Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Kode iPhone iBox, Digimap dan GDN Indonesia

perbedaan kode iphone ibox digimap gdn

Dalam membeli iPhone, ada beberapa pilihan distributor resmi yang bisa kamu pertimbangkan, salah satunya adalah iBox, Digimap, dan GDN. Ketiga distributor ini sudah dikenal luas sebagai penjual iPhone resmi di Indonesia.

Masing-masing distributor memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk membeli iPhone dari salah satu dari mereka.

Pada artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara ketiga distributor resmi ini, termasuk layanan purna jual dan proses garansinya. Dengan memahami perbedaan ini, kamu dapat memilih distributor yang sesuai dengan kebutuhanmu saat membeli iPhone.

Perbedaan iPhone iBox, Digimap dan GDN

Setiap perusahaan memiliki layanan yang berbeda-beda, begitu juga dengan iBox, Digimap dan GDN yang merupakan distributor resmi dalam penjualan produk Apple, seperti iPhone. Apa perbedaan dari ketiga distributor iPhone tersebut?

  • iBox: Erajaya Group
  • Digimap: MAP Group
  • GDN: Blibli.com

Bedanya iPhone iBox/TAM, Digimap, atau GDN itu beda distributor, perbedaan terletak pada layanan purna jual dan proses garansinya. Purna jual itu artinya perusahaan ngebantuin konsumen kalo ada masalah sama produk yang udah dibeli, kayak perbaikan atau tambahan garansi resmi.

Nah, misalnya kalo kamu beli iPhone dari GDN, kamu bisa dapet tambahan garansi 6 bulan kalo ada kerusakan yang ga dicover sama garansi resmi Apple, seperti adanya kerusakan layar retak atau pecah, rusak terkena air, rusak pada bagian software dan hardware.

Garansi resmi dari iBox dan Digimap lebih lama dari GDN, kamu akan mendapatkan masa garansi selama 1 tahun.

Untuk dari segi keaslian produk, kualitas dan fitur iPhone dari 3 reseller iPhone resmi tersebut semuanya sama-sama bagus dan aman, tidak ada perbedaan sama sekali.

Produk iPhone yang dijual dari ketiga distributor ini dijamin resmi, nomor IMEI pasti terdaftar di Kemenperin.

Kode iPhone iBox, Digimap dan GDN

Setiap perusahaan distributor iPhone memiliki kode iPhone yang berbeda-beda, yaitu serangkaian angka yang menunjukkan model, operator jaringan, dan perusahaan iPhone tersebut.

Terdapat beberapa distributor produk Apple resmi yang kini tersedia di Indonesia, diantaranya yaitu iBox atau TAM, Digimap dan GDN. Ketiga distributor iPhone tersebut memiliki kode iPhone yang berbeda-beda, berikut adalah perbedaannya:

  • Kode iPhone iBox/TAM
  • PA/A merupakan kode iPhone resmi iBox atau TAM, keduanya masih anak satu perusahaan yang sama, yakni Erajaya Swasembada.

  • Kode iPhone Digimap
  • ID/A merupakan kode iPhone Digimap (MAP), salah satu Apple Authorised & Premium Reseller di Indonesia.

  • Kode iPhone GDN
  • SA/A merupakan kode iPhone milik GDN (Global Digital Niaga) atau yang sudah banyak dikenal dengan nama brand Blibli.com

Kenapa Kode iPhone Berbeda-beda?

Kode iPhone yang berbeda-beda ini memiliki beberapa kegunaan, antara lain:

  • Menentukan garansi: Kode iPhone juga dapat menunjukkan garansi iPhone. Garansi iPhone dapat berbeda di setiap perusahaan dan negara, dan kode iPhone dapat membantu menentukan apakah iPhone tersebut masih dalam garansi atau tidak.
  • Menentukan jenis dan spesifikasi iPhone: Kode iPhone dapat membantu mengidentifikasi jenis dan spesifikasi iPhone, termasuk ukuran layar, kapasitas penyimpanan, dan kamera.
  • Mengaktifkan iPhone di operator jaringan yang sesuai: Kode iPhone juga dapat menunjukkan operator jaringan yang didukung oleh iPhone. Dengan mengetahui kode iPhone yang sesuai dengan operator jaringan di negara tertentu, pemilik iPhone dapat memastikan bahwa iPhone mereka dapat terhubung dengan jaringan yang tersedia di negara tersebut.
  • Menentukan harga: Kode iPhone juga dapat mempengaruhi harga iPhone di berbagai negara. Harga iPhone dapat berbeda-beda di setiap negara, misal iPhone dari negara luar dijual dinegara kita maka harganya akan lebih murah.

Cara Mengetahui Nomor / Kode iPhone

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengetahui kode iPhone:

  1. Buka aplikasi "Pengaturan" di iPhone kamu.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk opsi "Umum".
  3. Pilih opsi "Mengenai".
  4. Gulir ke bawah dan cari informasi "Nomor Model".
  5. Kode model tersebut terdiri dari angka dan huruf, seperti "MGCQ2ID/A".
  6. Gunakan internet untuk mencari informasi lebih lanjut tentang kode model tersebut.

Dengan mengetahui kode iPhone, kamu dapat mengetahui iPhone resmi Indonesia tersebut dibeli dari distributor mana. Contohnya di atas terdapat kode ID/A, berarti iPhone tersebut dibeli dari Digimap Indonesia.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan iPhone di Indonesia, yaitu iBox/TAM, Digimap, dan GDN, terletak pada layanan purna jual dan proses garansi yang diberikan. Dengan memahami perbedaan penjuakan distributor iPhone di Indonesia, semoga bisa membantu kamu untuk mengambil keputusan yang tepat dalam memilih produk, layanan purna jual serta proses garansi yang terbaik bagi kamu.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Kode iPhone iBox, Digimap dan GDN Indonesia"