Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kirim Barang Lewat JNE Bagi Pemula 2021

cara kirim baran lewat jne

Cara kirim barang lewat JNE - JNE adalah jasa kurir pengiriman barang (fisik) dengan cepat yang biayanya tergantung seberapa berat barang dan jauh tujuannya. Jasa pengiriman barang yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, bahkan jumlah pelanggan JNE lebih banyak dari pada Jasa Pos Indonesia.

Memang ada banyak perusahaan ekspedisi di Indonesia yang tidak kalah bagusnya seperti Tiki, J&T, Si Cepat, Wahana, DHL, FedEx, TNT, dll, tetapi kirim barang lewat JNE adalah salah satu layanan pengiriman terbaik.

Itulah sebabnya kebanyakan orang lebih memilih menggunakan jasa pengiriman menggunakan JNE dibandingkan jasa lainnya.

Saat kamu memiliki barang yang tidak terpakai dan ingin memberikannya kepada kerabat yang tinggal cukup jauh, kamu dapat mengirimkannya dengan cepat menggunakan jasa pengiriman barang melalui JNE.

JNE memberikan pelayanan yang ramah, cepat dan tentunya tidak akan mengecewakan pelanggan karena barang yang dikirim dijamin aman sampai di tempat tujuan.

Dengan menggunakan JNE maka barang yang dikirim akan terlindungi dan lokasi barang saat ini dapat dilacak secara online langsung dari smartphone ataupun laptop.

Di zaman modern seperti sekarang ini, jasa pengiriman barang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat untuk mengirimkan barang, khususnya online shop. Baik dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah banyak barang tetap bisa dikirim.

Seperti saat berjualan online, tentunya orang yang sudah membayar lewat transfer pasti sudah mendapatkan barang yang dibelinya bukan?

Selain pengiriman barang secara manual dengan melakukan perjalanan ke luar kota, kamu juga dapat menghemat tenaga dan waktu dengan menggunakan jasa freight forwarding sehingga proses barang dari tempat asalnya sampai ke tangan pembeli lebih cepat.

Oke mari kita langsung saja ke tata cara kirim barang lewat JNE.

Cara Mengirim Barang Lewat JNE Langsung ke Kantor

Untuk kamu yang ingin mengirim barang atau produk apa saja ke tempat tujuan menggunakan JNE, berikut beberapa prosedur pengiriman barang melalui JNE!

Kita mulai persiapan dari rumah sampai kirim paket ke kantor JNE terdekat ya.

1. Cek Ongkos Kirim

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mengirim barang ke kantor JNE terdekat adalah mengecek biaya pengiriman yang harus dibayar terlebih dahulu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika ingin tahu harganya, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menghubungi JNE melalui nomor (021) 2927 8888 untuk menanyakan detail harga kirim barang lewat JNE.

Kamu juga bisa cek langsung di halaman tarif kiriman paket di web JNE > https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif.

Untuk cara cek tarifnya silahkan masukan Origin Shipment (Pengiriman Asal), Destination Shipment (Pengiriman Tujuan) dan Berat Paket . Nantinya akan ditracking dan muncul secara otomatis ongkos kirim paket JNE nya.

2. Pengepakan Barang

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan barang yang akan dikirim dan tentunya dibungkus dengan rapi dari rumah.

Barang-barang tersebut wajib kamu kemas dengan aman meski nantinya akan ada pengamanan tambahan. Kamu bisa menggunakan apa saja untuk mengemas barang, baik itu plastik, kotak, papan kayu, atau kemasan lainnya.

3. Tulis Alamat Tujuan

Hal yang sering terjadi pada orang-orang saat mengirimkan barang adalah penulisan alamat yang salah atau tidak jelas. Hal ini akan menyebabkan barang yang dikirim tidak sampai di tempat tujuan dengan tepat dan otomatis waktu pengiriman barang akan lebih lambat karena kurir bingung mencari lokasi rumah yang sesuai.

Menulis alamat yang lengkap dan jelas merupakan salah satu langkah penting yang harus kamu lakukan. Dengan menuliskan alamat yang benar, pasti barang akan sampai di tempat tujuan dengan cepat dan tepat.

Adapaun standar penulisan alamat untuk mengirim paket adalah sebagai berikut:

  • Nama penerima paket
  • Alamat (RT/RW) No rumah, Kecamatan, Kabupaten dan Kode pos
  • Nomor hp yang masih aktif

Tulis nama dan alamat lengkap di 1 lembar kertas, kemudian tempelkan di bagian sisi luar paket.

4. Datang ke kantor JNE

Jika semua persiapan sudah siap, saatnya pergi ke kantor JNE terdekat.

Setelah tiba di kantor JNE, bilang ke petugas saya ingin mengirim paket kemudian serahkan barang ke petugas.

Paket akan diperiksa terlebih dahulu (tenang saja paket tidak akan dibuka), hanya saja petugas akan menanyakan isi paket untuk memasukan paket pengiriman barang ke kategori apa.

Petugas juga akan menimbang paket untuk mengetahui berat barang tersebut. Jika sudah, petugas akan menginput semua data yang berkaitan dengan paket tersebut.

Petugas JNE juga akan menanyakan jenis pengiriman paket apa yang mau kalian pilih, mau kirim barang lewat jne berapa hari? Terdapat beberapa layanan paket, beberapa diantaranya adalah:

  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)
  • REG (Reguler)
  • YES (Yakin Esok Sampai)
  • SS (Super Speed)
  • COD JNE
  • Diplomat Service.
  • dll.

Umumnya pengiriman paket akan memilih layanan Reguler karna harga murah dan paket cukup cepat sampai ke tujuan, estimasinya sekitar 2-3 hari (tergantung alamat tujuan juga pastinya.

Setelah itu lakukan proses administrasi sesuai harga yang tertera.

5. Dapatkan Struk Pengiriman

Setelah melakukan pembayaran jangan lupa Struk Pengiriman dari pengiriman paket tersebut dibawa dan disimpan sampai paket benar-benar sampai ke alamat tujuan.

Petugas akan memberikan struk pengiriman yang berisi info paket tersebut, hal penting yang bisa kamu lihat dari struk pengiriman adalah No Resi.

Yaa, No Resi sangat penting karna bisa melacak status pengiriman paket sudah sampai mana.

6. Cek Status Pengiriman

Singkat saja, berikut adalah langkah-langkah cek status pengiriman paket lewat JNE:

  1. Buka website resmi jne.co.id.
  2. Pada kolom lacak kiriman, silakan masukkan nomor resi paket kamu.
  3. Kalau sudah, klik tombol Tracking.
  4. Akan muncul informasi status paket.
Status paket senantiasa berubah-ubah, status tersebut diinformasikan dengan istilah sebagai berikut:
  • Received At Warehouse.
  • At Origin Gateway.
  • On Process.
  • Received On Destination.
  • Delivered
  • dll.

7. Pengiriman Barang Sampai Tujuan

Barang akan dikirim kurir ke alamat tujuan. Jika tidak terjadi masalah pada kurir seperti kesusahan menemukan alamat, barang akan cepat sampai.

Nah jika kurir mengalami kesusahan menemukan alamat tujuan, biasanya kurir akan menghubungi nomor yang tercantum di paket. Jadi jangan khawatir paket tidak sampai, yaa!

Kamu juga bisa cek lagi status barang sudah Delivered (sampai tujuan) atau belum. Caranya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Info Tambahan Tentang Asuransi

Asuransi keamanan barang yang dikirim harus ada bila ingin keamanan suatu barang terjamin. Dengan adanya asuransi pengiriman ini, barang akan dikirim dengan hati-hati sampai ke tujuan. Simpan Tanda Terima

Saat kamu ke JNE tentunya akan mendapatkan struk yang diberikan oleh kasir JNE sebagai struk barang yang akan dikirim. Kamu harus menyimpan tanda terima ini dengan hati-hati selama proses pengiriman.

Akhir Kata

Itulah panduan cara kirim barang lewat JNE terbaru untuk pemula.

Sangat mudah bukan? Langkah-langkah tersebut saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya ketika mengirim paket ke luar kota. Barang yang saya kirim menggunakan JNE semuanya lancar dan datang dengan selamat.

Oke sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Kirim Barang Lewat JNE Bagi Pemula 2021"