Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mendapatkan Uang dari Blog tanpa Modal dengan Cepat

cara mendapatkan uang di blogger

Banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari blog. Kebanyakan orang awam yang tidak mengenal blog mungkin berpikir bahwa blog hanya wadah penulis untuk mengisi waktu luang saja.

Padahal blog bukan hanya tempat menulis saja, kita bisa menghasilkan uang dar blog dengan cepat dan mudah. Sayangnya banyak orang yang belum tau akan hal itu.

Terus, bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?

Tenang saja, karena pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman cara mendapatkan uang dari blog gratisan.

Penasaran bagaimana cara saya melakukannya? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog Gratisan

Cara menghasilkan uang dari blog gratisan bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan tanpa modal sekalipun. Hanya saja lebih banyak memakan waktu, menguras otak dan harus sabar.

Ya namanya juga gratisan, hehee.

Tapi walaupun gratisan, kesempatan untuk menghasilkan uang masih terbuka lebar. Pengguna internet juga semakin hari terus bertambah, jadi peluang untuk mendapatkan traffik secara organik ataupun lewat sosial media masih mudah didapatkan.

Nah, sekarang kita langsung saja masuk ke langkah pertama, yaitu membuat blog. Berikut adalah tahapan membuat blog gratisan yang menghasilkan uang.

1. Membuat Blog di Blogger

Sesuai judul, disini saya mencoba meminimalisir mengeluarkan biaya untuk membuat blog. Jadi, untuk mendapatkan uang dari blog tanpa modal kita bisa memanfaatkan platform blogger. Blogger ini platform milik Google yang menyediakan pembuatan blog gratis.

Disini saya tidak akan menjelaskan cara membuat blog, karna saya sudah buat panduannya di artikel berikut → Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang.

2. Riset Kata Kunci untuk Artikel

Setelah membuat blog, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan kata kunci atau keyword untuk membuat artikel. Kenapa harus riset kata kunci? Tujuannya agar artikel yang kamu buat bisa mendatangkan pengunjung dari mesin pencari Google.

Lakukan riset terlebih dahulu, cari kata kunci yang sekiranya banyak dicari oleh orang lewat Google.

Saya kasih contoh kata kunci yang banyak dicari di Google, "Bisnis online tanpa modal", "Cara jualan online modal untuk pemula", "Cara jualan di Shopee".

Kumpulkan kata kunci yang banyak dicari orang, minimal 1 minggu menyiapkan 20 kata kunci untuk dibuat artikel.

Riset kata kunci bisa kamu lakukan di web Ubersugsest dan Google Trends. 2 tools tersebut gratis digunakan, saya biasa riset kata kunci menggunakan 2 web itu.

3. Menulis Konten Blog

Sudah mendapatkan kata kunci yang ada pencariannya, lanjut membuat konten artikel di blog. Buat artikel yang berkualitas, maksudnya artikel ditulis secara lengkap, mudah dipahami dan enak dibaca oleh pengunjung.

Buat artikel sebanyak-banyaknya, di blogger tidak ada batasan menulis artikel, jadi kamu bisa membuat artikel dengan bebas untuk mendatangkan traffik lebih banyak.

Apabila kamu kesusahan saat menulis artikel coba lihat dan baca 10 artikel yang ada dihalaman 1 Google. Baca dan pahami semua artikel di halaman 1, kemudian kamu tulis ulang dengan gaya tulisan kamu sendiri. Ingat, jangan copas!

4. Optimasi Blog

Perjuangan ngeblog tidak hanya menulis artikel saja, seorang blogger juga harus bisa mengoptimasi blog nya agar artikel yang dipublikasikan bisa muncul di halaman pertama google.

Ada 2 macam optimasi blog, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Saya tidak akan menjelaskan cara optimasi blog disini, karna penjelasannya akan sangat panjang.

Jadi, untuk cara optimasi blog bisa kalian cari di Google, atau bisa baca artikel berikut → Cara Menaikan Posisi Blog di Google.

5. Mendapatkan Traffik

Setelah 4 point di atas dikerjakan dengan benar dan dikerjakan secara konsisten, pasti traffik atau pengunjung akan datang ke blog kamu.

Semakin banyak pengunjung yang melihat konten artikel di blog kamu maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan uang dari blog.

Pasti kamu masih berpikir bagaimana sih cara mendapatkan uang dari blog sendiri? Nah untuk penjelasan cara menghasilkan uang dari blog, baca penjelasan sumber penghasilan blogger di bawah ini.

Apa Saja Sumber Penghasilan dari Blog?

Banyak orang yang berpikir dan belum mengetahui dari mana sumber penghasilan dari blog.

Sebelum menjadi blogger seperti sekarang saya pun berpikir seperti itu, melihat teman-teman dari SMK membuat blog dan bisa mendapatkan uang lebih untuk jajan membuat saya penasaran.

Dan setelah mengetahuinya ternyata banyak sekali sumber penhasilan yang bisa dapatkan dari sebuah blog. Beruntung bisa mengenal blog dan menjadi blogger sampai saat ini.

Berikut adalah beberapa sumber penghasilan dari blog yang cepat dan mudah didapatkan.

1. Google Adsense

Sumber penghasilan blogger pertama adalah Google Adsense. Google Adsense menjadi sumber penghasilan paling diminati oleh blogger.

Cara kerjanya yaitu memasang iklan Google Adsense di blog, jika ada pengunjung yang klik iklan Adsense maka kamu akan dibayar. Bayaran per klik nya berbeda-beda tergantung pengiklan memberikan budget berapa untuk iklannya.

Jika kamu ingin mendapatkan uang dari blog untuk setiap kunjungan maka Adsense juga termasuk layanan iklan yang membayar setiap kunjungan, dengan syarat iklan tayang atau terlihat di blog.

Cara mendapatkan uang dari blog google Adsense dari setiap kunjungan akan dihitung per seribu tayang (RPM). Maka dari itu, fokus untuk meningkatkan traffik terlebih dahulu untuk mendapatkan penghasilan tinggi dari Adsense.

2. Afiliasi

Cara cepat menghasilkan uang di blog bisa kamu lakukan dengan mengikuti program affiliasi.

Kamu akan dibayar setiap orang yang membeli produk melalui link yang kamu pasang di halaman blog.

Bayarannya sesuai dengan ketentuan dari pembuat program affiliasi. Ikitu program affiliasi di Shopee, Blibli dan platform jualan online lainnya.

3. Konten Placement

Konten placement merupakan sumber penghasilan yang bisa didapatkan oleh blogger.

Apa sih konten placement itu?

Singkatnya konten placement itu mempublikasikan konten artikel yang berisi link website/blog orang lain. Istilah ini juga dikenal dengan jasa backlink, karna ada link yang dipasang di halaman artikel.

Bayaran per konten placement tergantung kualitas blog, semakin bagus blog yang kamu buat maka semakin tinggi juga bayarannya.

Blog verhan.id sendiri membuka jada konten placement dengan harga sekitar Rp 100.000 - 150.000.

4. Buka Jasa

Dari blog, kamu bisa membuka jasa sesuai keahlian. Mislanya kamu ahli dalam membuat artikel maka coba untuk membuka jasa penulisan artikel. Buat halaman khusus untuk informasi harga jasa penulisan artikel lengkap dengan nomor kontak yang bisa dihubungi.

Saya sendiri dari blog verhan.id suda membuka 3 jasa, yaitu jasa penulisan artikel, jasa membuat blog dan jasa backlink.

5. Berjualan Produk

Kamu bisa mendapatkan uang dari blog pribadi dengan cara menjual produk, boleh produk buatan sendiri atau bantu promosi produk orang lain.

Buat konten artikel yang masih berhubungan dengan produk yang akan kamu jual, jangan lupa lakukan riset kata kunci sehingga kesempatan untuk menjual produk akan lebih mudah terjual.

Misalnya produk yang kamu jual adalah Tas Sekolah, maka kamu bisa membuat artikel dengan judul "Tips memilih tas sekolah yang nyaman untuk anak SD".

Akhir Akta

Itulah informasi cara mendapatkan uang dari blog yang bisa saya bagikan kepada kalian. Sebenarnya masih banyak sumber penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari blog, namun sumber penghasilan yang saya sebutkan di atas sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan uang dari blog.

Buat blog dan konsisten menulis artikel minimal 1 tahun untuk mendapatkan traffik yang stabil, sehingga pendapatan dari blog juga bisa kamu nikmati setiap bulannya.

Sekian, semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang dari Blog tanpa Modal dengan Cepat"