Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menambah Font di Photoshop CS6 Portabel

cara menambah font di photoshop portabel

Cara Menambah Font di Photoshop - Adobe Photoshop merupakan salah satu program yang berbasis grafis dan digunakan untuk membuat serta mengedit gambar lalu menyimpannya dalam berbagai format.

Aplikasi yang berada di perangkat komputer dan digunakan untuk mengedit serta memanipulasi gambar digital ini dikembangkan pada tahun 1987 oleh Thomas dan John Knoll.

Sejak saat itu, Adobe Photoshop menjadi standar industri dalam dunia pengeditan grafis raster. Aplikasi edit gambar raster yang mumpuni tersebut juga membuat banyak orang memutuskan untuk belajar menggunakan photoshop.

Seperti yang kita tahu jika banyak orang yang memerlukan keindahan atau estetika yang berbeda dari desain yang akan dibuat. Font style juga dapat ditambahkan atau diinstal sudah berada di seluruh perangkat lunak dan memiliki fitur font.

Tentunya, hal ini tidak hanya berlaku pada software Adobe Photoshop saja. Seperti misalnya microsoft word, notepad, power point dan lainnya.

Cara Menambahkan Font di Photoshop CS 6 Portabel

Meskipun kamu juga pasti sudah sering menggunakannya sebagai aplikasi desain grafis, tetapi masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menambahkan font di Photoshop.

Informasi tambahan, aplikasi Photoshop yang saya gunakan pada praktek kali ini adalah Photoshop CS6 Portable.

Berikut ini cara menambah font di Photoshop:

1. Download Font

Kamu perlu menyiapkan font-nya terlebih dahulu. Jika ingin mendapatkan style font yang sangat unik dan menarik kamu bisa langsung melakukan browsing untuk mencari berbagai pilihan font yang diinginkan.

Misalnya yaitu dengan melakukan download font pada situs dafont.com. Kamu hanya perlu mengakses situs tersebut kemudian cari dan download font yang diinginkan.

    download font photoshop

2. Ekstrak Font

Melakukan ekstrak font, situs dafont ini membungkus file font dengan format rar. Sehingga kamu perlu melakukan ekstraksi terlebih dahulu agar dapat menginstall font yang telah di download. Software yang digunakan untuk mengekstrak ini yaitu winrar

  • Caranya klik kanan pada file font yang memiliki bentuk Rar tersebut, lalu pilih Extract all dan semua file didalam rar tersebut akan terbuka.
  • ekstrak font photoshop

3. Install Font

Langkah selanjutnya yaitu melakukan instalasi font yang sudah disiapkan.

  • Caranya klik 2 kali pada file font dengan format TTF (TrueTypefontfile)
  • font untuk photoshop
  • Akan muncul jendela baru mengenai detail font tersebut. Untuk menambah font ke photshop, klik tombol Install. Tunggu beberapa detik hingga proses instalasi selesai.
  • install font di photoshop

4. Cek Font di Photoshop

Untuk memastikan apakah font sudah terinstal atau belum, baiknya kita cek langsung di aplikasi Photoshop.

  • Buka aplikasi Photoshop.
  • Buat lembar kerja baru, klik menu New lalu sesuaikan saja lembar kerja sesuai keinginan.
  • Kemudian klik ikok Hotizontal Type Tool (T) pada baris tool Photoshop.
  • Option bar akan terbuka dan menampilkan daftar nama font yang sudah terinstal di Photoshop, silakan cek nama font yang sebelumnya kamu install ada atau tidak.
  • cara menambahkan font di photoshop cs6 portable

Situs Download Font Photoshop Gratis

Di atas kita sudah membahas cara menambah font di Photoshop. Sepertinya cukup penting juga jika Saya merekomendasikan beberapa situs web yang menyediakan font keren gratis untuk ditambahkan ke Photoshop.

Berikut adalah daftar situs download font photoshop gratis:

1. dafont.com

Situs pertama yang Saya rekomendasikan yaitu DaFont. Dafont merupakan website khusus penyedia font, saat ini sudah tersedia 50.000 lebih pilihan jenis font. Bisa dikatakan situs paling lengkap, tersedia font versi gratis dan premium.

Pada situs DaFont kita bisa mencari jenis font dengan mudah, karena tersedia fitur pencarian font berdasarkan kategoi style, seperti font style untuk desain game, poster horror, racing dan masih banyak lagi.

2. fontsquirrel.com

Font Squirrel menjadi rekomendasi web penyedia font gratis selanjutnya. Situs fonstquireek.com menawarkan font keren secara gratis namun style yang ditawarkan seperti premium, kamu bisa dengan mudah mengunduh font dari situs ini.

Terdapat fitur spesial yang dimiliki situs ini, yaitu font identifier. Fungsi dari fitur ini untuk mengetahui nama font yang terdapat pada sebuah gambar. Jadi, jika kamu ingin tahu jenis font apa yang dipakai, bisa menggunakan fitur identifier di Fonts Squirell.

3. myfonts.com

Selanjutnya ada situs MyFonts. Tidak jauh berbeda dengan kedua situs penyedia font di atas, hanya saja situs ini lebih banyak menawarkan font premium.

Tersedia 250,000+ jenis font premium yang bisa kamu pilih untuk mengerjakan project desain. Untuk download si situs ini kamu harus daftar dan login terlebih dahulu.

4. fonts.google.com

Nah, yang terakhir Saya merekomendasikan Google Fonts. Walaupun hanya tersedia kurang lebih 900 font, namun font yang ditawarkan sepenuhnya gratis.

Terdapat 5 pilihan kategori yang bisa kamu pilih, diantaranya: Serif, Sans Serif, Display, Handwriting dan Monospace. Di halaman utama, kita juga bisa melihat (preview) tampilan font tersebut. Jadi, kita bisa tahu tampilannya sebelum mengunduh ke perangkat.

Akhir Kata

Itulah pembahasan mengenai cara menambahkan font di Photoshop yang bisa Saya sampaikan. Tidak kalah penting juga, Saya merekomendasikan beberapa situs atau website penyedia font yang bisa kamu unduh secara gratis.

Sekian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menambah Font di Photoshop CS6 Portabel"