Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengatasi Kamera iPhone tidak Bisa Fokus dengan Mudah

penyebab dan cara mengatasi kamera iphone tidak bisa fokus

Kamera iPhone tidak Bisa Fokus - Didukung dengan kemajuan saat ini ada banyak brand Smartphone yang semakin berkembang, bahkan dari sekian banyak brand yang tersebar luas di Indonesia smartphone iPhone paling sering menjadi incaran. Dikenal dengan kualitasnya yang sangat mumpuni terutama kehebatan di fitur kamera yang memiliki resolusi dan pencahayaan yang stabil.

Meskipun demikian tidak terlepas dari kenyataan bahwasanya setiap ponsel tentunya akan memiliki masalahnya sendiri. Hal ini biasanya dirasakan dalam jangka waktu cepat atau lambat dan biasanya hal ini bergantung dengan penggunaannya.

Beberapa pengguna iPhone sering menemukan fakta bahwa kamera Smartphone terkadang tidak fokus. Sehingga tidak jarang apabila banyak yang mencari informasi mengenai kamera iPhone tidak bisa fokus.

Penyebab Kamera iPhone tidak Fokus

Penyebab kamera iPhone blur atau tidak bisa fokus tentunya dapat disebabkan oleh berbagai factor mulai dari penggunaan, kebersihan pemakaian, perlakuan dalam menyimpan ponsel dan sebagainya.

Oleh karena itu pada ulasan ini disajikan informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi kamera iPhone susah fokus. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan kamera iPhone anda blur atau tidak fokus

1. Masalah Software

Penyebab kamera iPhone susah bisa fokus yang disebabkan oleh software dapat diatasi dengan melakukan reset ulang iPhone. Melalui reset ulang maka pengaturan dan pembaharuan perangkat biasanya akan menyesuaikan kembali dengan sistem pabrik. Namun saat anda memutuskan untuk mereset maka iPhone anda akan menjadi kondisi baru dan file dalam ponsel akan hilang.

Jika dengan melakukan reset tidak berhasil maka anda bisa melakukan restore, dengan melakukan restore maka anda mencoba untuk menginstal ulang iOS dari awal ke ponsel iPhone anda. Cara mengatasi kamera iPhone tidak berfungsi dengan baik anda membutuhkan laptop yang memiliki fasilitas iTunes, serta koneksi yang kuat untuk mendownload dan update iOS versi terbaru.

Namun apabila kedua cara tersebut maka kemungkinan masalah kamera iPhone susah fokus berada pada hardware iPhone itu sendiri.

2. Lensa Kamera Kotor atau Berdebu

Selain masalah pada software anda juga harus memperhatikan pada hardware. Kebersihan hardware yang kurang juga bisa menjadi penyebab kamera iPhone tidak bisa fokus jarak dekat. Oleh karena itu pastikan hardware sekitar kamera iPhone anda bersih dari debu atau bercak tangan hingga kotoran yang lainnya.

Cara mengatasi kamera iPhone blur tidak bisa fokus akibat kotoran atau debu adalah dengan membersihkan kamera dengan kain yang halus. Namun apabila kotoran berada di dalam hardware atau adanya goresan pada lensa alangkah lebih baiknya anda segera mengunjungi toko service iPhone untuk mengganti lensa kamera dengan yang baru.

3. Adanya Embun pada Kamera

Ketika menggunakan iPhone memang seharusnya waspada dan hati-hati dari hal apapun. Meskipun beberapa iPhone terbaru sudah memiliki fitur anti air, namun tidak memungkiri bahwasanya kamera iPhone bisa mengalami adanya embun dalam kamera ketika terjatuh dalam air. Mungkin hal ini karena jarang terjadi pada iPhone terbaru, namun hal ini bisa menjadi kewaspadaan bagi anda untuk berhati-hati.

Mengatasi Kamera iPhone tidak Bisa Fokus Jarak Jauh / Jarak Dekat

22

1. Update Software iOS

iPhone memiliki algoritma perancangan iOS yang canggih setiap tahunnya. Tidak jarang apabila iPhone juga memberikan kesempatan penganutnya untuk melakukan update perangkat. Beberapa fitur ada yang menjadi pengaruh pada sistem kerja kamera.

Oleh karena itu bisa jadi penyebab kamera iPhone tidak bisa fokus jarak jauh dapat ditinjau dari pembaruan software.

2. Restart iPhone

Apabila iPhone sudah melakukan update software dan melakukan perubahan pengaturan kamera, cobalah untuk melakukan restart (menghidupkan ulang iPhone. Hal ini bertujuan agar sistem iPhone berjalan kembali secara normal.

3. Bersihkan Lensa dan Case

Setelah bagian software dibereskan, janga lupa untuk membersihkan bagian fisik seperti lensa kamera dan case iPhone kamu. Berjalannya waktu penggunaan mungkin lensa kamera akan terkena kotoran debu yang menyebabkan kamera iPhone susah fokus.

4. Perbaiki iPhone ke Service Center Apple

Jika semua cara sudah dilakukan namun kamera iPhone kamu tetap tidak bisa fokus jarak dekat ataupun jarak jauh, sebaiknya datang ke Service Center Apple terdekat untuk melakukan pengecekan.

Tips Menggunakan Kamera iPhone agar Bisa Fokus

Kamera iPhone tidak bisa fokus bukan terjadi karena adanya kerusakan software dan hardware saja, bisa saja karena penggunaan kamera yang tidak benar.

Nah berikut ini adalah tips-tips menggunakan kamera iPhone agar bisa fokus ke objek yang diinginkan.

  • Atur jarak kamera dan objek dengan tepat, karena jika terlalu dekat kamera tidak bisa fokus apalagi jika menggunakan mode potret.
  • Tekan dan tahan objek pada layar hingga muncul kotak kuning dengan bacaan KunciAE/AF.
  • Dapatkan pencahayaan yang cukup agar kamera mudah mendapatkan fokus.
  • Coba menggunakan aplikasi kamera lain, download aplikasi kamera di App Store.
  • Sesuaikan pengaturan fokus kamera dengan objek yang ingin kamu dapatkan.

Akhir Kata

Apabila cara mengatasi kamera iPhone tidak bisa fokus di atas tidak membantu memperbaiki kamera iPhone anda, segera mendatangi toko service iPhone untuk memperbaiki keadaan kamera iPhone anda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Kamera iPhone tidak Bisa Fokus dengan Mudah"