisa download aplikasi di luar App Store. Banyak website yang sudah menyediakan berbagai macam aplikasi khusus iPhone.

Hebatnya lagi, beberapa web tersebut bisa memberikan aplikasi premium jadi gratis tanpa syarat. Ga percaya? Berikut saya buktikan dengan beberapa rekomendasi situs download aplikasi untuk iPhone.

1. Hipstore

Pertama ada ihipstore.com, situs download aplikasi dan game iPhone berbayar jadi gratis. Hipstore tersedia untuk perangkat PC, Android dan iOS.

Sangat luar biasa! Ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang mau mencoba aplikasi berbayar. Koleksi ribuan aplikasi terbaik hadir di aplikasi ini. Aplikasi Hipstore tersedia untuk semua versi iOS.

Kamu tidak perlu khawatir apakah download aplikasi di Hipstore aman atau tidak, karna sebelum di unggah Hipstore sudah melakukan beberapa scan untuk mengcegah adanya virus dalam aplikasi tersebut.

2. Tutuapp

Selanjutnya ada tutuapp.vip. Sedikit berbeda dengan Hipstore, jika di hipstore kamu boleh mengunduh aplikasi secara langsung sedangkan di Tutuapp kamu harus menginstall toko terlebih dahulu.

Di Tutuapp juga terdapat dua pilihan akun, yakni reguler (gratis) atau VIP (berbayar). Perbedaanya terletak pada ruang penyimpanan. Jika memilih akun reguler, kamu hanya mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 12 Gb.

3. Fnd

Fnd.io menyediakan berbagai file layaknya seperti App Store atau iTunes, pasalnya di Fnd kamu bukan hanya bisa mencari aplikasi saja tetapi juga musik, film, buku, podcast dan lainya.

Fnd juga membuat fitur filter khusus yang berfungsi untuk memfilter aplikasi berdasarkan kategori, aplikasi terpopuler dan berbayar atau gratis.

Install Aplikasi iPhone Selain dari App Store

Cara paling mudah untung memasang aplikasi hasil download dari situs web pengembang adalah dengan menggunakan teknik sideloading.

Sideloading adalah nama teknik sederhana, yaitu menginstal aplikasi langsung tanpa melalui toko aplikasi resmi seperti App Store.

Secara umum, untuk melakukan sideloading dan menginstal aplikasi dari sumber selain App Store di iPhone, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Unduh file instalasi aplikasi dari sumber yang terpercaya dan simpan di komputer kamu. File instalasi biasanya berformat .ipa atau .deb.
  2. Pastikan iPhone kamu sudah diatur untuk menerima aplikasi yang tidak terverifikasi dari sumber selain App Store. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih Umum -> Profil atau Manajemen Perangkat. Kemudian, cari dan pilih sertifikat untuk aplikasi yang ingin kamu instal, dan ikuti instruksi untuk mempercayainya.
  3. Sambungkan iPhone ke komputer kamu menggunakan kabel USB dan buka aplikasi iTunes atau Finder di komputer kamu.
  4. Klik pada ikon iPhone kamu di iTunes atau Finder, dan pilih menu "Aplikasi" di sebelah kiri layar.
  5. Pada layar Aplikasi, gulir ke bawah hingga kamu menemukan bagian "File Sharing" dan pilih aplikasi yang ingin kamu instal.
  6. Seret dan lepas file instalasi aplikasi yang telah kamu unduh ke dalam kolom "Dokumen" di sebelah kanan layar.
  7. Setelah file instalasi berhasil ditambahkan ke aplikasi yang dipilih, cabut iPhone dari komputer dan buka aplikasi di iPhone kamu. Kamu akan melihat pesan yang meminta kamu untuk mempercayai aplikasi ini, tekan "Trust" untuk memverifikasi aplikasi.

Setelah itu, aplikasi yang diinstal dari sumber selain App Store harus dapat berjalan di iPhone kamu. Namun, perlu diingat bahwa sideloading memiliki risiko keamanan yang lebih tinggi dan hanya sebaiknya dilakukan oleh pengguna yang sudah berpengalaman.

Akhir Kata

Demikian artikel cara download aplikasi tanpa App Store dan juga beberapa situs tempat download aplikasi untuk iOS yang saya rekomendasikan.

Hindari memasang aplikasi berbahaya yang tidak berguna dan berkualitas rendah. Banyak aplikasi yang tidak lolos review App Store, karna App Store hanya ingin menyediakan aplikasi yang berguna dan berfungsi dengan baik.

Jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya dan pastikan iPhone kamu selalu diupdate dengan versi terbaru sistem operasi untuk menjaga keamanan perangkat kamu.

Posting Komentar untuk "Cara Download Aplikasi iPhone tanpa App Store 2023"