Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Penyebab PC Tidak Mau Menyala dan Cara Mengatasinya

penyebab pc tidak mau menyala

Seorang pengguna PC atau Personal Computer pastilah akan merasa gelisah, galau, merana apabila mendapati PC-nya tiba-tiba mati dan tidak menyala lagi, parahnya Anda tidak tau penyebab PC tidak mau menyala.

Sebelum Anda memutuskan ke tukang service atau Anda malah berada di daerah/tempat yang sulit untuk menemukan tukang servis, maka solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa/memperbaikinya sendiri melalui tutorial Youtube atau artikel-artikel di website.

Nah, berikut ini saya akan membahas mengenai beberapa penyebab PC tidak mau menyala beserta solusi-solusi simplenya.

7 Penyebab PC Tidak Mau Menyala

Terdapat beberapa kemungkinan yang bisa saja terjadi pada PC Anda, maka jalan terbaiknya adalah melakukan pengecekan terlebih dahulu kemudian mencoba solusi-solusi pemecahannya.

Berikut adalah beberapa penyebab PC tidak nyala karena hal sepele:

1. Listrik Mati

Pastikan terlebih dahulu apakah bahwa listrik di kantor atau rumah Anda dalam keadaan menyala. Mungkin Anda merasa bahwa kedua poin ini begitu sepele, tetapi hal ini benar-benar harus Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum masuk ke poin berikutnya.

2. Pemasangan Kabel Power tidak Benar

Masih membahas mengenai listrik, kali ini Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah Anda sudah menyambungkan/menancapkan kabel power pada terminal listrik di rumah atau kantor Anda. Tentu PC Anda tidak akan bisa menyala apabila tidak terhubung dengan sumber listrik, jadi pengecekan pertama adalah pada kabel power dan terminal listrik.

3. Kesalahan Pemasangan Kabel Komponen PC

Apakah Anda sudah menancapkan atau menyambungkan kabel sumber daya listrik dalam lubang/slot yang berada di sekitar processor. Tentu akan menjadi masalah apabila hal ini belum disambungkan karena PC Anda tidak mendapatkan daya listrik untuk menghidupkan PC. Jadi, pastikan kabel-kabel sudah terpasang dengan benar.

4. Power Supply Rusak

Penyebab PC tidak bisa menyala bisa terjadi karena Power Supply. Periksalah bagaimana keadaan dari sumber daya listrik/power supply, apakah dalam keadaan baik atau rusak. Mudahnya, Anda dapat mengecek keadaan dari kipas sumber daya listrik/power supply milik Anda.

5. PC Overheat

Penyebab PC tidak mau menyala berikutnya dapat terjadi akibat overheat atau PC Anda terlalu panas, ini juga menjadi penyebab komputer nyala sebentar lalu mati. Biasanya bagian processor dalam PC Anda yang mengalami suhu tinggi, entah karena digunakan terlalu lama atau adanya kerusakan pada kipas processor-nya.

Hal ini dapat terjadi pada semua PC, maka Anda dapat membiarkan PC Anda terlebih dahulu setelah dirasa dingin maka Anda dapat mencoba menghidupkannya kembali.

6. Kesalahan Pemasangan Komponen PC

Anda sudah berada di langkah keenam, apabila komputer Anda sekarang sudah menyala tetapi tidak berhasil booting, lalu Anda malah mendengar bunyi berulang-ulang seperti “biip”, maka mungkin yang terjadi adalah kesalahan pemasangan dari bagian atau komponen di dalamnya. Bisa jadi terjadi pemasangan yang salah pada Kartu VGA Anda.

7. Terdapat Komponen PC yang Rusak

Apabila PC Anda sudah hidup tetapi tidak menampilkan gambar apa-apa, maka kemungkinannya terdapat kerusakan pada layar monitor dari PC Anda. Sedangkan kemungkinan kedua adalah apabila layar di PC Anda hanyalah hitam, maka kemungkinan terjadi kesalahan pada RAM yang terdapat di Motherboard PC Anda.

Jadi, Anda harus benar-benar teliti saat memasang RAM. Selain itu, kotoran atau debu-debu yang menempel pada slot/celah RAM juga dapat menjadi penyebab PC tidak mau menyala, maka pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu.

Akhir Kata

Nah, itulah ketujuh penyebab PC tidak mau menyala dan solusi simpel yang dapat Anda coba di rumah sebelum menghubungi tukang service PC. Namun, apabila ketujuh cara tersebut sudah dicoba dan tidak berhasil, maka Anda dapat segera ke tukang service terdekat karena kemungkinan besar PC Anda mengalami kerusakan yang serius.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, jangan panik dulu, coba cari tahu dulu penyebabnya dan cari solusinya.

Posting Komentar untuk "7 Penyebab PC Tidak Mau Menyala dan Cara Mengatasinya"