Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menghapus Pencarian di Play Store HP Oppo, Vivo, Xiaomi

cara menghapus pencarian di google play store

Google Play Store merupakan aplikasi layanan distribusi digital khusus untuk pengguna perangkat Android. Aplikasi ini dikembangkan oleh Google.

Salah satu fitur penting yang ada di aplikasi ini adalah fitur pencarian. Dimana pengguna dapat mencari berbagai aplikasi sesuai kebutuhan. Dengan mengetik kata kunci di bilah pencarian, maka aplikasi yang dicari akan muncul.

Seperti yang kita ketahui, ketika sudah melakukan pencarian aplikasi di Play Store maka kata kunci tersebut akan tersimpan secara otomatis di aplikasi, dan akan terus bertambah jika tidak dihapus.

Sebenarnya history pencarian ini cukup membantu, karena ketika ingin melihat sebuah aplikasi yang pernah diinstall tidak perlu lagi mengetik ulang kata kuncinya.

Mungkin bagi sebagian orang hal tersebut cukup mengganggu dan tidak ingin terlihat oleh orang lain ketika membukanya. Selain itu, riwayat pencarian yang terlalu banyak ternyata bisa mempengaruhi kinerja aplikasi dan perangkat Android kamu.

Tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menghapus history pencarian tersebut dengan cepat dan mudah.

Nah bagi yang belum tau bagaimana caranya, tenang saja! Pada artikel tutorial kali ini kami akan menulis langkah-langkah cara menghapus pencarian di Play Store.

Cara Menghapus Pencarian di Google Play Store

Cara menghapus riwayat pencarian di Play Store sebenarnya sangat mudah. Melalui pengaturan yang tersedia di aplikasi pengguna bisa mengatur banyak hal, termasuk menghapus riwayat pencarian.

Cara yang akan saya paparkan di bawah ini menggunakan hp Android merk Xiaomi. Namun tidak perlu khawatir, karna tampilan Play Store di HP lain juga sama saja. Mau itu pengguna hp Vivo, Opp atau Samsung semuanya bisa mengikuti cara ini.

Oke, lebih jelasnya ikuti langkah-langkah cara menghapus histori pencarian di Play Store terbaru di bawah ini:

  1. Langkah pertama buka aplikasi Play Store.
  2. Login menggunakan akun Google milik kamu.
  3. Setelah login, ketuk Foto Profil di pojok kanan atas
  4. halaman utama google play store
  5. Pilih opsi "Setelan".
  6. pengaturan play store
  7. Kemudian pilih "Umum" dan "Preferensi akun dan perangkat".
  8. preferensi akun dan perangkat play store
  9. Gulir ke bawah, temukan dan pilih opsi "Hapus Histori Pencarian".
  10. hapus histori pencarian play store
  11. Terakhir konfirmasi penghapusan dengan cara mengetuk Hapus Histori.
  12. Selesai.

Perlu diketahui bahwa cara menghapus pencarian di atas akan menghapus seluruh riwayat pencarian, dan bersifat permanen. Artinya kamu tidak bisa menemukan atau mengembalikan histori pencarian yang usdah di hapus.

Dan untuk mengetahui apakah riwayat pencarian sudah terhapus atau belum, silahkan pergi ke halaman utama Play Store, lalu ketuk pada bilah pencarian. Harusnya, tidak ada data pencarian lagi yang muncul.

Cara Menghapus Semua Data Play Store di HP Android

Selain menghapus history pencarian, kamu juga bisa menghapus semua data Google Play Store. Namun cara ini tidak direkomendasikan, karena semua data termasuk akun google yang sudah login di Play Store akan terhapus.

Cara ini boleh dilakukan apabila kamu ingin menghapus semua data aplikasi Play Store selama terinstall di perangkat. Tak perlu khawatir, ini tidak akan menghapus aplikasi, ini hanya menghapus data saja.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di hp Android.
  2. Masuk ke menu Manajemen Aplikasi.
  3. Cari dan pilih aplikasi Google Play Store.
  4. Pilih opsi "Storage".
  5. Kemudian ketuk tombol "Clear Data".
  6. Akan muncul pop up persetujuan, ketuk "DELETE" untuk mengkonfirmasi penghapusan data.
  7. Selesai, semua data aplikasi Play Store terhapus dari perangkat Android kamu.

Akhir Kata

Itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai cara menghapus pencarian di Google Play Store serta menghapus semua data Play Store di perangkat Android.

Ingat, sebaiknya pertimbangkan kembali sebelum melakukan penghapusan secara menyeluruh.

Apabila ada kendala yang tidak bisa kamu lakukan sendiri, bisa minta bantuan kami dengan cara bertanya pada kolom komentar di bawah, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Pencarian di Play Store HP Oppo, Vivo, Xiaomi"