Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menyematkan Pesan di Telegram Pribadi, Grup dan Channel

cara menyematkan pesan di telegram

Telegram sukses menjadi salah satu media sosial berbasis chatting yang mampu menyaingi WhatsApp dan aplikasi sejenis lainnya. Kesuksesan tersebut tidak lain karena beragam fitur yang diberikan oleh Telegram membuat penggunanya merasa puas saat menggunakan aplikasi tersebut.

Walaupun demikian, meskipun mampu menyaingi aplikasi sejenis WhatsApp, tetapi tampaknya beberapa orang masih kurang familiar dengan fitur-fitur di dalam aplikasi Telegram ini. Terutama fitur utama yang penting dalam chatting seperti bagaimana cara menyematkan pesan di Telegram.

Karena seperti yang kita tahu, menyematkan pesan sangat dibutuhkan karena bisa saja pesan tersebut penting dan tidak boleh sampai terlupakan.

Di bawah ini, kami akan mengulas secara tuntas bagaimana cara menyematkan pesan di Telegram dalam dua versi, yakni versi pesan tertentu di dalam ruang obrolan dan menyematkan chat pribadi atau grup obrolan.

Cara Menyematkan Pesan di Channel Telegram

Tutorial pertama yakni menyematkan pesan di Channel Telegram. Dimana biasanya tutorial ini akan dibutuhkan ketika kamu merasa ada pesan tertentu yang penting dan tidak boleh sampai terhapus.

Pesan ini bisa berupa teks ataupun sejenis dokumen. Penyematan tersebut bisa untuk pribadi ataupun lawan bicara atau anggota grup juga bisa melihat sematan pesan.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyematkan pesan di channel Telegram:

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Login ke akun pribadimu.
  3. Cari chat pada channel Telegram yang pesannya ingin disematkan, lebih cepat jika kamu menggunakan fitur search terlebih dahulu.
  4. Buka ruang obrolan, kemudian cari pesan. Sama seperti sebelumnya, jika ingin mencari cara cepat, klik titik tiga di pojok kanan atas. Lalu pilih search kemudian ketikkan kata kunci pesan yang ingin kamu cari.
  5. Setelah ditemukan, klik satu kali dengan tempo yang cepat pada bubble chat tersebut tanpa menahannya.
  6. Kemudian akan muncul beberapa pilihan menu, klik "Sematkan" atau "PIN".
  7. Setelah itu akan muncul bubble notifikasi berisi pilihan. Jika ingin menyematkan juga untuk lawan bicara atau peserta grup, klik centang pada kotak yang disediakan.
  8. Pilih "Sematkan".
  9. Maka chat tersebut akan otomatis tersemat ke bagian atas.

Cara Menyematkan Pesan di Telegram Grup / Pribadi

Selain pesan tertentu, kamu juga bisa menyematkan keseluruhan obrolan yakni dengan cara menyematkan obrolan tersebut agar berada di bagian atas urutan chat.

Tutorial ini sangat berguna bagi kamu yang sering mengobrol dengan orang penting dan tidak mau pesannya sampai tertinggal atau tak terbalas.

Namun, perlu diketahui bahwa menyematkan obrolan ini memiliki batas maksimal, yakni 5 obrolan saja. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Login ke akun pribadimu.
  3. Cari chat pribadi atau grup yang pesannya ingin disematkan, lebih cepat jika kamu menggunakan fitur search terlebih dahulu.
  4. Setelah ditemukan, klik dan tahan pesan tersebut beberapa saat hingga tampilan di bar atas berubah jadi pilihan menu.
  5. Klik titik tiga di bagian pojok kanan atas, kemudian pilih "Sematkan".
  6. Chat atau grup obrolan akan pindah di bagian atas sehingga kamu lebih mudah melihat dan menemukannya.

Agar Pesan yang Disematkan Tidak Bisa Dihapus Orang Lain

Seperti yang kita ketahui, pada sebuah grup atau channel Telegram terdapat beberapa anggota yang memiliki akses untuk mengedit dan menghapus pesan yang telah di sematkan. Nah, agar pesan Telegram yang kamu telah sematkan tidak bisa dihapus oleh anggota lain, ada cara yang harus kamu lakukan.

Berikut adalah langkah-langkah cara pesan yang disematkan di Telegram tidak bisa dihapus oleh orang lain:

  1. Pertama buka aplikasi Telegram.
  2. Buka channel Telegram yang kamu kelola sebagai admin.
  3. Masuk ke menu Pengaturan grup.
  4. Di halam edit pilih menu Izin.
  5. Silahkan hilangkan tanda centang pada fitur Semat Pesan.

Akhir Kata

Demikian sekilas informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menyematkan pesan di Telegram dalam dua versi. Sangat mudah bukan? Kamu tidak membutuhkan tambahan aplikasi dan langkah-langkahnya juga tidak memakan waktu yang lama untuk dilakukan.

Posting Komentar untuk "Cara Menyematkan Pesan di Telegram Pribadi, Grup dan Channel"