Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Charger Aukey PD-28 dan Pengujian di iPhone 7 Plus

review charger aukey pa 28
Setiap pembelian smartphone atau gadget baru, pasti akan mendapatkan aksesoris pendukungnya. Seperti kepala charger, kabel charger, earphone, dan aksesoris tambahan lainya.

Namun, hal ini berbeda kalau kamu membeli barang bekas. Bisa saja tidak mendapatkan aksesoris tersebut, hanya mendapatkan perangkatnya saja. Bisa juga beli secara lengkap dengan aksesorisnya tapi sudah rusak.

Untungnya, sekarang sudah banyak produk berkualitas yang beredar di marketplace dan di toko offline. Salah satu produk yang menjual aksesoris charger dengan kualitas tinggi adalah Aukey, pabrikan hardware dari Tiongkok.

Konten kali ini saya akan membahas charger Aukey serta pengujiannya, mari langsung saja simak ulasannya!

Review Charger Aukey PD-28

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas dan berbagi pengalaman saya menggunakan charger merek aukey dengan nama seri Aukey PA-28.

Charger ini sudah dilengkapi teknologi Qualcomm Quick Charge 2.0. Dapat mengisi baterai 75% lebih cepat

Lebih jelasnya nanti saya terangkan dibawah! Sekarang lanjut ke unboxing terlebih dahulu.

#1. Unboxing Aukey PA-28

unboxing aukey pa 28
Diluar kemasan terdapat penjelasan mengenai charger Aukey PA-28. Seperti fitur, tampilan charger, informasi garanasi dan tampilan paket dari belakang ada informasi profil Aukey.

Paket kemasan baik dan sangat mudah dibuka. Berbeda dengan produk kabel nya, yang menurut saya lumayan ribet membukanya.

Paket penjualan terdapat:
  • 1 Aukey Turbo Charger Port Quick Charge 2.0
  • 1 Kabel Micro USB
  • Buku Manual
  • Kartu Garansi
  • Hologram GIT

#2. Desain

desain aukey pa-28
Dengan desain yang slim dan berat yang ringan, membuat charger Aukey ini mudah dan nyaman saat dibawa berpergian, benar-benar compact.

Dari segi kualitas material, Aukey memang memberikan kualitas terbaik. Bodi plastik terasa solid, keras dan sangat rapih.

Aukey PA-28 punya tampilan warna khas dari Aukey, yaitu hitam. Dan untuk berat dan ukurannya cukup solid, nyaman dibawa kemana-mana.

Colokan2 kaki yang digunakan juga sudah menggunakan colokan listrik standar di Indonesia. Jadi, tidak perlu beli tambahan colokan lagi.

Port yang digunakan pada Aukey PA-28 adalah prot USB biasa, yang mendukung Power Delivery hingga 18W.

Jika digunakan pada perangkat yang batas maksimalnya hanya bisa menerima 12W, charger ini akan menyesuaikan powernya, tidak akan mengeluarkan power hingga 18W.
lubang usb
1 lagi yang membuat saya teratrik membeli charger ini, terlihat warna orange pada colokan USB, ini yang bikin tampilan charger terlihat sedkit lebih keren sih.

#3. Spesifikasi

Model Number PA-U28
Technology Quick Charge 2.0
Input 100-240V
Output 5V 2A | 9V 1.67A | 12V 1.25A
Total Power 10/18W
Berat 52/1.8oz
Ukuran 68.5 x 52 x 22 mm

#4. Teknologi Qualcomm Quick Charge 2.0

Teknologi qualcomm quick charge 2.0 mampu mengisi baterai 75% lebih cepat dari pengisian konvesional.

Teknologi ini bisa dipakai dengan perangkat yang sudah mendukung teknologi qualcomm quick charger 1.0 dan 2.0, dan juga mendukung konektor jaringan luas: quick charge 2.0 bisa diimplementasikan dengan USB Type-A, Micro USB, USB-Type C atau konektor lainya.

Cahrger ini bisa digunakan secara maksimal jika perangkat kamu mendukung teknologi quick charge 2.0.

Ilustrasi perbandingan kecepatan mengisi.
perbandingan kecepatan mengisi

#5.Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan
  • Mengisi daya lebih cepat
  • Mengisi baterai sesuai kebutuhan perangkat
  • Desain dan ukuran yang pas
  • Garansi resmi Aukey 2 tahun
Kekurangan
  • -

#6. Harga

Harga Rp.115.000 (saat artikel ini diterbitkan).
Harga tersebut saya lihat dari Tokopedia, tempat dimana saya membeli charger ini.

Pengujian Charger Aukey PA-28 di iPhone 7 Plus

Untuk melengkapi artikel review ini, saya sudah melakukan pengujian pada charger Aukey PA-28 dalam waktu 1 bulan lebih dan melakukan test pengujian pada perangkat iPhone 7 Plus.

Dalam pengujian ini saya hanya ingin mengetahui dan mencatat berapa besar watt yang diterima oleh iPhone 7 plus serta berapa lama waktu pengisian baterai.

#1. Hasil Uji Menggunakan Aplikasi Amperes Lite

test pengisian baterai iphone 7 plus
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Aukey PA-28 akan menyesuaikan sendiri berapa power delivery yang diperlukan oleh perangkat.

Misalnya, iPhone 7 Plus yang aturanya harus menerima daya maksimal 12W. Aukey PA-28 akan menyesuaikan sendiri.

Pada pengujian ini, iPhone 7 Plus hanya menerima power 8.55 watt ketika persentase baterai 27% dan 62%, setiap 61 detik baterai akan naik 1%. Kemudian saat persentase baterai berada di 81%, perangkat hanya menerima daya 6.28 watt dan naik 1% setiap 83 detik.

Hasil ini juga membuktikan bahwa charger Aukey PA-28 mengisi baterai iPhone sesuai kebutuhan, charger ini tidak memberikan daya lebih dari 12watt.

#2. Durasi Pengisian Baterai

lama waktu pengisian baterai iphone 7 plus
Dalam pengujian ini saya melakukan test mengisi baterai dari persentase 25% sampai 100%. Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ke 100% adalah 2 Jam lebih 3 menit. Lebih cepat dari charger bawaan yang membutuhkan waktu sekitar 3 Jam-an.

Akhir Kata

Saya sangat puas menggunakan charger Aukey PA-28 di berbagai aspek. Mulai dari desain yang compact, fitur quick charger 2.0 yang membuat nge-charger lebih cepat dan pengisian daya sesuai perangkat yang digunakan.

Tertarik untuk mencoba produk dari Aukey?

Produk Aukey ini bisa kamu dapatkan di toko offline atau marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Blibli atau di toko online lainya.

Oh iya, artikel ini menjadi artikel review produk pertama saya di blog verhan.id. Jika ada cacat dan kekurangan dalam melakukan review, saya terima saran dan komentarnya!

Semoga berkenan ya!

Posting Komentar untuk "Review Charger Aukey PD-28 dan Pengujian di iPhone 7 Plus"