Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Jenis-Jenis Firewall dan Fungsinya pada Jaringan Komputer

jenis jenis firewall dan fungsinya

Dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, Anda tentu pernah atau bahkan sering mendengar mengenai istilah maupun jenis-jenis firewall yang ditawarkan pada penggunanya, bukan? Ya, firewall ini umumnya merupakan salah satu jenis pilihan pengaturan yang berada di perangkat komputer.

Meski demikian, pengaturan yang sering diilustrasikan sebagai ikon bola dunia yang tertutup dengan tembok bata warna merah ini belum banyak dipahami oleh penggunanya. Baik itu dari segi definisi, manfaat dan jenis-jenisnya. Oleh karena itu, di pembahasan kali ini akan diulas lebih detail tentang apa itu firewall.

Apa yang Dimaksud dengan Firewall?

Secara umum, firewall sendiri merupakan suatu sistem keamanan yang berguna untuk memberikan perlindungan terhadap perangkat komputer pengguna dari beraneka ragam serangan yang ada di jaringan internet. Dalam hal ini, firewall sering dikatakan sebagai pusat sekat / tembok yang melakukan pembatasan perangkat komputer terhadap jaringan yang ada di internet.

Dengan keberadaan firewall inilah, maka Anda bisa lebih mudah untuk melakukan beberapa hal penting. Di antaranya yakni seperti pengaturan data, informasi hingga berbagai kegiatan apa saja yang diperbolehkan untuk melintas dari komputer ke jaringan internet maupun sebaliknya.

Adapun firewall ini umumnya dibedakan menjadi perangkat keras / hardware maupun perangkat lunak / software. Meskipun keduanya dikatakan memiliki konfigurasi yang berbeda, namun fungsi dari firewall ini sama-sama melindungi keamanan jaringan para pengguna komputer.

Jenis-Jenis Firewall pada Jaringan Komputer

Setelah mengetahui mengenai pengertian firewall di atas, Ana juga harus mengetahui mengenai jenis-jenis perangkat firewall di perangkat komputer seperti berikut ini :

  • Packet-filtering firewall

  • Jenis firewall packet-filtering firewall ini umumnya bekerja dengan mengecek paket yang masuk ke sebuah sistem. Jika melihat dari segi kelebihan yang ditawarkan dari jenis firewall ini yakni ringan dan tak banyak mengurangi performa sistem.

  • Stateful inspection firewall

  • Untuk tipe firewall yang ini dikatakan bekerja dengan mengecek sumber paket serta membuka isi paket itu sendiri. Hal inilah yang membuat jenis firewall ini dikatakan lebih aman dalam penggunaannya.

  • Proxy firewall

  • Dikenal juga dengan application-level gateway, jenis firewall ini bekerja dengan menilai sumber paket dan isi paketnya. Pada jenis firewall ini juga nantinya akan pergi ke sumber paket dulu untuk membuatnya semakin aman.

  • Next-generation firewall

  • Terakhir, ada jenis next-generation firewall yang hadir dengan tiga fitur yang dimiliki untuk melakukan pengecekan paket secara detail, evaluasi sumber paket serta penilaian identitas paket.

Manfaat Firewall pada Jaringan Komputer

Diciptakan sebagai salah satu perangkat yang mampu memberikan perlindungan jaringan bagi para pengguna internet di rumah, membuat firewall ini ternyata juga didesain khusus dengan adanya tambahan anti-virus di dalamnya.

Adapun manfaat penggunaan firewall bagi para penggunanya antara lain sebagai berikut :

  • Memberikan perlindungan data dari serangan hacker

  • Salah satu manfaat yang diberikan oleh firewall ini yakni data pengguna akan lebih aman dari serangan hacker dan pengguna asing yang ingin mencoba mengakses data tersebut. Dengan begitu, maka data akan terlindungi oleh keberadaan dari firewall yang satu ini,

  • Melakukan pemblokiran terhadap pesan yang tidak diinginkan

  • Keberadaan firewall ini juga akan memberikan perlindungan bagi pengguna yang umumnya sering kali memperoleh pesan misterius yang mengatakan jika perangkat komputer sedang dalam bahaya. Dalam proses kerjanya, firewall ini akan melakukan pemblokiran terhadap pesan-pesan misterius tersebut.

  • Melakukan pemblokiran konten yang tidak diinginkan

  • Selain melakukan pemblokiran pesan spam yang tidak diinginkan, manfaat firewall ini juga berguna untuk memblokir situs website atau konten dari alamat yang tidak diinginkan para pengguna. Dengan begitu, maka Anda bisa lebih mudah untuk mengatur secara manual mengenai konten apa saja yang tidak diperbolehkan diakses oleh perangkat komputer.

  • Menjadikan permainan game online lebih aman dan nyaman digunakan

  • Adanya jenis-jenis firewall yang ada di perangkat komputer juga berguna untuk memberikan sistem keamanan canggih bagi para pengguna dari serangan-serangan hacker maupun virus yang terdeteksi membahayakan. Sehingga, hal ini akan membuat permainan game online terasa lebih aman dan nyaman saat digunakan.

Akhir Kata

Demikianlah informasi menarik bagi Anda mengenai definisi, manfaat hingga jenis-jenis firewall yang penting untuk diketahui di perangkat komputer. Bagi Anda yang suka berselancar di internet sepertinya firewall menjadi sistem keamanan yang wajib dipasang di komputer ataupun laptop.

Posting Komentar untuk "Jenis-Jenis Firewall dan Fungsinya pada Jaringan Komputer"