Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa Beserta Contohnya

pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa

Jika melihat produk yang dihasilkan, Anda bisa membagi beberapa pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa. Untuk barang sendiri, tentu saja Anda sudah banyak melihat beberapa contohnya. Sedangkan untuk pekerjaan yang menghasilkan jasa seringkali yang masih bingung.

Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini, semakin menjamurlah pekerjaan yang menghasilkan jasa. Pekerjaan jasa sendiri sangat mudah untuk dilakukan bahkan secara online dengan pasarnya hingga hampir seluruh dunia.

Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Banyak sekali pekerjaan yang menghasilkan barang di seluruh dunia. Semua barang-barang yang kita lihat di sekitar merupakan hasil dari pekerjaan orang yang ahli dibidangnya.

Jika kamu memiliki tugas seperti sebutkan 5 pekerjaan yang menghasilkan barang beserta barang yang dihasilkan. Di bawah ini adalah contoh pekerjaan yang menghasilkan barang.

  1. Petani
  2. Pertama contoh pekerjaan yang menghasilkan barang adalah petani. Dengan menanam padi di sawah akan menghasilkan beras.

  3. Nelayan
  4. Petani dan nelayan adalah contoh pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang yang dihasilkan oleh nelayan adalah ikan atau hewan laut lainnya.

  5. Penjahit
  6. Penjahit adalah pekerjaan yang menghasilkan barang, barang yang dihasilkan berupa baju, celana, kain dan masih banyak lagi.

  7. Pengrajin Kayu
  8. Pengrajin kayu juga termasuk penghasil barang, barang yang dibuat adalah barang-barang furniture seperti meja belajar, kursi tamu dan lainnya.

  9. Pengrajin Tas Kulit
  10. Pengrajin tas kulit merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang berupa tas.

Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah salah satu jenis usaha yang menghasilkan layanan, bukan produk secara fisik. Nah, secara rinci berikut beberapa contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa serta pelayanan yang diberikan:

  1. Dokter
  2. Dokter adalah pekerjaan yang menghasilkan menghasilkan jasa. Karena tugas dari seorang dokter adalah memberikan jasa dengan memeriksa kesehatan pasien dan memberikan resep untuk menyembuhkan penyakitnya. Dokter tidak memproduksi barang namun memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

  3. Polisi
  4. Polisi adalah pekerjaan yang menghasilkan jasa. Layanan yang diberikan polisi cukup banyak, contohnya seperti memelihara keamanan, memberikan perlindungan dan layanan kepada masyarakat.

  5. Guru
  6. Guru adalah pekerjaan yang menghasilkan jasa. Jasa yang diberikan kepada siswa dan siswi berupa pelajaran pendidikan, sopan santun, budi pekerti, membimbing saat sekolah, membentuk karakter hingga menambah kecerdasan muridnya.

  7. TNI
  8. Pekerjaan atau tugas TNI sangat berjasa untuk keamanan Negara Indonesia. Salah satu layanan atau tugas poko dari seorang TNI adalah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

  9. Wartawan
  10. Wartawan juga merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa, pekerjaanya yaitu mencari dan menyusun berita yang nantinya akan dimuat dalam surat kabar, radio, televisi dan media lainnya.

  11. Agen Perjalanan
  12. Dengan semakin meningkatnya perkembangan pariwisata di dalam negeri dan luar negeri saat ini, maka semakin banyak juga agen perjalanan wisata yang memberikan layanan untuk mengantarkan Anda. Selain perjalanan wisata juga ada perjalan umroh dan haji. Agen perjalanan adalah salah satu pekerjaan yang memberikan jasa layanan untuk membantu orang - orang yang ingin liburan ataupun melaksanakan ibadah.

  13. Arsitek dan Desain Interior
  14. Pekerjaan dalam bidang jasa ini paling banyak sekali digeluti, karena sebenarnya karakteristik dari pekerjaan ini memang harus dilakukan oleh ahlinya. Arsitek dan desain interior adalah pekerjaan jasa yang paling banyak dibutuhkan oleh pemerintah ataupun swasta. Saat ini, ada banyak sekali rumah pribadi yang menggunakan jasa desain interior dan arsitek.

  15. Jasa Perawatan Rambut
  16. Manusia memiliki keterbatasan dirinya, tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, hal ini juga terjadi pada saat akan mencukur rambutnya. Baik potong rambut wanita, pria dan anak - anak juga sangat banyak dibutuhkan. Ini adalah salah pekerjaan yang menghasilkan jasa untuk melayani dalam merapikan, memotong dan memberikan perawatan rambut seseorang.

  17. Penulis
  18. Penulis atau copywrite juga adalah salah satu pekerjaan jasa yang memberikan hasil tulisan. Pekerjaan ini masuk dalam kategori jasa dan juga banyak sekali peminatnya. Saat ini ada banyak orang yang membutuhkan tulisan untuk website, artikel, caption media sosial dan lainnya.;

  19. Desain Grafis
  20. Untuk membuat sebuah poster, postingan desain instagram, dan keperluan promosi serta logo maka Anda membutuhkan seorang desain grafis dalam melakukannya. Untuk itu, jika Anda yang memiliki skill dalam bidang desain grafis, maka bisa menyediakan jasa ini untuk dijual bahkan penggunaan jasa ini bisa dijual hingga di luar negeri dengan harga yang cukup mahal.

  21. Konten Kreator
  22. Konten Kreator juga adalah salah satu pekerjaan yang menghasilkan jasa yang bisa memberikan Anda banyak penghasilan uang. Mereka memiliki skill membuat konten yang kreatif, konsep yang menarik dan memiliki ide - ide yang cemerlang dan bisa membuat viral maka bisa menghasilkan uang dari ide tersebut.

  23. Jasa Pembuatan Website
  24. Untuk Anda sebagai pengusaha yang tidak memiliki keahlian dalam membuat website dan toko online, maka saat ini Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website atau toko online untuk membantu Anda membuat website dan toko online.

  25. Jasa Ekspedisi
  26. Saat ini sudah menjadi fenomena umum proses jual beli secara online, hal ini akhirnya membuat pertumbuhan dari jasa ekspedisi juga semakin pesat. Itulah mengapa sangat wajar jika Anda seringkali melihat ada banyak jasa ekspedisi yang bermunculan selain kantor pos yang sudah lama dimiliki. Ini adalah salah satu industri yang semakin laris dan paling banyak memiliki jasa kurir.

Akhir Kata

Selain pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa diatas, sebenarnya ada banyak lagi pekerjaan yang bisa menghasilkan jasa dan barang dengan value yang lebih. Tapi untuk sebagai contoh, yang disebutkan di atas sudah cukup.

Posting Komentar untuk "Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa Beserta Contohnya"