Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Susunan Kabel Straight dan Cross yang Benar Beserta Fungsinya

urutan susunan kabel cross dan straight yang benar

Susunan Kabel Straight dan Cross - Komputer merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi yang sampai saat ini bisa kita semua gunakan. Pada komputer biasanya terdiri dari beberapa bagian seperti adanya kabel cross dan kabel straight.

Karena sangat penting, maka jika Anda ingin melakukan perakitan komputer dan beberapa bagian pendukung. Alangkah lebih baik jika memahami juga bagaimana urutan susunan kabel Straight dan Cross over yang benar.

Pengertian Susuan Kabel Straight dan Cross

Sebelum Anda mempelajari bagaimana cara untuk urutan susunan kabel cross dan straight yang benar. Tak ada salahnya jika Anda juga mengetahui pengertian dari kabel cross dan kabel straight. Meskipun banyak terpasang rangkaian komputer.

Akan tetapi tak banyak yang tahu apa sebenarnya kedua kabel tersebut. Kabel cross merupakan sebuah kabel yang bisa digunakan untuk menghubungkan dua komponen yang sama. Sebagai .contohnya adalah dari komputer ke komputer lain. Lalu bisa juga dari switch ke komponen switch lain.

Sedangkan untuk kabel straight digunakan untuk menghubungkan dua komponen yang berbeda. Sebagai contohnya adalah hubungan antara komponen komputer dengan switch.

Fungsi Kabel Straight dan Cross

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk melakukan penyusunan kabel cross dan straight. Poin berikutnya adalah penjelasan terkait dengan fungsi kabel cross dan straight. Crossover kabel memiliki fungsi untuk menghubungkan dua komponen device yang sama.

Sebagai contohnya adalah ketika Anda menghubungkan komputer dengan komputer, switch dengan switch, hub dengan hub dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk kabel straight memiliki fungsi kebalikan dari kabel cross. Dimana kabel straight berfungsi untuk menghubungkan komponen device yang berbeda. Sebagai contohnya adalah ketika Anda ingin menghubungkan antara komputer dengan switch, switch dengan router, dan masih banyak lagi.

Susunan Kabel Straight dan Cross dalam Pembuatan Kabel UTP

Mungkin Anda akan bingung ketika ditanya atau diperintahkan untuk membuat kabel UTP dengan susunan straight dan cross, karna belum begitu mengetahui informasi yang tepat terkait dengan susunan warna kabel straight dan cross ini.

Meskipun saat ini banyak gambar susunan kabel straight dan cross. Namun jika diimbangi dengan ketersediaan informasi terkait dengan bagaimana cara untuk bisa menyusun kabel straight maupun cross. Tentunya hal tersebut akan semakin mempermudah Anda ketika akan melakukan proses susunan kabel.

Berikut merupakan penjelasan mengenai susunan kabel straight dan kabel cross.

Susunan Kabel Straight

susunan kabel straight

Hal pertama yang bisa Anda perhatikan ketika akan melakukan pembuatan jenis kabel straight adalah susunan warna pada kedua ujung konektor haruslah sama. Urutan susunan warna kabel straight utp yang benar adalah putih-orange, orange, putih-hijau, biru, putih biru, hijau, putih-coklat, coklat.

Berikutnya untuk bisa menghubungkan komponen antar komputer diperlukan bantuan kabel RJ-45. Selain itu di dalam kabel tersebut terdapat 8 pin.

Susunan Kabel Cross

susunan kabel cross

Jika pada penyusunan kabel straight harus menggunakan warna yang sama. Maka untuk penyusunan kabel cross diperlukan warna ujung kabel yang berlawanan atau tak sama. Berikut adalah urutan warna pada kabel crossover.

UJUNG A

Dimulai dari warna putih-orange, lalu ke warna orange, warna putih hijau, warna biru, warna putih-biru, warna hijau, warna putih-coklat, warna coklat.

UJUNG B

Dimulai dari warna putih-hijau, warna hijau, warna putih-orange, warna biru, warna putih-biru, orange, warna putih-coklat, dan terakhir warna coklat.

Susunan Kabel UTP Straight dan Cross

Kabel UTP merupakan sebuah kabel yang di dalamnya terdapat sebuah inti. Inti tersebut terbuat dari tembaga. Agar komponen dalam kabel bisa tetap terjaga. Maka komponen dalam kabel UTP selalu dilapisi oleh sebuah bahan plastik.

Kamu bisa membuat kabel UTP dengan menggunakan susunan cross ataupun straight seperti yang sudah saya jelaskan di atas, semua tergantung kebutuhan perangkat.

Sedangkan untuk fungsi dari kabel UTP adalah sebagai jalannya proses transmisi dari sumber ke arah penerima. Selain itu kabel UTP juga disusun dengan 8 bagian warna seperti oranye, putih oranye, putih hijau, hijau, biru, putih biru, coklat, dan putih coklat.

Contoh Urutan Warna Kabel RJ45

Ujung dari kabel RJ45 memiliki jack, dimana jack tersebut terdiri dari 8 pin di dalamnya. Dengan adanya jack tersebut semakin mempermudah jika Anda akan melakukan proses urutan kabel rj45.

Berikut adalah contoh gambar kabel RJ45 dengan susuan kabel straight

urutan warna kabel rj45 stright

8 pin tersebut akan disusun sesuai dengan urutan kabel straight. Urutan susunan warna kabel straight utp yang benar adalah sebagai berikut :

  • Orange Putih
  • Orange
  • Hijau Putih
  • Biru
  • Biru Putih
  • Hijau
  • Coklat Putih
  • Coklat

Akhir Kata

Dengan membaca penjelasan tentang urutan susunan kabel Straight dan Cross yang benar seperti yang ada di atas anda tidak akan bingung lagi jika ada pertanyaan seperti sebutkan susunan kabel straight dan cross over. Tentunya Anda juga akan semakin mudah jika diharuskan melakukan penyusunan antara kedua kabel tersebut.

Posting Komentar untuk "Susunan Kabel Straight dan Cross yang Benar Beserta Fungsinya"