Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengecek Nomor Rekening Penipu atau Bukan 2023

cara mengecek nomor rekening penipuan

Penipuan online sering terjadi di Indonesia, oleh sebab itu kita harus mengetahui bagaimana cara mengecek nomor rekening penipu atau bukan.

Banyaknya kasus penipuan membuat kita harus lebih waspada dengan segala tindakan kejahatan ketika kita melakukan transaksi secara online.

Meskipun kita sudah selalu waspada terhadap segala tindakan penipuan online, namun masih saja ada banyak orang yang tertipu oleh penipuan online.

Dan untuk menghindari kasus penipuan online ini, anda bisa mengecek nomor rekeningnya terlebih dahulu.

Untuk mengecek rekening seseorang apakah orang tersebut pernah memiliki kasus penipuan atau tidak, anda bisa menggunakan situs mengecek rekening penipuan online. Disana anda akan mengetahui apakah penjual yang akan bertransaksi dengan anda aman atau tidak.

Cara Mengecek Nomor Rekening Penipu atau Bukan

Untuk mengecek nomor rekening penipu, kamu bisa lihat history nomor rekening penjual dengan menggunakan beberapa situs cek nomor rekening penipuan online seperti kredibel.co.id dan cekrekening.id.

Jika anda ingin mengetahui cara cek nomor rekening penipu online, berikut kami berikan panduannya, agar anda selalu aman dalam berbelanja online melalui media sosial dan terhindar dari penipuan online.

1. Mengecek Nomor Rekening Penipu di kredibel.co.id

Untuk mengetahui apakah nomor rekening seseorang pernah melakukan penipuan online atau aman, anda dapat mengecekenya menggunakan situs kredibel.co.id.

Kredibel dapat mengidentifikasi apakah sebuah no rekening pernah terdaftar dalam penipuan atau tidak. Cara mengeceknya ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini.

  1. Pertama buka browser lalu kunjungi situs cek nomor rekening penipu kredibel.co.id.
  2. Pada halaman utama kamu akan melihat kolom untuk input nomor rekening bank, silahkan Masukan nomor rekening pada kolom lalu klik tombol Cari.
  3. masukan nomor rekening penipu
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul data dari nomor rekening tersebut. Data yang diberikan berupa no rekening bank, nama pemilik dan bank yang digunakan oleh penipu.
  5. Ditutorial ini saya mencoba cek 2 rekening bank berbeda. Pertama rekening aman dengan nomor 1640001872434. Hasil pengecekan dari kredibel seperti gambar di bawah ini.

    tidak terdaftar sebagai nomor rekening penipu

    Rekening bank pertama hasilnya aman ya.

    Dan yang kedua adalah rekening penipuan dengan nomor rekening 1830001866739. Hasil pengecekan dari kredibel seperti gambar berikut.

    terdaftar sebagai nomor rekening penipu

    Seperti yang kita lihat bahwa nomor rekening di atas sudah termasuk kedalam daftar nomor rekening penipuan. Kredibel akan memberikan informasi peringatan Waspada Penipuan!. Karna rekening bank tersebut pernah melakukan penipuan dan dilaporkan oleh seseorang yang sudah tertipu.

2. Cek Nomor Rekening Penipuan di cekrekening.id

Cara mengecek nomor rekening penipuan yang kedua yaitu menggunakan situs cekrekening.id. Situs ini dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), jadi datanya benar-benar aman dan terpercaya.

Adapun no rekening yang dilaporkan pada situs ini adalah nomor rekening yang terkait tindak pidana seperti penipuan, investasi palsu, narkotika, terorisme dan kejahatan lainnya.

Okee mari kita langsung saja test dengan mengecek nomor rekening penipu.

  1. Kunjungsi situs resmi cekrekening.id di browser melalui gadget kamu.
  2. Pilih jenis akun BANK, Nama Bank dan masukan Nomor Rekening yang ingin kamu cek.
  3. Lakukan verifikasi Saya bukan robot, kemudian klik tombol Cek Sekarang.
  4. cek nomor rekening penipu
  5. Tunggu beberapa hingga muncul data dari nomor rekening tersebut.
  6. Karna yang saya cek adalah nomor rekening penipu, jadi hasilnya nomor tersebut terindikasi penipuan. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

    terdaftar sebagai nomor rekening penipu di cekrekening.id

    Informasi yang diberikan oleh cekrekening.co.id yaitu : nomor rekening, nama pemilik rekening, status nomor rekening pernah dilaporkan atau tidak, waktu pelaporan dan kategori tindak pidana.

3. Cek Nomor Rekening Penipu Melalui lapor.go.id

cek nomor rekening penipu melalui lapor.go.id

Situs terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui nomor rekening bank seseorang pernah melakukan penipuan atau tidak adalah lapor.go.id.

Situs yang dibuat oleh instansi pemerintah berwenag ini menyediakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. Layanan yang ditawarkan adalah Pengaduan, Aspirasi dan Permintaan Informasi.

Intinya dengan situs lapor.go.id ini kamu bisa meminta pengecekan nomor rekening bank atau melaporkannya ke Instansi sesuai daerah.

Untuk bisa menggunakan layanan pada situs lapor.go.id kamu harus membuat akun terlebih dahulu.

Dan untuk cara melapornya langsung saja pilih Klasifikasi Laporan dan isi semua kolom sesuai dengan kasus yang sedang kamu hadapi, kemudian klik tombol LAPOR!.

Masyarakat juga bisa melaporkan aduan melalui :

  • SMS ke nomor 1708
  • Aplikasi LAPOR!
  • dan Twitter @LAPOR1708 dengan tagar #lapor

4. Cek Nomor Rekening Penipu Melalui Instagram @indonesiablacklist

ig indonesiablacklist

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui nomor rekening penipu atau bukan adalah dengan melihat list no rekening penipu di instagram @indonesiablacklist.

Akun instagram tersebut sudah dibuat sejak tahun 2013. Digunakan khusus untuk menerima laporan rekening penipuan, semua data no rekening penipuan online yang dilaporkan oleh korban akan dikumpulkan ke sebuah database

Jika ingin mengecek no rekening penjual online aman atau tidak, kamu bisa mengirim pesan ke admin. Bilang saja apakah nomor rekening bank xxx terdaftar didata penipuan atau tidak. Nanti admin akan memberikan informasinya secepat mungkin.

Cara Melaporkan Nomor Rekening Penipuan Online

Setelah cara mengetahui nomor rekening penipu atau bukan, kamu juga harus tau cara melaporkan no rekening penipu.

Ketika bertransaksi secara online, sudah kirim uang ke penjual tapi barang yang dikirim belum sampai hingga batas pengiriman, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah laporkan nomor rekening pelaku.

Untuk cara lapor penipuan online kamu bisa melaporkannya ke situs kredibel.co.id, cekrekening.id dan lapor.go,id, disini saya akan memberikan panduan cara melaporkan nomor rekening penipuan online ke salah satu situs yang saya sebutkan tadi.

Melaporkan Nomor Rekening Penipu ke Kredibel

Pengunjung dapat memasukkan formulir laporan di situs kredibel. Pada menu laporan kamu dapat mengisi data penipuan mulai dari nomor rekening, nomor telepon, nama penipu, nama bank, platform yang digunakan penipu, produk, kronologi, lampiran hingga total kerugian kamu.

  1. Kunjungsi situs kredibel.co.id.
  2. Pada menu yang tersedia pilih Laporkan Penipuan.
  3. Pilih laporkan Nomor Rekening.
  4. laporkan nomor rekening penipu
  5. Isi semua data penipu mulai dari nama pemilik rekening, nama bank, nomor rekening, nomor telepon, platform yang digunakan penipu, produk, kronologi, lampiran hingga total kerugian.
  6. masukan data penipuan online
  7. Jika semua kolom sudah diisi, langsung saja klik tombol Kirim.
  8. kirimkan data penipuan online

    Selesai.

Selain melapor melalui situs di atas, anda juga bisa melaporkannya langsung ke OJK di nomor 1500655.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara mengecek nomor rekening penipu atau bukan dan cara melaporkan penipuan online ke situs terpercaya.

Sebelum melakukan transaksi ke orang yang baru kamu kenal (apalagi di internet), sebaiknya cek terlebih dahulu nomor rekening yang mereka gunakan, apakah aman atau tidak.

Jika ingin lebih aman bertransaksi online, lebih baik kamu gunakan jasa rekening bersama yang sudah terpercaya. Atau bisa juga via toko online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengecek Nomor Rekening Penipu atau Bukan 2023"