Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Nomor Pelanggan PDAM dan Cara Cek Nomornya

cara cek dan contoh nomor pelanggan pdam

PDAM atau perusahaan daerah air minum adalah salah satu perusahaan BUMD yang memiliki banyak pelanggan di Indonesia.

Ketika Anda juga termasuk salah satu pengguna jasa PDAM dan lupa dengan nomer pelanggan pada saat ingin melakukan pembayaran ataupun komplain layanan, ada beberapa cara mengecek nomor pelanggan PDAM yang bisa Anda lakukan. Disini juga kami akan memberikan contoh nomor pelanggan PDAM agar Anda tau seperti apa nomornya.

Contoh Nomor Pelanggan PDAM

ID atau nomor pelanggan PDAM merupakan identitas pelanggan yang didalamnya berisi informasi nama, alamat, no pelanggan dan golongan pelanggan.

Beberapa pelanggan baru sering mencari contoh nomor pelanggan PDAM karena sebelumnya belum tau yang mana. Namun pastinya sudah tahu nomor tersebut digunakan untuk pembayaran dan mengecek tagihan PDAM.

Letak no pelanggan PDAM umumnya berada di dalam lingkaran meteran yang dilindungi kaca. Nomor seri pelanggan ditempelkan oleh pemilik usaha berupa stiker yang berisi barcode atau nomor saja.

Namun karena pemasangan nomor ini berupa stiker, kemungkinan seiring waktu akan memudar dan hilang. Sehingga Anda tidak bisa lagi melihat nomor pelanggan melalui meteran.

Berikut contoh nomor pelanggan PDAM di meteran.

contoh nomor pelanggan pdam
sumber : pdamtirtakhatulistiwa.com

Cara Mengecek Nomor Pelanggan PDAM

Banyak dari pengguna PDAM yang bingung atau tidak tahu nomor pelanggan PDAM lihat dimana. Pada meteran air PDAM terdapat beberapa nomor seri yang terlihat jelas, mungkin Anda bingung yang mana ID atau nomor pelanggannya.

Nah, daripada bingung dan bertanya-tanya sendiri, langsung saja kita simak tutorial bagaimana cara mengetahui nomor pelanggan PDAM dengan 6 cara yang akan saya paparkan di bawah ini.

1. Cek nomor pelanggan PDAM di meteran

Saat Anda ingin membayar tagihan PDAM, tetapi lupa nomer pelanggan, cara cek nomor pelanggan PDAM yang bisa langsung dilakukan adalah mengecek meteran air yang ada di sekitar bangunan rumah maupun kantor.

Umumnya posisi ID ada pada lingkaran meteran yang tertutup kaca. Meski pelindung kaca ini umumnya tidak bisa dibuka sembarangan, Anda bisa langsung melihat nomer ID yang tertera dan mencatatnya.

contoh nomor pelanggan pdam di meteran
sumber : batam.tribunnews.com

2. Cek nomor pelanggan PDAM di struk

Namun demikian, jika letak meteran PDAM cukup sulit terjangkau oleh tangan manusia, karena ada pelindung tambahan di sekitar area meteran, ada cara melihat nomor pelanggan PDAM lainnya yang bisa dilakukan, yaitu mengecek struk bayar tagihan PDAM dari bulan sebelumnya.

Anda bisa melihat riwayat pembayaran dari mobile banking, aplikasi pembayaran seperti ovo dan shopeepay, atau struk pembayaran tagihan yang dilakukan via kantor pos atau minimarket.

contoh nomor pelanggan pdam di struk
sumber : superapp.id

Cara melihat nomor pelanggan PDAM ini sangat efektif dan relatif cepat apabila Anda ingin membayar tagihan kembali di bulan berikutnya.

3. Kontak call center PDAM

Setiap daerah yang memiliki kantor cabang PDAM umumnya memiliki call center yang bertugas menangani permasalahan standar terkait dengan pelayanan maupun informasi tentang PDAM.

Itu sebabnya, jika Anda lupa nomer ID PDAM, cara mengetahui nomor pelanggan PDAM yang bisa langsung dicoba adalah menghubungi call center di jam kerja.

Utarakan permasalahan Anda segera ketika tersambung. Namun demikian, bersabarlah jika menggunakan layanan call center, terlebih ketika menggunakan layanan di jam sibuk.

4. Hubungi kantor PDAM melalui WA atau email

Satu lagi cara melihat dan contoh nomor pelanggan PDAM yang bisa dilakukan yaitu menghubungi nomer layanan whatsapp atau email dari kantor perwakilan PDAM.

Hal ini karena pada umumnya setiap kantor layanan PDAM pasti akan memiliki layanan khusus untuk memudahkan semua pelanggannya, dimana secara umum didukung dengan penggunaan nomor whatsapp pelayanan dan email.

Anda bisa langsung cek nomor pelanggan PDAM dengan mengirim whatsapp atau email dalam format tertentu. Anda hanya tinggal menunggu beberapa saat dan tentunya akan ada petugas yang membalas sesuai kebutuhan.

5. Kontak kantor PDAM melalui akun sosial media resmi

Cara melihat dan contoh nomor pelanggan PDAM secara online juga bisa dilakukan dengan mencari kontak PDAM setempat melalui website atau sosial media resmi. Anda bisa memasukkan pertanyaan secara online untuk mengetahui nomor ID PDAM pribadi atau tempat usaha.

6. Mendatangi kantor PDAM terdekat dari rumah atau kantor

Satu lagi yang bisa dilakukan ketika Anda lupa nomor pelanggan PDAM adalah mendatangi kantor unit PDAM yang paling dekat dengan rumah maupun kantor.

Jika ditempat Anda sudah tidak menerapkan PPKM karena pandemi, Anda bisa memanfaatkan cara ini untuk melihat nomor pelanggan PDAM tersebut dan tentunya nomer ID pelanggan akan bisa didapat lebih cepat. Hanya saja, cara ini tidak akan terasa efektif ketika lokasi rumah atau kantor Anda cukup jauh dari kantor perwakilan PDAM.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai contoh nomor pelanggan PDAM di meteran dan struk, serta cara mengecek nomor pelanggan PDAM yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Nomor Pelanggan PDAM dan Cara Cek Nomornya"