Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memilih Hosting yang Tepat untuk Menjalankan Bisnis Online

memilih hosting untuk bisnis online

Menjalankan bisnis online tidak bisa sembarangan. Alih-alih ingin menuai kesuksesan, justru bisa sebaliknya jika kita tidak bisa mengaturnya dengan baik. Salah satu hal yang bisa menunjang bisnis online adalah hosting yang digunakan.

Namun tahukah bahwa memilih layanan web hosting untuk bisnis online kita, ibarat seperti memilih sebuah rumah. Kita perlu mempertimbangan banyak hal agar rumah yang kita huni pas, aman, dan nyaman.

Begitu pula dalam memilih hosting untuk website bisnis online kita. Kita perlu taktik dan rencana yang matang sehingga hosting yang didapatkan adalah yang bagus dan pas untuk digunakan.

Nah, kali ini akan disampaikan beberapa cara memilih hosting yang tepat untuk mendukung bisnis online yang sedang dijalankan.

1. Berkonsultasi dengan Web Developer

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menggunakan layanan hosting untuk keperluan website bisnis online adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan web developer. Kita bisa menyampaikan detail dan fungsi website yang diinginkan. Hal ini penting karena nantinya pihak web developer bisa membantu kita dalam menentukan hingga membuat keputusan memilih layanan hosting yang cocok untuk website bisnis kita.

Dalam memilih layanan hosting, kita tidak hanya memepertimbangkannya dari segi harga, namun juga segi kecepatan akses dan bandwidth yang akan didapatkan nantinya. Mintalah arahan agar hosting yang kita gunakan bisa menunjang bisnis online kita.

2. Mengetahui Kebutuhan Bisnis Sendiri

Hal berikutnya adalah kita perlu mengetahui kebutuhan bisnis kita sendiri. Hal ini bertujuan agar layanan hosting yang kita pilih bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis kita. Apakah kita membutuhkan website dengan akses cepat, apakah website hanya akan digunakan untuk toko online, apakah website memiliki traffic yang besar dan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, dan lain sebagainya. PIlih layanan hosting terbaik yang benar-benar memberikan dukungan kepada bisnis yang sedang kita jalankan.

3. Menentukan Lokasi Server yang Sesuai

Saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting yang menawarkan pilihan lokasi server yang cocok untuk kebutuhan website kita. Pemilihan lokasi server ini biasanya disesuaikan dengan target pasar atau pengunjung website yang menjadi sasaran kita. Terdapat beberapa pilihan server seperti server yang berada di Indonesia, server Singapura, server US, dan lain sebagainya. Pemilihan lokasi server hendaknya disesuaikan dengan target pasar atau target pengunjung website.

Apabila target pengunjung website lebih dominan dari dalam negeri, sebaiknya gunakan hosting dengan server Indonesia dan sebaliknya jika target pengunjung adalah dari luar negeri maka kita bisa memilih web hosting server Singapura, US, dan sebagainya.

4. Pilih Layanan dengan Support 24 Jam

Meski terdengar sepele, memilih penyedia hosting dengan layanan support selama 24 jam juga bisa menjadi salah satu pertimbangan. Kita tidak pernah tahu kapan website kita mendadak tidak bisa diakses. Dan apabila itu terjadi, hal pertama yang akan kita lakukan adalah menghubungi bagian support untuk mendapatkan bantuan.

Oleh karena itu kita perlu memilih provider web hosting yang memiliki customer service yang siap sedia membantu masalah website kita selama 24 jam dalam 7 hari. Layanan support 24 jam ini biasanya juga berkaitan dengan harga yang ditawarkan. Beberapa provider memang menawarkan harga murah namun dengan pelayanan support yang seadanya. Jadi kita memang harus teliti sebelum menentukan penyedia layanan yang akan bekerja sama dengan kita.

5. Mencari Layanan dengan Harga Bersahabat dengan Kualitas Memuaskan

Mungkin akan sedikit tidak masuk akal apabila kita ingin mendapatkan kualitas baik tetapi dengan harga miring. Namun tentu tidak ada yang tidak mungkin jika kita jeli dalam memilih. Sebab saat ini sudah terdapat banyak layanan penyedia hosting murah yang menawarkan jasa mereka.

Beberapa penyedia memberikan harga mahal dengan dalih memiliki kualitas yang baik, padahal faktanya belum tentu demikian. Begitu pula dengan penyedia yang menawarkan harga murah belum tentu memiliki layanan yang buruk.

Sebagai seorang pembeli, kita perlu cermati lebih dulu detail tentang spesifikasi dan harga yang provider hosting tawarkan. Dengan begitu kita bisa mendapatkan layanan web hosting dengan kualitas prima namun tetap dengan harga yang masih terjangkau, seperti layanan hosting milik Jetorbit yang memberikan harga murah namun tetap memiliki kualitas dan performa hosting yang handal.

Akhir Kata

Demikianlah tadi beberapa cara dalam memilih hosting untuk website bisnis online. Semoga cara-cara di atas bisa membantu, sehingga teman-teman tidak perlu ragu dalam menggunakan sebuah penyedia layanan hosting. Apabila teman-teman ingin memindahkan layanan hosting dan domain dari penyedia lama ke jetorbit, kami juga akan dengan senang hati membantu.

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Hosting yang Tepat untuk Menjalankan Bisnis Online"