Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tools SEO Gratis untuk Website yang Saya Gunakan

tool seo gratis untuk website

Tool SEO merupakan sebuah hal penting yang harus diketahui dan dipelajari oleh seorang blogger.

Kenapa?

Karena dengan bantuan tool SEO saya bisa mengoptimasi website lebih optimal, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan posisi paling atas di pencarian google.

Lalu, tool SEO terbaik apa saja yang harus digunakan para blogger?

Menurut saya, tool SEO terbaik itu bisa memenuhi kebutuhan saya ngeblog. Jadi, disini saya akan sedikit berbagi mengenai tool SEO yang sering saya gunakan selama ngeblog, bukan berdasarkan kepopuleran atau terbaik dari penggunaan seluruh blogger.

Dengan begitu saya juga bisa lebih hemat budget untuk menggunakan tool SEO sesuai kebutuhan saja, tidak perlu yang mahal dengan banyak fitur yang belum tentu bisa terpakai juga.

Ada 2 kategori tool SEO yang akan saya bagikan, pertama tool untuk analysis blog dan yang kedua adalah untuk riset keyword.

Penasaran tool SEO gratis apa saja yang saya gunakan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Tool SEO Analysis Website

Hal pertama yang perlu dilakukan pada sebuah website adalah audit website. Kita harus bisa menganalisis kekurangan apa saja yang ada pada web, cara mengetahuinya bisa menggunakan tool SEO analysis.

Tool SEO dapat mengetahui apa kekurangan atau error pada sebuah web, akan ada laporan atau statistik secara detail. Nantinya kita bisa memperbaiki kekurangan tersebut.

Selain untuk mengaudit website senidiri, saya juga sering menggunakannya untuk cek website kompetitor, sehingga bisa bersaing di mesin pencarian.

Adapun beberapa tool analysis blog yang saya gunakan adalah sebagai berikut.

1. MID SEO Analysis

mid seo analysis

Tools SEO Analysis dari MID Teknologi ini dapat membantu kita dalam melakukan analysis seo website, fitur utama yang terdapat pada MID Seo Analysis antara lain :

  1. Analysis pagespeed
  2. Analysis Meta Description
  3. Analysis Keyword
  4. Analysis Title Tag
  5. Analysis Sitemap

Dan masih banyak lagi fitur-fitur analysis yang tersedia pada MID SEO Analysis.

2. Ahrefs

ahrefs

Tool SEO pertama ada Ahrefs, salah satu tool terbaik yang digunakan oleh para ahli SEO. Untuk menggunakan semua fitur Ahrefs memang perlu bayar berlangganan, namun versi gratis juga bisa membantu saya untuk melakukan audit dan memantau perkembangan keyword.

Fitur utama pada Ahrefs yaitu Site Audit, Site Explorer, Keyword Explorer, Content Explorer dan Rank Tracker. Untuk pemula yang ingin menggunakan tool ini tidak perlu kebingungan, karena Ahrefs sudah menyediakan panduan secara lengkap.

3. SEOquake

seoquake

SEOquake merupakan sebuah ekstensi gratis pada browser Google Chrome dan Mozilla. Gunanya untuk melihat metrik SEO pada sebuah website di halaman tertentu, atau bisa juga untuk melihat profil web di mesin pencarian. Jadi, saya bisa mengetahui sebarapa bagus website pesaing dengan website saya.

4. Google Analytics

google analytics

Seperti yang kita ketahui sebagian besar pencarian di internet itu menggunakan Google, lebih tinggi dibandingan dengan mesin pencarian lainnya. Google Analytics dapat memgbantu saya untuk memantau perkembangan website secara tepat.

Semua aktivitas pengunjung website akan dicatat oleh Google analytics, mulai dari perliaku pengunjung, demografi, jumlah traffik, sumber traffik, statistis pengunjung secara realtime dan masih banyak lagi.

5. Google Search Console

google search console

Platform gratis dari Google yang wajib digunakan oleh blogger. Pemilik web atau blog harus mendaftarkan alamat web ke Google Search Console, tujuannya agar mempercepat index di mesin pencarian Google.

Hal penting lainnya, SEO tool ini juga dapat memeriksa kinerja website dan mencatat semua aktivitas pengunjung website saya secara akurat di ranah organik.

6. Google PageSpeed Insight

google pagespeed insight

Kecepatan loading website mempengaruhi performa SEO pada website. SEO tools ini berguna untuk menganalisis seberapa cepat website dimuat pada perangkat mobile dan desktop.

Keyword Tools SEO

Selain tool analysis website, seorang blogger juga harus paham dan bisa menggunakan tool keyword. Sesuai namanya, tool ini berguna untuk melakukan riset kata kunci. Saya biasanya melakukan riset kata kunci berdasarkan volume pencarian, persaingan di mesin pencari dan biaya iklan pada kata kunci tersebut kecil atau besar.

Nah, berikut adalah beberapa keyword tool SEO gratis yang saya gunakan.

1. Ubersuggest

ubersuggest

Ubersuggest menjadi tool SEO gratisan yang setiap hari saya pakai untuk melakukan riset kata kunci saat membuat artikel. Sebenarnya bukan hanya untuk riset kata kunci, tapi bisa juga untuk menganalisa website kompetitor, menganalisis SEO On Page website dan laporan statistis bulanan.

3. Google Trends

google trends

Google Trends sangat membantu saya untuk mengetahui artikel dan kata kunci apa yang sedang populer. Sehingga bisa memberikan ide dalam membuat artikel yang sedang dicari oleh banyak orang. Kata kuncinya pun bukan dari pencarian web saja, melainkan hasil dari Google Image, Google News, Google Shopping, dan YouTube.

Akhir Kata

Itulah tool SEO gratisan yang saya gunakan untuk kebutuhan blog verhan.id. Sampai saat ini tidak pernah mengeluarkan budget untuk membeli tool SEO, semua budget ngeblog dipakai untuk jasa penulisan artikel SEO dan backlink saja.

Oke, sekian dulu artikel berbagi pengalaman ngeblog kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Tools SEO Gratis untuk Website yang Saya Gunakan"