Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Ebook di HP Android Paling Mudah

cara membuat ebook di hp

Cara Membuat Ebook di HP - Semakin maju perkembangan zaman membuat kita lebih mudah melakukan hal apapun, misalnya dulu untuk membaca sebuah tulisan harus melalui buku cetak. Kini membaca tulisan sangat mudah dengan adanya internet dan ebook digital.

Banyak penulis yang kini sudah membuat tulisan ke dalam ebook digital, karena ebook digital membuatnya lebih mudah, murah, ramah lingkungan, bisa dibaca kapanpun dan dimanapun dan mudah didapatkan melalui gadget yang setiap hari kita pegang.

Tapi bukan berarti penulis tidak lagi mencetak tulisannya ke dalam bentuk buku fisik, akan selalu ada penulis yang mencetak buku fisik agar lebih bisa merasakan karyanya. Ebook digital yang sudah dibuat dalam PDF pun bisa dicetak, tentu saja harus dapat izin dari pembuatnya.

Adapun format ebook yang paling populer digunakan adalah format PDF (Portable Domument Files), format PDF mudah diakses diberbagai perangkat dan aplikasi yang mendukung untuk membuka file PDF pun banyak. Format lainnya yang digunakan dalam pembuatan ebook digital adalah ePub, Mobi, dan DocX.

Urutan dalam Membuat Ebook

Sebelum ke tutorial pembuatan ebook ada baiknya kamu mengetahui urutan dan hal-hal yang harus disiapkan agar ebook yang dibuat hasilnya banyak diminati orang.

1. Menentukan Topik

Hal pertama yang harus kamu pikirkan adalah topik atau pokok pembicaraan yang akan ditulis nanti. Misalnya membuat ebook 'panduan online shop', kamu juga harus menguasai topiknya agar lebih mudah dimengerti oleh pembaca nantinya.

2. Membuat Outline

Outline merupakan kerangka dalam sebuah tulisan yang akan dibuat. Agar lebih fokus dan mudah menulis nantinya, kamu harus membuat kerangka seperti judul dan sub judul terlebih dahulu. Misalnya: mengenal apa itu marketplace, marketplace di Indonesia apa saja, cara berjualan marketplace di tokopedia, dan masih banyak lagi.

3. Mulai Menulis

Jika kerangka sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah mulai menulis. Menulis untuk membuat ebook di hp bisa menggunakan aplikasi Google Docs atau WPS Office. Dowload aplikasi nya graits di Google Play Store.

4. Menyiapkan Media

Media yang saya maksud disini adalah gambar. Gambar atau ilustrasi dalam sebuah tulisan dapat mudah dimengerti oleh pembaca. Apalagi jika ebook yang akan dibuat adalah ebook tutorial, baiknya menambahkan gambar ke dalam tulisan.

5. Menentukan Judul Ebook yang Menarik

Setelah tahu topik apa yang akan dibahas kamu juga harus memikirkan judul ebook yang menarik, semakin menarik judul maka peluang peminatnya juga akan tinggi. Misalnya ebook panduan online shop dengan judul 'Rahasia Jualan Laris di Marketplace Indonesia'.

6. Buat Cover Ebook

Setelah pembuatan ebook selesai, langkah terakhir yaitu desain cover ebook. Desain gambar yang akan menjadi sampul depan ebook.

7. Mock UP Ebook

Terakhir adalah membuat Mock UP. Mock UP ebook merupakan sebuah desain media visual yang digunakan untuk promosi ebook ke sosial media atau lebih tepatnya di internet.

Unsur-unsur dalam membuat ebook umumnya itu saja, apabila ada yang ingin ditambahkan silahkan sesuai keperluan masing-masing.

Nah buat kamu yang baru pertama kali membuat ebook dan belum tau bagaimana cara membuat ebook di hp, simak tutorialnya di bawah ini.

Cara Membuat Ebook di HP Android

Aplikasi yang akan saya gunakan dalam pembuatan ebook di hp pada artikel ini adalah Google Docs. Dengan aplikasi tersebut kamu juga akan belajar cara membuat ebook online dari hp Android.

Aplikasi ini gratis digunakan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, berarti disini kami akan memberikan tutorial cara membuat ebook gratis.

Pastikan kamu memiliki akun Google untuk masuk ke aplikasi Google Docs, aplikasi ini hanya bisa diakses oleh pengguna google. Cara penggunaanya mudah saja, karna fiturnya kurang lebih sama seperti membuat Ebook di Word. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Oke mari kita langsung saja ke tutorial cara membuat ebook dengan format PDF menggunakan aplikasi Google Docs.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat ebook di hp:

  1. Buka aplikasi Google Dokumen di HP.
  2. Buat dokumen baru.
  3. buat dokumen ebook baru
  4. Tulis nama file, samakan saja dengan nama ebook yang akan kamu buat.
  5. tulis judul ebook
  6. Atur mengatur penataan halaman ebook seperti Orientasi, Ukuran kertas, Margin dan Warna halaman.
  7. atur lembar kerja ebook
  8. Mulai menulis mulai dari Pendahuluan, Isi, hingga akhir Penutupan. Jangan lupa juga untuk menambahkan gambar jika diperlukan.
  9. Setelah penulisan selesai, atur juga page number pada setiap halaman dengan cara menekan ikon + di menu atas, lalu pilih Nomor Halaman.
  10. buat page number ebook
  11. Jika pembuatan tulisan ebook sudah selesai langsung saja save dalam format .docx (nanti bisa di convert ke pdf menggunakan aplikasi lainnya).
  12. Klik ikok titik 3 dipojok kanan atas → pilih menu Bagikan & eksporSimpan sebagai Google Dokumen (.docx).
  13. simpak ebook ke hp
  14. Selesai, ebook berhasil dibuat.

Cara Membuat Cover Ebook di HP

Pembuatan cover ebook kali ini akan dibantu oleh Canva. Canva merupakan aplikasi atau tool design grafis online, smaksudnya jika kamu ingin mendesain menggunakan canva harus terhubung ke internet.

Canva menyediakan berbagai macam keperluan desain, termasuk desain cover ebook. Banyak sekali template cover yang tersedia, sehingga pengguna tinggal memilih dan mendesain ulang sesuai dengan desain keinginannya.

Adapun cara membuat cover ebook di canva adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Canva di Hp.
  2. Daftar akun atau login Canva dengan akun Google.
  3. Klik tombol "buat baru".
  4. Pilih menu desain Cover Ebook.
  5. Pilih salah satu desain cover ebook yang ingin kamu pakai.
  6. Ubah desain cover ebook yang sesuai dengan tema ebook kamu.
  7. Jika sudah selesai mendesain klik ikon titik 3 dipojok kanan atas.
  8. Lalu download ebook cover dari canva ke galeri hp.
  9. Selesai.

Setelah selesai membuat cover silahkan satukan semua cover ebook dan tulisan ebokk yang sebelumnya sudah kamu buat, bisa menggunakan Google Docs atau aplikasi pembuat ebook lainnya.

Contoh Cover Ebook Menarik

Contoh ebook di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi desain cover ebook kamu, contoh cover saya ambil dari web canva.com.

contoh ebook
contoh ebook menarik
contoh cover ebook
contoh cover ebook menarik
contoh desain ebook menarik

Apakah ada cara membuat ebook tanpa aplikasi?

Untuk membuat sebuah desain ebook kita membutuhkan aplikasi pembuat ebook atau bisa juga menggunakan website yang menyediakan tool ebook generator.

Rekomendasi aplikasi membuat ebook keren:

  • Google Docs
  • MS Office
  • Mobipocket
  • iBook
  • ePUBee
  • Calibre
  • Zinepal
  • Canva
  • Visme
  • Flippingbook
  • FlipSnack
  • Flip Builder
  • Crello
  • Venngage
  • Blurb
  • Lucid Press

Cara Membuat Mock UP Ebook di HP

Sudah membuat ebook dan cover ebook, selanjutnya adalah membuat mock up ebook. Dan tool yang akan digunakan web based, jadi kamu harus terhubung ke internet untuk membuatnya.

Caranya sangat mudah kok, tidak perlu mendesain lagi karna tool ini akan otomatis memasukan desain cover ebook kamu ke mock up yang sudah disiapkan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser di HP.
  2. Kunjungi situs https://diybookcovers.com/3Dmockups/.
  3. Pilih template mock up ebook yang diinginkan, bisa Single atau Composite.
  4. Klik tombol Next.
  5. Klik Browse, lalu pilih file cover ebook yang sudah kamu buat sebelumnya.
  6. Jika sudah klik Upload.
  7. Tunggu beberapa saat hingga mock up ebook ditampilkan.
  8. Terakhir, download mock up dengan format PNG atau JPG.

Akhir Kata

Itulah tutorial singkat cara membuat ebook di hp beserta cara membuat cover dan mock up ebook nya. Sangat mudah bukan buat ebook sendiri di hp?

Silahkan buat ebook dengan isi tulisan terbaik kamu dan desain cover ebook sebagus mungkin. Setelah selesai membuat ebook sebaiknya file disimpan dalam format pdf agar mudah dibagikan ke orang-orang yang ingin membaca tulisan kamu. Sekian, semoga membantu.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Ebook di HP Android Paling Mudah"